Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Spermatophyta di SMA Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2015/2016

Tasmalina Tasmalina, Pandu Prabowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Video Pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada sub materi Spermatophyta di SMA Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 82 orang yang dipilih satu kelas secara random sampling dan kelas yang terpilih adalah kelas X2 sebanyak 41 siswa. Sampel diberikan pengajaran menggunakan Media Video Pembelajaran dan Metode Quasi eksperimen atau yang disebut juga desain eksprimen semu. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Media Video Pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditandai pada saat dilakukan pre-test, 88% siswa dinyatakan tidak tuntas. Dengan nilai tertinggi 80 sebanyak 5 orang siswa dan nilai terendah 50 sebanyak 5 orang siswa, dengan nilai rata-rata 66,51 dan standart deviasi 9,53. Setelah diberi pengajaran menggunakan Media Video Pembelajaran pada sub materi Spermatophyta (pada post-test) siswa yang mendapat nilai tertinggi 97 sebanyak 2 orang siswa dan nilai terendah 65  sebanyak 2 orang siswa. Maka siswa yang tuntas sebanyak 32 siswa (78%) dan 9 siswa (22%) tidak tuntas dengan nilai rata-rata 85,53 dan standart deviasi 8,38.Berdasarkan uji hipotesis didapat nilai thitung = 49,62 sedangkan nilai ttabel = 1,69 sehingga 49,62 > 1,69, dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak, dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada sub materi Spermatophyta di SMA Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Keywords


Pengaruh, Media, Video Pembelajaran, Spermatophyta, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta:Bumi Aksara.

Arsyad Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Aryulina, dkk. 2007. Biologi 1 SMA dan MA untuk kelas X. Jakarta : Basis.

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa

Departemen Agama RI. Al-Qur’an Tajwid dan Terjemah. (Jakarta: Pustaka AlKautsar, 2009) Q.S. Al-Mujadilah 11, hlm 543.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an Tajwid dan Terjemah. (Jakarta: Pustaka AlKautsar, 2009) Q.S. Az-Zumar 9, hlm 459.

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Sleman Yogyakarta : Aswaja Pressindo.

Nimah. 2013. Digilig uinsbv.ac.id.

Nurhayati, Nunung 2009. 1700 Bank Soal Bimbingan Pemantapan Biologi Untuk SMA-MA Bandung. CV.Yrama Widya Bandung.

Sadiman, Rahardjo. 2008. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sagala, Syaiful. 2008. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandng: Alfabeta.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung. Tarsito.

Susilana, Riyana. 2009. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Pitoyo, Anis. 2013. Biologi untuk SMA/MA Kelas X. Sidoarjo: Masmedia.

Pratiwi, D.A. 2006 Biologi Untuk SMA Kelas X. Jakarta :Erlangga.

Purwanto/ 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v1i1.621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License