BUDIDAYA IKAN LELE SANGKURIANG DI JALAN SEI MENCIRIM, MEDAN, PROVINSI SUMATERA UTARA

Mhd. Rafi'i Ma'arif Tarigan, Ayu Riski Aulia, Kayla Nur Hafizhah, Raini Dahriana Pulungan, Rifqi Khoir Afdan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budidaya ikan lele Sangkuriang di Jalan Sei Mencirim. Ikan lele merupakan salah satu ikan yang termasuk kedalam jenis ikan air tawar yang bernilai ekonomis tinggi, ikan lele sangkuriang yang memiliki tubuh memanjang dengan kulit halus dan tidak bersisik. Survei diluncurkan mulai 13 September 2022 hingga 6 Oktober 2022 di Kecamatan Medan Perjuangan. Kemudian responden yang digunakan sebanyak 5 orang Pada penelitian ini metode kualitatif digunakan untuk menganalisis perkembangan budidaya. Teknik Pengumpulan data dalam penelitan ini ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Perkembangan ikan lele dilakukan menggunakan strategi khusus misalnya Pemberian garam (NaCl) dan vitamin khusus ikan lele bila sakit, pemberian pakan teratur dalam pagi, siang dan sore hari;dan mengubah air kolam setiap 30-40 hari sekali.


Keywords


Developmental analysis, aquaculture, catfish

Full Text:

PDF

References


Arif,A., Fitriani,N., Subekti, S., 2014. Pengaruh Pemberian Probiotik pada Pakan Komersial Terhadap Pertumbuhan dan Efisiensi Ikan Lele Sangkuriang (clarias sp.).Jurnal Perikanan dan Kelautan.Fakultas Perikanan dan Kelautan. Universitas Airlangga. Vol 6. No 1

Ahmadi A.,Iskandar, KUrniawati N. 2012. Pemberian Probiotik Dalam Pakan Terhadap Pertumbuhan Ikan Lele Sangkuriang (Clarias gariepinus) Pada Pendederan II. Fakultas Perikanan Dan Kelautan. UNPAD.

Goimawan. 2012. Perencanaan pengembangan perikanan budidaya air tawar di Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat. [Tesis]. Bogor (ID) : Institut Pertanian Bogor.

Hermawan, Aan , Siti Amana, Anna Fatchiya. 2017. Partisipasi Pembudidaya Ikan dalam

Kelompok Usaha Akuakultur di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Bogor.

Fakultas Ekologi Manusia,Institut Pertanian Bogor. Jurnal Penyuluhan. Vol 13 . No 1

Pratiwi R.D. 2014.Aplikasi affective Microorganisme Untuk Pertumbuhan Ikan Lele Sangkuriang.Skripsi .Jurusan biologi.Fakultas sains dan Teknologi.Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Pustaka Dinas Peternakan Provinsi Jawa Tengah. 2008. Budidaya Ikan Lele. www.disnak..jawatengah.go.id.Diakses pada tanggal 18 Oktober 2022.

Rica A. 2015.Variasi Bagian Telur dan Persentasenya dengan Daging Ikan pada Proses PengolahanAmplang Ikan Lele Dumbo(Clarias gariepinus). Skripsi. Universitas Jember, Jember.

Rukmana, H.R., dan Yudirachman, H.H. 2017. Sukses Budidaya Ikan Lele Secara Intensif. Yogyakarta : Lily Publisher.

Saputri, Widia , Abdul Razak . 2018. Thhe Effect Of Giving Fermentation Flows Of

Pinang Leaf (Arecacathecu L.) and Surian Leaves (Toona sinensis ROXB.) To Lele

Fish Paint (Clarias gariepinus Var.). Padang. Universitas Negeri Padang.Jurnal Bio Sains. Vol 1 . No 1. ISSN 2534-8731.

Sitio, Maru Hariati Friska , Dade Jubaedah, Mochamad Syaifudin. 2017. Kelangsungan Hidup dan Pertumbuhan Benih Ikan Lele (Clarias sp.)Pada Salintas Media yang Berbeda. Fakultas Pertanian, Akuakultur, UNSR. Jurnal Akuakultur Rawa Indonesia.Vol 5. No 1. ISSN : 2303-2960.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sutiani, Lia, Yannefri Bachtiar. 2020. Analisis Model Budidaya Ikan Air Tawar Berdominansi Ikan Gurame (Osphronemus Gouramy) di Desa Sukawening. Bogor.

Jawa Barat. Bogor. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan ,Institut Pertanian Bogor.

Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat.

Soetomo.2007. Budidaya Ikan Lele Dumbo.Bandung : Sinat Baru Algensindo.

Syam,Juriah. 2016, Pengaruh Pemberian Pakan Konsentrat dan Urea Molases Blok Terhadap Hematoktrit Sapi Potong. Fakultas Peternakan, Universitas Hasanuddin Makassar. Jurnal Ilmu dan Industri Peternakan. Vol 2 No 3

Wijaya, O. Rahardja B.S., Prayoga,.2014. Pengaruh Padat Teabar Terhadap Laju

Pertumbuhan Dan SR Pada Sistem akuaponik.Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan.Fakultas Perikanan Dan Kelautan. Universitas Eirlangga. Vol 6. No 1.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i1.6310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License