Identifikasi dan Prevalensi Telur Cacing Endoparasit pada Feses Kambing di Kecamatan Kotarih Kabupaten Serdang Bedagai

Khomisah Dalimunthe, Efrida Pima Sari Tambunan, Syukriah Syukriah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis telur cacing, prevalensi serta intensitas serangan endoparasit yang ditemukan pada 60 feses kambing. Sampel feses kambing di ambil di Kecamatan Kotarih Kabupaten Serdang Bedagai dan menggunakan metode sedimentasi dan MC. Master. Hasil yang diperoleh terdapat 14 spesies jenis telur cacing yaitu Paramphistomum sp., Haemonchus sp., Oesophagustomum sp., Strongyloides sp., Ostertegia sp., Trichostrongylus sp., Fasciola sp., Cooperia sp., Dicrocoelium sp., Moniezia sp., Ascaris sp., Bunostomum sp., Trichuris sp. dan Strongylus sp. Prevalensi tertinggi telur cacing ditemukan pada pola pemeliharaan intensif yaitu spesies Haemonchus sp. 87% dengan kategori Usually (Biasanya) dan pada pola pemeliharaan ekstensif yaitu spesies Ascaris sp., Bunostomum sp., Strongylus sp. dengan nilai prevalensi 3% dalam kategori kadang yang artinya infeksinya kadang. Intensitas serangan telur cacing endoparasit yang tertinggi ditemukan pada pola pemeliharan ekstensif yaitu spesies Paramphistomum sp. dengan nilai intensitas 34 termasuk dalam kategori sedang yang artinya infeksinya sedang dan intensitas terendah ditemukan pada pola pemeliharaan intensif yaitu spesies Fasciola sp. dengan nilai intensitas 0,8 termasuk dalam kategori sangat rendah yang artinya infeksinya sangat rendah

Keywords


Jenis Telur Cacing Endoparasit, Prevalensi dan Intensitas Serangan

Full Text:

PDF

References


Abusari, Maryam, dkk. 2021. Prevalensi Cestodiasis Saluran Pencernaan Pada Kambing. Jurnal of Animal Science. Vol 4 (1). Hal 61.

Ahmad, Riza Zainuddin dan R Tiffarent.2020. Aspek Patologi Haemonchosis Pada Kambing dan Domba. Jurnal Wartazoa.Vol 30 (2). Hal 92.

Haryuningtyas, Dyah dan Beriajaya. 2002. Metode Deteksi Anthelmintik Resisten Pada Domba Dan Kambing. Jurnal Wartazoa. Vol 12 (2). Hal 72.

Irsya, Resti Puttama, Mairawita, dan Henny Herwina. 2017. Jenis-Jenis Parasit Pada Sapi Perah Di Kota Padang Panjang Sumatera Barat. Jurnal Metamorfosa. Vol 6 (2). Hal 190-191.

Jupri, Ahmad dan Nina Nurraudatul Jannah. 2021. Of Parasitic Worm Eggs in CowFeses From Sepang Bay, Lembar Distric, West Lombok Regency,West Nusa Tenggara. Jurnal Biologi Tropis.Vol 21 (3).Hal 1084.

Mukti,Taufik, Ida Bagus Made Oka dan I Made Dwinata. 2016. Prevalensi Cacing Nemathoda Saluran Penceraan Pada Kambing Peranakan Etawa. Di Kecamatan Silirangong, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Jurnal Indonesia Medicus Veterinus.Vol 5 (4). Hal 331.

Muthiadin, Cut, Isna Radianah Aziz, dan Firdayana. 2018. Identivikasi Dan Prevalensi Telur Cacing Parasit Pada Feses Sapi (Bos sp) Yang Digembalakan Di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Tamangapa Makassar. Biotrofic The Journal Of Tropical Biology. Vol 2 (1). Hal 17-18.

Prawestry, Yuanita Adhelia, dkk. 2021. Tingkkat Infeksi Dan Identifikasi Jenis Nenatoda Penyebab Nematodiasis Pada Sapi Potong Berbagai Umur Di Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas. Jurnal Animal science and Teknology. Vol 3 (2). Hal 207.

Pujaningsih, Retno Iswarin, dkk. 2021. Aplikasi Petambahan Kunyit Dan Multinutrien Blok Plus Pada Ransum Kambing Jawarandu Terhadap Investasi Endoparasit Dan Konsumsi Pakan. Jurnal Ilmu Perternakan Dan Veteriner Tropis. Vol 11 (1). Hal 23.

Putri, Amanda Amalia, dkk. 2016. Prevalensi Nematoda Usus Pada Kambing (Capra sp) Dengan Pemberian Pakan Hijauan Dan Konsentrat Di Kelurahan Sumber Agung, Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung. Jurnal Biologi Eksperimen Dan Keanekaragaman Hayati. Vol 3 (1). Hal 70.

Puspitasari, Arum, dkk. 2019. Sebaran Telur Cacing Saluran Pencernaan Kambing di Kecamatan Rambon Saluran Pencernaan Kabupaten Nganjuk. Jurnal of Parasite Science. Vol 3 (2). Hal 61.

Ritonga, Mudhita Zikkrullah dan Andika Putra. 2018. Identifikasi Telur Cacing Pada Sampel Feses Sapi Potong Pada Kesuma Maju Desa Jatikesuma Kecamatan Namorambe. Jurnal of Animal Science and Agronomy Panca Budi.Vol 3 (1). Hal 1-2.

Suherman dan Edi Kurniawan. 2017. Manajemen Pengelolaan Ternak Kambing di Desa Batu Mila Sebagai Pendapatan Tambahan Petani Lahan Kering. Jurnal Dedikasi Masyarakat. Vol 1 (1). Hal 9-10.

Susilo, Hadi, Nurullah Asep Abdillah dan Kiki Rizki Amelia. 2020. Identifikasi Telur Cacing Parasit Pada Feses Hewan Ternak Di Provinsi Banten. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya.Vol 1 (2).Hal 22.

Syukran, Muhammad, dkk. 2017. Intensitas dan Prevalensi Ektoparasit Pada Ikan Cupang Hias (Betta splendens) di Perairan Kabupaten Aceh Besar dan Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kelautan dan Perikanan Unsyiah. Vol 2 (1). Hal 243-244.

Tantri, Novese, dkk. 2015. Prevalensi dan Intenitas Telur Cacing Parasit Pada Feses Sapi (Bos Sp) Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Pontianak Kalimantan Barat. Jurnal Protobiont. Vol 2 (2). Hal 105.

Yufa, Marta, Mairawita dan Henny Herwina. 2018. Identifikasi Dan Prevalensi Endoparasit Pada Kambing Di Kota Padang, Sumatera Barat. Jurnal Metamorfosa. Vol 5 (1). Hal 95-156




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i1.6321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License