DERAJAT INFEKSI TELUR CACING ENDOPARASIT PADA FESES KAMBING DI KECAMATAN KOTARIH KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

Efrida Pima Sari Tambunan, Syukriah Syukriah, Khomisah Dalimunthe

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui derajat infeksi telur cacing endoparasit pada feses kambing. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah sebanyak 30 feses kambing yang berbeda diambil langsung pada saat kambing mengeluarkan feses secara purpose sampling dan menggunakan dua metode yaitu metode sedimentasi dan metode MC. Master. Hasil dari penelitian ini ditemukan 13 spesies jenis telur cacing yaitu Haemonchus sp., Oesophagustomum sp., Strongyloides sp., Ostertegia sp., Paramphistomum sp., Cooperia sp., Dicrocoelium sp., Moniezia sp., Trichostrongylus sp., Ascaris sp., Bunostomum sp., Fasciola sp., Trischuris sp. Derajat infeksi terdapat pada pola pemeliharaan intensif yang termasuk dalam katagori berat (Heavy) adalah telur cacing spesies Haemonchus sp dan dalam katagori ringan (Low) yaitu telur cacing spesies Trischuris sp.


Keywords


Derajat Infeksi, telur cacing, feses kambing

Full Text:

PDF

References


Abusari, Maryam, dkk. 2021. Prevalensi Cestodiasis Saluran Pencernaan Pada Kambing. Jurnal of Animal Science. Vol 4 (1). Hal 63.

Awaludin, Aan, Yudhi Ratna Nugraheni dan Nur Muhammad. 2020. Derajat Infeksi Fasciola sp pada Sapi Perah Periode Laktasi. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Peternakan Terapan. DOI:1025047. Hal 95.

Indriyati, Liestiana. 2017. Inventarisasi Nematoda Parasit Pada Tanaman, Hewan dan Manusia. Jurnal Enviro Scienteae.Vol 13 (3).Hal 195.

Irsya, Resti Puttama, Mairawita, dan Henny Herwina. 2017. Jenis-Jenis Parasit Pada Sapi Perah Di Kota Padang Panjang Sumatera Barat. JurnalMetamorfosa. Vol 6 (2). Hal 191.

Mukti,Taufik, Ida Bagus Made Oka dan I Made Dwinata. 2016. Prevalensi Cacing Nemathoda Saluran Penceraan Pada Kambing Peranakan Etawa. Di Kecamatan Silirangong, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Jurnal Indonesia Medicus Veterinus.Vol 5 (4).Hal 331..

Ritonga, Mudhita Zikkrullah dan Andika Putra. 2018. Identifikasi Telur Cacing Pada Sampel Feses Sapi Potong Pada Kesuma Maju Desa Jatikesuma Kecamatan Namorambe. Jurnal of Animal Science and Agronomy Panca Budi.Vol 3 (1). Hal 2.

Soedarto., 2011. Helmintologi Kedokteran. Surabaya: Penerbitan dan Percetakan Unair.

Sarwono,B., 2011. Beternak Kambing Unggul. Jakarta: Penebar Swadaya.

Yufa, Marta, Mairawita dan Henny Herwina. 2018. Identifikasi Dan Prevalensi Endoparasit Pada Kambing Di Kota Padang, Sumatera Barat. Jurnal Metamorfosa. Vol 5 (1). Hal 156.

Muthiadin, Cut, Isna Radianah Aziz, dan Firdayana. 2018. Identivikasi Dan Prevalensi Telur Cacing Parasit Pada Feses Sapi (Bos sp) Yang Digembalakan Di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Tamangapa Makassar.Biotrofic The Journal Of Tropical Biology. Vol 2 (1). Hal 17.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i1.6355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License