IDENTIFIKASI KASUS - KASUS PENYAKIT AKIBAT PAKAN DAN REPRODUKSI PADA PETERNAKAN DOMBA (Ovis aries) KECAMATAN STABAT KABUPATEN LANGKAT

Siti Aminah, Tri Agustina, Wanda Syafitri, Mira Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk  mengetahui  kasus kasus penyakit yang sering terjadi di lingkungan peternakan domba daerah Kec. Stabat Kab.Langkat. Penelitian dilaksanakan pada pada hari Jumat, 2 Desember 2022, dipertenakan sekitar lingkungan rumah salah satu peternak domba di Stabat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitaf. Dalam Pengumpulan data dilakukan dengan teknik  deskriptif kuantitif yang dimana megindentifikasi jenis penyakit  apa saja yang sering terjadi pada hewan ternak selama 5 tahun belakangan terakhir kasus penyakit yang diantaranya penyakit yang awam pada domba seperti Abortus, cacingan, PMK, Bloat dan ORF ( Pengoran). Dan bisa mengetahui mana kasus yang paling mudah sampai sulit untuk ditangani dalam ternak hewan dan bagaimana cara menjaga hewan ternak dengan baik , agar terhindar dari penyakit yang merugikan bagi si peternak domba tersebut.


Keywords


Identifikasi, Penyakit, Kesehatan Ternak, Reproduksi Ternak.

Full Text:

PDF

References


Ainur, R. dan Hartati 2007. Petunjuk Teknis Perkandangan Sapi Potong. Pasuruan: Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan, Lokal Penelitian Sapi Potong Grati.

Aqsha, G.E.et al., 2011. “Komposisi kimia daging kambing kacang, peranakan etawah dan kejobong jantan padaumur satu tahun”. Makahh dahm Workshop Nasional Diversifikasi Pangan Daging Ruminansia Kecil 2011 di Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan, Bogor.

Badan Pusat Statistik (BPS). 2014. Bone Bolango Dalam Angka 2014.

Badan Pusat Statistik (BPS). 2017. Provinsi Gorontalo dalam angka 2017. Gorontalo: Badan Pusat Statistik Provinsi Gorontalo.

Bahri, S. et al. 2004. Manajemen Kesehatan dalam Usaha Ternak Kambing. Prosiding Loka karya Nasional Kambing Potong 2004. Bogor : Pus Jit bangnak.

Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan. 2017 . Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan 2017. Kementerian Pertanian.

Haryoko, I. etal., 2012. “Kajian Potensi Pertumbuhan Karkas Kambing Kejobong Berdasarkan Persamaan Alometrik Huxley”. Makalah dalam Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Sumber Daya Pedesaan dan Kearifan Lokal Berkehnjutan II di Purwokerto, 27-28 November 2012.

Hayati, R.N. dan S. Pita. 2013. Penyakit kembung pada ternak dan cara mengatasinya. Jawa Tengah: Balai Pengkajian danTeknologi Pertanian (BPTP) JawaTengah.

Herdis, et al. 2005. ‘Peningkatan Efisiensi Reproduksi Sapi Melalui Penerapan Teknologi Penyerentakan Berahi”. Jurnal Wartazoa.9(1),1-6.

Ilharn, F. 2014. “KeragamanFenotipe Kambing Lokal Kabupaten Bone Bolango”. Dalam Prosiding Serninar Nasional dan Workshop Optimalisasi Sumber Daya Lokal pada Peternakan Rakyat Berbasis Teknologi- 1di UNHAS, Makassar, 9-10 Oktober 2014. hal. 41-50.

Ilharn, F. dan M. Muharnmad. 2017. “Perbaikan produktivitas kambing kacang melalui pelatihan pernbuatan pakan silase bagi warga di Kecamatan Bone Pantai Kabupaten Bone Bolango”. Universitas Negeri Manado, Manado.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i1.6375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License