PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PjBL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI UNGGUL ACEH TIMUR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A.M, Sadirman. 2016. Interaksi dan motivasi belajar-mengajar. Jakarta : Raja grafindo persada.
Akbar, Fauzan dan Arsad Bahri. (2017). Potensi Model PjBL (Project-BasedLearning) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dengan Gaya Belajar Berbeda. Jurnal Sainsmat, Vol 6(1), 95-106
Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin. (2019). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Curtis, D. 2011. Project-Based Learning : Real-Word Issues Motivate Students : Concrete, authentic project-based learning helps students illustrate core knowledge
Daryanto, (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Emda, Amna. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 5(2), 172-182
Fadillah, Ahmad. (2016). Analisis Minat Belajar dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol 1(2) 113-122.
Halimah, Leli., Iis Marwati. (2022). Project Based Learning Untuk Pembelajaran Abad 21. Bandung : Refika Aditama
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Hidayati, Irma, dkk. (2015). Identifikasi Miskonsepsi Sistem Saraf Pada Buku Teks Biologi Kelas XI. Jurnal Biotik, Vol 3(1), 39-44
Ilhaq, Wildan Iltizam. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Pada Materi Pasar Sasaran Siswa Kelas X Pemasaran 2 SMK N 9 Semarang. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang
Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Press
Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa. Bandung : Remaja Rosdakarya Offset.
Mahanal. S. (2008). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Deteksi Kualitas Sungai dengan Indikator Biologi Berbasis Konstruktivistik untuk Memberdayakan Berpikir Kritis dan Sikap Siswa SMA Terhadap Ekosistem Sungai di Malang. Disertasi tidak diterbitkan. Malang : Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang
Marno, dan M. Idris. (2010). Strategi dan Metode Pengajaran. Jogjakarta: Arruzz Media Group.
Meutia, Syalwa, dkk . (2021). Sistem Saraf Pusat dan Perifer. Jurnal Medula, Vol 11(3), 306-311
Muhammad, Maryam. (2016). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 4(2), 87-97
Ngalimun. (2017). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Parama Ilmu.
Nurfitriyanti, Maya. (2016). Model Pembelajaran Project-Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, Vol. 6(2), 149 160
Nursamsu, Rachmatsyah. 2021. The Development Of Learning Tool In Project Bas edLearning Oriented Creative Thinking. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. JPPIPA 7(4), 676-681
Palittin, I. D, dkk. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Vol 6(2), 101-109
Panasan, Mookdaporn and Prasart Nuangchalerm. (2010). Learning Outcomes Of Project Based And Inquiry-Based Learning Activities. Journal Of Social Sciences, Vol 6(2)
Priansa, Donni Juni. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia
Rifa’I, Achmad dan Catharina Tri Anni. (2009). Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sani, Ridwan Abdullah. (2014). Pembelajaran Saintifi Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara
Sari, Rachmawati. I. P. (2014). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SDN 11Petang Jakarta Timur. Jurnal Pedagogik, Vol II(1), 26-32
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sobandi,Rizki. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar BahasaIndonesia Pada Siswa Kelas VIII MTS Negeri 1 Pangandaran. Jurnal Diksatrasia, Vol 1(2), 306-310
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitati, dan R&D. Bandung : Alabeta
Syamsidah dan Hamidah Suryani. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL). Yogyakarta : Deepublish
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Uno, H. B. 2019. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i1.6346
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan