Pengembangan Buku Referensi Berbasis Riset

Irda Wahidah Nasution, M.Pd., Nurul Hidayah Nasution

Abstract


Buku yang dikembangkan merupakan buku referensi berbasis riset Induksi Kalus Manggis (Garcinia mangostana L.). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku referensi berbasis riset yang layak digunakan sebagai salah satu sumber buku penunjang dalam pembelajaran kultur jaringan bagi mahasiswa S1 jurusan Biologi Universitas Negeri Medan. Pengembangan buku referensi ini menggunakan model pengembangan Thiagarajan (1974), yang terdiri atas empat tahap (4-D models), yaitu tahap define (pendefenisian), tahap design (perancangan), tahap development (pengembangan) dan tahap disseminate (penyebaran). Namun pada penelitian ini hanya dibatasi pada sampai pada tahap development (pengembangan). Model pengembangan ini berorientasi pada produk. Data diperoleh dengan cara melakukan analisis kebutuhan, perancangan produk, pembuatan produk, validasi produk dan uji coba produk. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian menggunakan instrumen validasi kelayakan produk dan angket responden. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penilaian dua orang dosen ahli materi berdasarkan kelayakan isi, kelayakan penyajian dan keterbacaan diperoleh skor rata-rata persentase sebesar 89% dengan kategori sangat baiak, (2) penilaian oleh dua orang dosen ahli desain instruksional berdasarkan kelayakan isi dan kelayakan penyajian diperoleh skor rata-rata persentase sebesar 98% dengan kategori sangat baik, (3) penilaian oleh satu orang dosen ahli desain layout buku berdasarkan ukuran buku, desain sampul buku, desain isi buku, kaidah penulisan dan kelayakan penyajian buku diperoleh skor rata-rata persentase sebesar 91% dengan kategori sangat baik, (4) penilaian oleh satu orang dosen pengampu matakuliah kultur jaringan diperoleh skor rata-rata persentase sebesar 91% dengan kategori sangat baik dan (5) penilaian oleh mahasiswa termasuk kategori sangat baik yang terdiri dari uji coba perorangan diperoleh 95%, uji coba kelompok kecil diperoleh 93% dan uji coba kelompok lapangan diperoleh 89%. Dapat disimpulkan bahwa buku referensi berbasis riset yang dikembangkan telah layak menurut dosen ahli materi, desain instruksional, desain layout buku, dosen pengampu matakuliah kultur jaringan dan mahasiswa sehingga buku referensi berbasis riset pada topik induksi kalus manggis (Garcinia mangostana L.) dapat digunakan sebagai salah satu sumber buku penunjang dalam pembelajaran kultur jaringan bagi mahasiswa.

Keywords


Riset, induksi kalus manggis (Garcinia mangostana L.), pengembangan, buku referensi

Full Text:

PDF

References


Anggela, M., Masril., Yenni D. 2013. Pengembangan Buku Ajar Bermuatan Nilai-Nilai Karakter pada Materi Usaha dan Momentum untuk Pembelajaran Fisika Siswa Kelas XI SMA. Pillar of Physics Education. 1: 63-70

Harahap, F. 2011. Kultur Jaringan Tanaman. UNIMED Press. Medan

Ion, G., Lucu, R., Vieira, J.P. 2011. Research-Based Teaching and Learning in Higher Education: The Perspective of Postgraduate Students. Proceedings of The Educational Development in a Changing World:1-12. Stockholm, Sweden

Kasmaienezhadfard, S., Rabbani, M., Pourrajab, M. 2015. Effect of Pictures in Textbooks on Student’s Creativity. Multi Disciplinary Edu Global Quest (Quarterly. 4 (2): 2250-3048

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2011. Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. (Online), (http://www.kopertis3.or.id/html/wp-content/uploads/2011/12/sosialisasi-kknin asional-dikti.pdf, diakses 30 Februari 2018)

Liu, X., Li, Q. 2011. Combination of the Research Based Learning Method with the Modern Physics Experiment Course Teaching. International Education Studies. 4 (1): 101-104

Millah, E.S, Budipramana, L. S. & Isnawati. 2012. Pengembangan Buku Ajar Materi Bioteknologi di Kelas XII SMA IPIEMS Surabaya Berorientasi Sains, Teknologi, Lingkungan, dan Masyarakat (SETS). BioEdu. 1 (1)

Primiani, C.N. 2014. Pengembangan Buku Berbasis Penelitian Bahan Alam Lokal sebagai Estrogenik pada Matakuliah Fisiologi Hewan. Proceeding Mathematics and Science Forum 2014. ISBN 978-602-0960-00-5: 407-510

Ramansyah, W. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Strategi Pembelajaran untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Widyagogik. 1 (1)

Ridwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Rochmad. 2012. Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. [Online] Tersedia: http://journal.unnes.ac.id/ Diakses 10 November 2018

Safitri, D., Zubaidah, S., Gofur, A. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Biolog Sel pada Program Studi Pendidikan Biologi di Universitas Nusantara PGRI Kediri. BIOEDUKASI. 7 (2)

Supriadi. 2015. Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal. 3 (2): 1-10

Syamsi, K. 2013. Pengembangan Model Buku Ajar Membaca Berdasarkan Pendekatan Proses Bagi Siswa SMP Yogyakarta. Jurnal Cakrawala Pendidikan. Th. XXXII (1)

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Minnesota, USA: The Education Resource Information Center (ERIC)

Trianto. 2010. Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana

Trisnawati, N. 2015. Pengembangan Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Tematik Kelas I. EDU-KATA. 2 (1): 85-92




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i2.6286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License