Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Pernapasan Manusia Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Binjai

M. Syukri, Budianto Budianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Guided Discovery terhadap hasil belajar biologi pada materi Sistem Pernapasan Pada Manusia siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 10 Maret sampai 19 Mei 2016. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi experiment) dengan populasi penelitian seluruh siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 126 orang yang terdiridari 3 kelas yang kemudian dijadikan sampel sebanyak 41 orang dari kelas XI IPA1 dengan cara pengambilan sampel secara acak(Random Sampling). Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa pre-test dan post- test.Hasil belajar siswa sebelum menggunakan model Guided Discovery diperoleh nilai yang tuntas sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 78 adalah sebanyak 0 orang (0%) dan yang tidak tuntas sebanyak 41 orang (100%) dengan nilai rata-rata 44,47 dan standart deviasi 11,29, sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan model Guided Discovery diperoleh nilai yang tuntas sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 78 adalah sebanyak 21 orang (51,2%) dan yang tidak tuntas sebanyak 20 orang (48,7%) dengan nilai rata-rata 73,62 dan standart deviasi 14,51. Hasil uji normalitas diperoleh Lo < Ltabel yaitu 0,10 < 0,1384 dinyatakan bahwa data berdistribusi normal sedangkan hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel = 1,65 < 1,69 dinyatakan data mempunyai varians yang sama atau homogen.Hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung > ttabel atau 13,67 > 1,68 dengan taraf kepercayaan 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Guided Discovery terhadap hasil belajar Biologi materi Sistem Pernapasan Manusia di Kelas XI SMA Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2015/2016

Full Text:

PDF

References


Ali, Al- Jumanatul.2004. Alqur’an Surah Az-Zumar, ayat 9. Bandung:CV Penerbit J-Art.

Arikunto, Suharsini.2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Foster, Bob, dkk,. 2012. Kumpulan Soal Koding Ganesha Operation. Bandung : Go Press.

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Sleman Yogyakarta : Aswaja Pressindo.

Nimah. 2013. Digilig uinsbv.ac.id.

Nurhayati, Nunung 2009. 1700 Bank Soal Bimbingan Pemantapan Biologi Untuk SMA-MA Bandung. CV.Yrama Widya Bandung.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung. Tarsito.

Susilana, Riyana. 2009. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Pitoyo, Anis. 2013. Biologi untuk SMA/MA Kelas X. Sidoarjo: Masmedia.

Pratiwi, D.A. 2006 Biologi Untuk SMA Kelas X. Jakarta :Erlangga.

Purwanto/ 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v1i1.629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License