Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Biologi Bermuatan Ecopreneurship

Novy Eurika, Monicha Dinda Melasari

Abstract


Ecopreneurship mengusung konsep kewirausahaan berorientasi pada kepdulian lingkungan. Karakteristik materi Biologi sangat berpotensi sebagai sarana untuk mengembangkan ecopreneurship peserta didik, misalnya dengan mengintegrasikan ecopreneurship dalam bahan ajar. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan siswa dan guru SMA Negeri Pakusari Jember  terhadap bahan ajar Biologi bermuatan Ecopreneurship pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil pengisian angket analisis kebutuhan oleh 28 siswa dan wawancara guru Biologi di SMA Negeri Pakusari Jember. Berdasarkan hasil pengisian angket analisis kebutuhan diketahui bahwa bahan ajar bermuatan ecopreneurship relevan dengan kebutuhan pembelajaran saat ini. Siswa dan guru setuju terhadap pengembangan bahan ajar Biologi bermuatan Ecopreneurship pada materi perubahan lingkungan. Pengembangannya harus sesuai dengan kebutuhan siswa baik dari aspek materi, penyajian, bahasa, maupun grafis.

Keywords


Analisis kebutuhan, Bahan Ajar, Biologi, Ecopreneurship

Full Text:

PDF

References


Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka, 2(1), 62–65.

Aryanto, S., & Syaodih, E. (2017). Development of Ecopreneurship in Primary School. IJAEDU- International E-Journal of Advances in Education, III(9), 597–602.

Defriatno, M. E., Krisdhianto, A., Studi, P., & Lingkungan, T. (2022). Analisis Potensi Nilai Ekonomi Sampah Perumahan Kawasan Kota Jember. 05(01), 91–99.

Disman, H., & Nana, S. (2021). An Environmental Sustainability-Based Ecopreneurship Learning Process. 525(Icsse 2020), 177–183.

Irawati, H., & Saifuddin, M. F. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Pengantar Profesi Guru Biologi Di Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Analysis Of Needs Development Material Learning Program Introductory Profession Of Biological Teacher In Biolog. 7, 96–99.

Kristianto, A. H., & Widya, P. R. (2021). Sustainable Development Goals Implementation : Youth Ecopreneurship Intention in Waste Plastics Management into Valuable Products in Border Area. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadir, 6(1), 84–99.

Mana, L. H. A. (2021). Kebutuhan Mahasiswa terhadap Bahan Ajar di Era Pandemi. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 10(1), 110–118.

Nurita, T., Fauziah, A. N. M., & Hidayati, S. N. (2020). Worksheet of Entrepreneurship Students to Train Ecopreneurship Characters. Advances in Engineering Research, 196, 160–162.

Suryaningsih, Y., & Aripin, I. (2020). Ecopreneurship dalam pembelajaran Biologi. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2020, 911–922.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i1.6270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License