Pengaruh Video Pembelajaran Vicarious Responsive Feeding Terhadap Pola Makan Dan Kenaikan Berat Badan Anak Usia 6-24 Bulan

Reisy Tane, Zuliawati ,

Abstract


Salah satu faktor yang menyebabkan anak tidak mau makan adalah praktik pemberian makan yang tidak responsif. Orang tua yang memaksa anak makan dapat menimbulkan trauma makan sehingga anak menolak untuk makan yang dapat mempengaruhi pola makan menjadi tidak teratur dan berdampak terhadap kenaikan berat badan pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh video pembelajaran vicarious responsive feeding terhadap pola makan dan kenaikan berat badan pada anak usia 6-24 bulan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain quasi eksperimen dengan kelompok kontrol. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 28 orang kelompok intervensi dan 28 orang kelompok kontrol dengan kriteria inklusi ibu yang memiliki anak usia 6-24 bulan, mengkonsumsi mpasi homemade atau instan, anak tidak mengalami masalah gizi, dan ibu mampu mengoperasikan smartphone. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa edukasi menggunakan video pembelajaran vicarious praktik pemberian makan responsive ditemukan hasil yang bermakna kecil dari 0,05 terhadap pola makan anak, namun tidak bermakna terhadap kenaikan berat badan anak p>0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan praktik pemberian makan yang responsive terhadap anak usia 6-24 bulan dapat mempengaruhi pola makan anak menjadi lebih baik dan dapat mempengaruhi kenaikan berat badan pada anak, sehingga praktik pemberian makan secara responsif ini dapat diterapkan pada saat pemberian MPASI

Keywords


Vicarious, Responsive, Pola makan, Berat Badan

Full Text:

PDF

References


White, J. M., Bégin, F., Kumapley, R., Murray, C., & Krasevec, J. (2017). Complementary feeding practices: Current global and regional estimates. Maternal & child nutrition, 13 Suppl 2(Suppl 2), e12505. https://doi.org/10.1111/mcn.12505

Masuke, R., Msuya, S. E., Mahande, J. M., Diarz, E. J., Stray-Pedersen, B., Jahanpour, O., & Mgongo, M. (2021). Effect of inappropriate complementary feeding practices on the nutritional status of children aged 6-24 months in urban Moshi, Northern Tanzania: Cohort study. PloS one, 16(5), e0250562. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0250562

UNICEF. (2019). Levels and trends in child malnutrition. Join Child Malnutrition Estimates 2019.

El-Asheer, O.M., Darwish, M.M., Abdullah, A.M. et al. Complementary feeding pattern and its impact on growth and development of under 2-years infants in upper Egypt. Egypt Pediatric Association Gaz 69, 17 (2021). https://doi.org/10.1186/s43054-021-00061-3

Briliantika, F., & Noer, E.R. (2016). Faktor determinan perilaku responsive Feeding pada balita stunting usia 6 - 36 bulan. Jurnal of Nutrition College, 5 Jilid I, 120 129

Almaatani, D.F., Mann, L., Kelly, E., Rossiter, M. (2017). Responsive Feeding Practices and Influences: A Qualitative Analysis of Parent Experiences with Feeding their Young Children. American International Journal of Contemporary Research. 7(2). 56-65

Ledoux, T., Robinson, J., Baranowski, T., & O’Connor, D. P. (2017). Teaching Parents About Responsive Feeding Through a Vicarious Learning Video: A Pilot Randomized Controlled Trial. Health Education & Behavior. 45(2), 229–237. doi:10.1177/1090198117712332

Tane, R. & Sembiring, F. (2021). Edukasi online pemberian mpasi terhadap praktik pemberian makan dan status gizi anak usia 6-24 bulan. Journal of Biology, Science & Technology. Vol.4 (2).

Black, M. M., & Hurley, K. M. (2017). Responsive Feeding: Strategies to Promote Healthy Mealtime Interactions. Nestlé Nutrition Institute Workshop Series, 153–165. doi:10.1159/000448965

Pelto, G. H., Levitt, E., & Thairu, L. (2003). Improving Feeding Practices: Current Patterns, Common Constraints, and the Design of Interventions. Food and Nutrition Bulletin, 24(1), 45–82. doi:10.1177/156482650302400104

Dearden, K. A., Hilton, S., Bentley M. E, et al. (2009). Caregiver verbal

encouragement increases food acceptance among Vietnamese

toddlers. J Nutr.;139(7):1387-1392.

Bentley ME, Wasser HM, Creed-Kanashiro HM. (2011). Responsive feeding

and child undernutrition in low- and middle-income countries. J Nutr.

;141(3):502-507.

Aboud FE, Shafique S, Akhter S. A responsive feeding intervention

increases children’s self-feeding and maternal responsiveness but not

weight gain. J Nutr. 2009;139(9):1738-1743.

Hughes SO, Shewchuk RM, Baskin ML, et al. Indulgent feeding style

and children’s weight status in preschool. J Dev Behav Pediatr.

;29(5):403-410.

Pérez-Escamilla, R., Segura-Pérez, S., & Lott, M. (2017). Feeding Guidelines for Infants and Young Toddlers. Nutrition Today, 52(5), 223–231. doi:10.1097/nt.0000000000000234




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i2.6064

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License