Pengaruh Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dengan Menggunakan Media Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal

Khairani Azmi, Edi Azwar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dengan Menggunakan Media Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di SMA Muhammadiyah 18 Sunggal. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret – Juni 2017. Penelitian ini menggunakan Metode Eksperimen Semu (Quasi experiment) dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa di kelas X SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 106 siswa yang kemudian dijadikan sampel sebanyak 35 siswa dari kelas X-2 dengan  pengambilan sampel secara acak (Random Sampling). Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah berupa test yaitu pre test dan post test pada materi Pencemaran Lingkungan..Nilai rata-rata pre test sebelum diterapkan model kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan menggunakan media permainan monopoli adalah 45,00 dan standart deviasi 11,79 seluruh siswa dinyatakan tidak tuntas (100%). Dan nilai rata-rata post test yang diperoleh setelah model diterapkan adalah 75,80 dan standart deviasi 12,33. Berdasarkan nilai KKM 75,00 sebanyak 20 siswa (57%) yang tuntas dan 15 siswa (43%) tidak tuntas. Berdasarkan uji hipotesis didapat nilai thitung = 11,22 sedangkan nilai ttabel = 1,69 sehingga thitung> ttabel, dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak, dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dengan Menggunakan Media Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas X SMA Muhammadiyah 18 Sunggal

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan Terjemahnya. CV. Karya Insan Indonesia (Karindo)

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah dan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

FKIP UISU. 2017. Panduan Penulisan Skripsi T.A 2016/2017. Medan: FKIP UISU

http://bahayamerokok.com. diakses pada tanggal 08 Februari 2017

http://id.wikipedia.org/wiki/pencemaran_air.html. diakses pada tanggal 08 Februari 2017

http://id.wikipedia.org/wiki/pencemaran_suara.html. diakses pada tanggal 08 Februari 2017

http://ihsandikdas.blogspot.co.id/permainan-monopoli-sebagai-media.html. diakses pada tanggal 20 Januari 2017

http://ilmuperikanandankelautan-Wordpress.com. diakses pada tanggal 08 Februari 2017

http://smpitsa-WordPress.com. diakses pada tanggal 20 Januari 2017

http://whenthemoonlightshines.blogspot.co.id/2010/11/interpolasi-dalam-perhitu ngan-statistik_01.html. diakses pada tanggal 19 Mei 2017

http://zigzagcrash.blogspot.co.id/2013/02/usaha-usaha-untuk-mengatasi-pencemaran.html. diakses pada tanggal 08 Februari 2017

https://hidupku-pengetahuan.blogspot.co.id/2012/04/pencemaran-suara.html. diakses pada tanggal 08 Februari 2017

Nurhayati, Nunung. 2009. 1700 Bank Soal Bimbingan Pemantapan Biologi SMA. Bandung: Yrama Widya

Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Soemarwoto, Otto. 1992. Indonesia Dalam Kancah Isu Lingkungan Global. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Soemarwoto, Otto. 2004. Ekologi, Lingkungan Hidup dan Pembangunan. Jakarta: Djambatan

Sudjana. 2009. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: AR-RUZZ Media

Suryati, Tati. 2007. Biologi SMA Kelas X. Bandung: Quadra

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif : Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v1i1.623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License