Analisis Aktivitas Belajar dan Level Kognitif Siswa pada Materi Bakteri

Eka Ayu Lestari, Suyud Abadi, Sulton Nawawi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar dan level kognitif siswa pada materi Bakteri kelas X SMA Negeri 1 Muara Sugihan. Jenis penelitian yaitu deskriptif kuantitatif.Populasi penelitian seluruh siswa kelas X MIPA 1.Sampel penelitiandiambil menggunakan sampling jenuh.Sampel yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas X MIPA 1.Instrumen yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.Data penelitian ini dianalisis dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji kesukaran soal, uji daya pembeda soal dan uji persentase.Hasil penelitian aktivitas belajar diperoleh aktivitas visual(66,3%) aktif, lisan (62,5%) aktif, mendengar (79,1%) aktif,menulis (72,0%) aktif, emosi (67,0%) aktif dan mental (60,8%) cukup aktif.Kemudian hasil level kognitif pada tingakatan mengingat (87,9%) sangat baik, memahami (76,8%) baik, mengaplikasi (79,4%) baik, menganalisis (60,9%) cukup baik, mengevaluasi (58,1%) kurang baik, dan mencipta (59,1%) kurang baik. Simpulan rata-rata aktivitas belajar yaitu dapat digolongkan dalam kategori aktif.Persentase tertinggi yaitu aktivitas mendengarkan (79,1%) aktif. Persentase terendah yaituaktivitas mental (60,8%) cukup aktif. Simpulan level kognitif mencapai tingkatan menganalisis. Persentase tertinggi yaitu level mengingat (87,9%) sangat baik. Persentase terendah yaitu mengevaluasi (58,1%) kurang baik.


Keywords


analisis; aktivitas belajar; level kognitif dan bakteri

Full Text:

PDF

References


Abidin, Zainal dan Sugeng Purbawanto. (2015). Pemahaman Siswa Terhadap Pemerataan Media Pembelajaran Berbasis Livewire pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Jurusan Audio Video di SMK Negeri 4 Semarang. Eduel. 4 (1): 45.

Agustin, Mely. Nurul Astuty Yensy dan Rusdi. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah. 1 (1): 68.

Aliwanto. (2017). Analisis Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Konseling. 3 (1): 64-68.

Alizar. (2016). Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Students Teams Achievements Devision (STAD) pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Guru Indonesia. 1 (1): 9.

Amerudin. (2013). Deskripsi Kesulitan Belajar dan Faktor Penyebabnya pada Materi Fugi di SMA Islam Bawari Pontianak dan Upaya Perbaikannya. Artikel Penelitian (Tidak Diterbitkan). Pontianak: Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura.

Aminoto, Tugiyo dan Hairul Pathoni. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika. 8 (1): 23.

Anderson, L.W. & Krathwohl, D. R. (2017). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aunurrahman. (2009). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Astuti, Endah D.P. dan Sri Sutarni. (2016). Pengaruh Pembelajaran Role Play dan Guided Discovery terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika.

Bagiyono. (2017). Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Butir Soal Ujian Pelatihan Radiografi Tingkat 1. Jurnal Widyanuklida, 16 (1): 1-3.

Ekawati, Shindy. (2016). Pengaruh Kedisiplinan dan Aktivitas Belajar Terhadap hasil Belajar Matematika Siswa. Pedagogy, 1 (2):120.

Fitarahmawati., Sukiya dan Sudarsono. (2017). Analisis Ragam Kesulitan Belajar Biologi Materi Protista MAN di Kabupaten Wonosobo Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi, 6 (7):409.

Heriyati. (2017). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif. 7 (1): 35-43.

Hoirina, Nurul Afifah dan Dahlia. (2015). Analisis Aktivitas Belajar Biologi Siswa dengan Menggunakan Media Gambar Kelas VII SMP Negeri 3 Rambah Samo Tahun Pembelajaran 2014/2015. Riau: Universitas Pasir Pengaraian.

Juangsih, Juju. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterampilan Menyimak Bahasa Jepang dan Pengajarannya. Wahana Didaktika. 15 (2): 17.

Kasriana, Rasid Ode. (2018). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal-Soal Pecahan Berdasarkan Taksonomi Bloom dan Kemampuan Awal Siswa Kelas V SD Negeri Rappocini. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. 6 (2): 175.

Laksanaani, Catur. (2018). Analisis kemampuan Kognitif Siswa Kelas X MIPA 5 SMA Negeri 10 Palembang Ditinjau dari Rasch Model. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang.

Mirjanah, Mita. Susanti Pudji Hastuti dan Desy Fajar Priyayi. (2017). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Learning cycle 7E (LC 7E) pada Pembelajaran Biologi Kelas X IPA 4 SMA Negeri 1 Bringin Tahun Pelajaran 2016/2017. Varia Pendidikan. 29(1):18-27.

Mukminan. (2014). Tantangan Pendidikan di Abad 21. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Musrikah. (2018). Higher Order Thingking Skill (HOTS) untuk Anak Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Perempuan Dan Anak. 2 (2): 342.

Ningsih, D. U., Slamet, S., & Bowo, S. (2011). Penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X-8 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2010/ 2011. Jurnal Pendidikan Biologi. 3 (2): 55-56.

Ningsih, P. S. (2017). Analisis Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Nuragni, Widhia Tri. (2018). Analisis kemaampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe High Order Thingking pada Pokok Bahasan Pola Bilangan di Kalangan Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma.

Nuraini. (2016). Analisis Kemampuan Kognitif Siswa dalam Evaluasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Countenance Stake. Skripsi (Tidak Diterbitkan. Surabaya: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Nurhidayah, Dwi Avita. (2015). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi pada Materi Geometri. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. 3 (2): 45.

Prasetianto, Didit. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPS pada Pembelajaran Terpadu kelas IV SD Negeri 1 Patoman. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Lampung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Purwanto, M. N. (2017). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Raehang. (2014). Pembelajaran Aktif Sebagai Induk Pembelajaran Koomperatif. Jurnal Al-Ta’dib. 7 (1): 152.

Rusmiati. (2017). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa Ma Al Fattah Sumbermulyo. Jurnal Pendidikan Ilmiah dan Ekonomi.1 (1): 23.

Sari, Novita Erliana. (2013). (Penerapan Metode Diskusi Kelompok dalam Pembelajaran Kontekstual Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPS Ekonomi Siswa Kelas VII SMPN 2 Dolopo Madiun. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas IKIP Universitas PGRI Madiun.

Septiyaningsih, Sri. (2017). Pengaruh Aktivitas Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi. 6 (3): 268.

Simbolon, Hermijon. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Kelas dan Open-Ended Questions untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Bengkulu. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Bengkulu: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

Sirait, Erlando Doni. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif. 6 (1): 38.

Sukardi. (2011). Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sulistiya, Febri. (2016). Pengaruh Tingkat Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada Siswa Di SMP N 15 Yogyakarta. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Susilo, Amin. (2008). Usaha Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa Melalui Sistem Tutorial dalam Proses Pembelajaran Matematika.Skripsi (Tidak Diterbitkan). Surakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Susilonuringsih, Kukuh. (2006). Pengaruh Faktor Intern dan Faktor Ekstern Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas I Di SMK Yayasan Pendidikan Ekonomi Gombong Tahun Diklat 2005/2006. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Semarang: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.

Sutarto. (2017). Teori Kognitif dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Islamic Counseling. 1 (2) : 3-4.

Syardiansah. (2016). Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Manajemen (Studi Kasus Mahasiswa Tingkat I EKM A Semester II). Jurnal Manajemen dan Keuangan. 5 (1): 440.

Tarigan, Daitin. (2014). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Make A Match pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 050687 Sawit Seberang. Jurnal Kreano. 5 (1):56-62.

Utomo, Agung Aditya. Ali Imron dan Syaiful M. (2017). Pengaruh Penjelasan Guru Terhadap Pemahaman Siswa pada mata Pelajaran Sejarah. Lampung: UNILA.

Wahyudi. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Sistem pencernaan Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 14 Pontianak. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Pontianak: Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Warsono, & Hariyanto. (2017). Pembelajaran Aktif Teori dan asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offiset.

Wicasari, Bella dan Zeny Ernaningsih. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematika yang Berorientasi pada HOTS.Prosiding Seminar Nasional Reforming Pedagogy.

Yuninger, Raghel (2008), dengan judul Deskripsi Tentang Aktivitas Kemandirian Siswa pMata Pelajaran Fisika. Jurnal Penelitian dan Pendidikan. 5 (1): 67.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i1.6353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License