PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PjBL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI UNGGUL ACEH TIMUR

Dilla Ana Farhana, Nuraini Nuraini, Nursamsu Nursamsu

Abstract


Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) ialah model pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dalam beraktifitas secara nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Metode penelitian mencakup waktu dan tempat penelitian yang dilakukan pada semester genap tahun 2022 yang dilaksanakan di sekolah SMA Negeri Unggul Aceh Timur. Populasi yang di gunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang berjumlah 122 siswa, sedangkan sampel yang digunakan ialah kelas XI IPA 3 yang berjumlah 27 siswa dengan cara Purposive sample atau sampel bertujuan. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah Uji T (Independent Sample T Test). Berdasarkan hasil pretest motivasi 46,13 dan pretest hasil belajar 52,70 dan posttest motivasi 72,68 dan posttest hasil belajar 72,17. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada motivasi sebesar thitung> ttabel18,19 > 2,05 dan pada hasil belajar thitung> ttabel 10,44 > 2,05 dengan taraf signifikan 0,05. Oleh karena itu, Hipotesis alternatif dapat diterima. Berdasarkan kesimpulan penelitian ini adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar akibat dari penerapan model pembelajaran PjBL (Project Based Learing) pada pelajaran biologi siswa SMA negeri Unggul Aceh Timur

Keywords


Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Hasil Belajar, Motivasi

Full Text:

PDF

References


A.M, Sadirman. 2016. Interaksi dan motivasi belajar-mengajar. Jakarta : Raja grafindo persada.

Akbar, Fauzan dan Arsad Bahri. (2017). Potensi Model PjBL (Project-BasedLearning) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dengan Gaya Belajar Berbeda. Jurnal Sainsmat, Vol 6(1), 95-106

Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. (2019). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Curtis, D. 2011. Project-Based Learning : Real-Word Issues Motivate Students : Concrete, authentic project-based learning helps students illustrate core knowledge

Daryanto, (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Emda, Amna. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 5(2), 172-182

Fadillah, Ahmad. (2016). Analisis Minat Belajar dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol 1(2) 113-122.

Halimah, Leli., Iis Marwati. (2022). Project Based Learning Untuk Pembelajaran Abad 21. Bandung : Refika Aditama

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Hidayati, Irma, dkk. (2015). Identifikasi Miskonsepsi Sistem Saraf Pada Buku Teks Biologi Kelas XI. Jurnal Biotik, Vol 3(1), 39-44

Ilhaq, Wildan Iltizam. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Pada Materi Pasar Sasaran Siswa Kelas X Pemasaran 2 SMK N 9 Semarang. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang

Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Press

Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa. Bandung : Remaja Rosdakarya Offset.

Mahanal. S. (2008). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Deteksi Kualitas Sungai dengan Indikator Biologi Berbasis Konstruktivistik untuk Memberdayakan Berpikir Kritis dan Sikap Siswa SMA Terhadap Ekosistem Sungai di Malang. Disertasi tidak diterbitkan. Malang : Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang

Marno, dan M. Idris. (2010). Strategi dan Metode Pengajaran. Jogjakarta: Arruzz Media Group.

Meutia, Syalwa, dkk . (2021). Sistem Saraf Pusat dan Perifer. Jurnal Medula, Vol 11(3), 306-311

Muhammad, Maryam. (2016). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 4(2), 87-97

Ngalimun. (2017). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Parama Ilmu.

Nurfitriyanti, Maya. (2016). Model Pembelajaran Project-Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, Vol. 6(2), 149 160

Nursamsu, Rachmatsyah. 2021. The Development Of Learning Tool In Project Bas edLearning Oriented Creative Thinking. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. JPPIPA 7(4), 676-681

Palittin, I. D, dkk. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Vol 6(2), 101-109

Panasan, Mookdaporn and Prasart Nuangchalerm. (2010). Learning Outcomes Of Project Based And Inquiry-Based Learning Activities. Journal Of Social Sciences, Vol 6(2)

Priansa, Donni Juni. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia

Rifa’I, Achmad dan Catharina Tri Anni. (2009). Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sani, Ridwan Abdullah. (2014). Pembelajaran Saintifi Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara

Sari, Rachmawati. I. P. (2014). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SDN 11Petang Jakarta Timur. Jurnal Pedagogik, Vol II(1), 26-32

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sobandi,Rizki. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar BahasaIndonesia Pada Siswa Kelas VIII MTS Negeri 1 Pangandaran. Jurnal Diksatrasia, Vol 1(2), 306-310

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitati, dan R&D. Bandung : Alabeta

Syamsidah dan Hamidah Suryani. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL). Yogyakarta : Deepublish

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Uno, H. B. 2019. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i1.6346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License