MINAT MAHASISWA TERHADAP SISTEM HIDROPONIK DI UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA AL-WASHLIYAH

Dian Habibie, Sugiar Sugiar, Bambang Hermanto, Reza Hanafi Lubis

Abstract


Hidroponik adalah suatu metode bercocok tanam dimana metode pertumbuhan dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah sebagai pemenuhan kebutuhan nutrisi pada tanaman. Penelitian ini melihat bagaimana persepsi mahasiswa Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah terhadap hidroponik. Adapun indikator yang diukur pada penelitian ini adalah Keinginan membuat hidroponik, Hidroponik sebagai media penghijauan kampus, Tanaman hidroponik di kampus, Merawat tanaman hidroponik di kampus, dan Keinginan mengajak teman/orangtua untuk membuat hidroponik. Metode penelitian secara deskriptif dengan analisis data menggunakan skala likert. Kesimpulan penelitian Mahasiswa pertanian UMNAW umumnya setuju dengan adanya hidroponik di kampus UMNAW. Mereka memiliki keinginan untuk membuat hidroponik, melakukan penghijauan kampus, serta mengajak masyarakat untuk menggunakan hidroponik. Tetapi masih banyak mahasiswa yang enggan merawat tanaman dengan media hidoponik.


Keywords


Hidroponik, Minat, Persepsi

Full Text:

PDF

References


Arifah, N., & Asikin, M. (2019, January). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dalam Setting Pembelajaran Creative Problem Solving Dengan Pendekatan Open-Ended (Sebuah Kajian Teoritik). In Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan (Vol. 6). Diambil dari http://seminar.uad.ac.id

Arisanti, W. O. L., Sopandi, W., & Widodo, A. (2016). Analisis penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif siswa SD melalui Project Based Learning. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 82-95.Candra, R., & Hidayati, D. (2020). Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA. Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, 6(1), 26-37. Diambil dari https://core.ac.uk

Astuti, L. S. (2017). Penguasaan Konsep IPA Ditinjau dari Konsep Diri dan Minat Belajar Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1). Diambil dari https://journal.lppmunindra.ac.id

Budiati, Indah. 2014. Implikasi Minat Siswa Dalam Pengelolaan Pertanian Terhadap Keberlanjutan Minat Bertani Di Wilayah Kecamatan Parongpong. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. 23(2): 103.

Chung, C. C., Huang, S. L., Cheng, Y. M., & Lou, S. J. (2020). Using an iSTEAM project-based learning model for technology senior high school students: Design, development, and evaluation. International Journal of Technology and Design Education, 1-37. Diambil dari https://link.springer.com

Dahlan, R. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Nazhir Terhadap Wakaf Uang. ZISWAF: Jurnal Zakat dan Wakaf, 4(1), 1-24. Diambil dari https://journal.iainkudus.ac.id

Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan Reliabilitas Kuisioner Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah. Prosiding Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020. Diambil dari https://publikasiilmiah.ums.ac.id

Efendi, N., & Sartika, S. B. (2021). The Effect of Distance Learning Practicum based on PhET Interactive Simulations on Science Process Skills of Secondary School Students. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 9(1), 91-96. Diambil dari https://jurnal.unimus.ac.id

Estriyanto, Y. (2020). MENANAMKAN KONSEP PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM (SCIENCE, TECHOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATHICS) PADA GURU-GURU SEKOLAH DASAR DI PACITAN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan, 13(2), 68-74. Diambil dari https://jurnal.uns.ac.id

Hendra, Heru Agus dan Andoko, Agus. 2014. Bertanam Sayuran Hidroponik Ala Paktani Hydrofarm. Jakarta: Agromedia Pustaka.

Herdiansyah, Haris. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu- Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika

Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitaif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Group

Madrona, Elva L. A. 2003. Hidroponik Untuk Pemula, Bandung:Penebar Swadra.

Mulyana, Rachmat. 2009. Penanaman Etika Lingkungan Melalui Sekolah Perduli dan Berbudaya Lingkungan. Jurnal Tabularasa Pps Unimed. 6 (2): 175-180.

Mushafi, M. Muchib. 2016. Pertumbuhan Dan Produksi Tiga Varietas Sawi (Branssica juncea) Akibat Konsentrasi Nutrisi AB Mix Yang Berbeda Pada Hidroponik Sistem Wick. Skripsi. Jember: Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Jember.

Rahman, Aulia .dkk. 2015. Pertumbuhan Sawi Menggunakan Sistem Hidroponik dan Akuaponik” Jurnal Teknik Pertanian Lampung”

Roidah, Ida Samsu, dkk. 2014. Pemanfaatan Lahan Dengan Menggunakan Sistem Hidroponik, Jurnal Universitas Tulungagung Bonorowo

Rusadi, Dwiko Septiyadi. 2015. Pengaruh Sosial Ekonomi Terhadap Minat Pemuda Dalam Beternak Sapi Potong Di Desa Bonto Cinde Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng. Skripsi. Makassar: Jurusan Sosial Ekonomi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin Makassar

Siswadi. 2015. Pengaruh Macam Media Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Selada (Lactuca Sativa L) Hidroponik. Jurnal Agronomika. 09(03): 260.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, Reno (2015). Hidroponik Budi Daya Tanaman Tanpa Tanah, Yogyakarta : Arcitra

Suryani, Reno. 2015. Hidroponik Budidaya Tanaman Tanpa Tanah. Yogjakarta: PT Pustaka Baru.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i1.6383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License