Pengembangan Modul Pengantar Akuntansi Berbasis Kompetensi (Competency Based Learning)

Mulyadi ,, Andi Hidayatul Fadlillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul pembelajaran menggambar; (2) mengetahui hasil dan tingkat kelayakan yang diperoleh dari pengujian validasi modul sebagai sumber pembelajaran teknik menggambar oleh ahli media, ahli materi, dan guru mata pelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian mengacu pada model penelitian dan pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahapan utama, yaitu mendefinisikan, mendesain, mengembangkan, dan menyebarluaskan. Subyek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media dan dosen teknik menggambar. Penelitian dilakukan pada bulan Februari hingga Nopember 2022. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan skala Likert dalam 5 kategori kelayakan. Hasil penelitian ini berupa Modul Mata Kuliah Pengantar Akuntansi. Tahap define terdiri dari lima kegiatan. Tahap desain dibagi menjadi empat kegiatan. Tahap develop, terdapat 3 kegiatan yaitu analisis kebutuhan modul, validasi produk dan revisi modul. Tahap penyebaran ada dua kegiatan yaitu pengemasan dan difusi dan adopsi. Hasil kelayakan modul dari ahli materi mendapatkan persentase 85%, dari ahli media mendapatkan 96,87% dan dari dosen mata kuliah mendapatkan 85%, sehingga modul masuk kategori “sangat layak”

Keywords


Modul, akuntansi, pakar

Full Text:

PDF

References


Argubi, A. H. 2020. Transformasi Pendidikan Di Tengah Pandemi Covid-19 dan Revolusi Industri 4.0.

Arikunto, S & Jabar Abdul S.C. 2010. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Astini, N. K. 2020. Tantangan dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2)

Briliannur Dwi C, dkk. 2020. Analisis Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).

Diah Handayani, dkk. 2020. Penyakit Virus Corona 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 4(2).

Hanum, N. S. 2013. Keefektifan E-learning Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 9(2).

Hasanah, dkk. 2020. Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan, 1(1).

Islabiah, F. 2020. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19). Jakarta: Kementrian Kesehatan.

Islami, W. N. 2020. Konsep Perkuliahan Daring Google Classroom dalam Meningkatkan Interaksi Akademik di Tengah Pandemi Corona. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, (11)2.

Kuntarto, E. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Jurnal Indonesia Language Education and Literatur, 3 (2).

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak jauh berbasis teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Ridi, Ferdiana. 2008. Defenisi Smarphone, perangkat Ponsel yang Memiliki Banyak Fitur. Jakarta: Bumi Aksara

Zed, Mestika. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i2.6339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License