Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Smart Apps Creator Materi Osteichthyes pada Mahasiswa Biologi 2021 Universitas Negeri Medan

Elida Hafni Siregar, Fitriningsih - -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Smart Apps Creator pada materi Osteichthyes, mengukur kelayakan media pembelajaran, serta mengukur efektivitas media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model penelitian yang terdiri dari Define, Design, Develop, dan Disseminate (4D). Subjek penelitian terdiri dari 2 dosen ahli media, 2 orang ahli materi, dan 74 orang mahasiswa Jurusan Biologi. Analisis data hasil validasi ahli materi, ahli media, dan respon mahasiswa dilakukan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Tes kognitif hasil belajar mahasiswa menggunakan rumus (N-gain). Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis Smart Apps Creator pada materi Osteichthyes diperoleh penilaian kriteria sangat layak dari ahli materi, ahli media, respon mahasiswa kelompok kecil dan besar berturut-turut dengan nilai 83,48%, 87,99%, 92,01%, dan 92,94%. Hasil belajar mahasiswa menggunakan media pembelajaran berbasis Smart Apps Creator mendapatkan nilai rata-rata 87% dengan ketuntasan klasikal sebesar 95,8% dengan kriteria sangat baik. Hasil N-gain mengalami peningkatan yaitu sebesar 0,8 dengan kriteria tinggi. Data tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dihasilkan sangat layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran biologi materi Osteichthyes di Universitas Negeri Medan.

Keywords


Efektifitas Media Pembelajaran, Hasil Belajar Mahasiswa, Media Pembelajaran, Osteichthyes, Smart Apps Creator

Full Text:

PDF

References


Afif, M.M.A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(2): 437-443.

Agustira, S., Rahmi, R. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tingkat SD. Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(1): 72-80.

Anggraini, L., Lestari, S.R., & Handayani, N. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Biologi Berbasis Adobe Flash Cs6 pada Materi Sistem Sirkulasi Manusia Kelas Xi Mipa SMA Nasional Malang. Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2): 85-91.

Astawa, I.B.M., Adnyana, I.G.A.P. (2018). Belajar dan Pembelajaran, Depok: PT Raja Grafindo Persada

Elviana, D., Julianto. 2022. Pengembangan Media Smart Apps Creator (SAC) Berbasis Android pada Materi Suhu dan Kalor Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD, 10(4): 746-760.

Kartini, K.S., Putra, I.N.T.A. (2020). Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android . Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1): 12-19. https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.24981

Khosiyah, M., Gunawan. (2019). Pengembangan Media Belajar Berbasis Andorid pada Materi Tata Surya Untuk Siswa Sekolah Dasar. Elementa: Jurnal Pgsd Stkip Pgri Banjarmasin, 1(2): 168-177.

Kustandi, C., Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat, Jakarta: Kencana

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Edureligia, 2(2): 94-100.

Mahuda, I., Meilisa, R. & Nasrulloh, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Berbantuan Smart Apps Creator dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah, Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3): 1745-1756.

Munir, M. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Register Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(2): 184-190.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Misykat, 3(1): 171-187.

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik, Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(1): 19-35.

Kolopita, C.P., Katili, M.R., & Yassin, R.M.T. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Journal of Information Technology Education, 2(1): 1-12.

Pratiwi, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS6 pada Materi Arthropoda. Skripsi.

Priyonggo, F.V., Qosyim, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash untuk Materi Sistem Gerak pada Manusia Kelas VIII. Ejournal-Pensa, 6(2): 198 -203.

Rasyid, M., Aziz, A.A., & Saleh, A.R. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia dalam Konsep Sistem Indera pada Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2): 69-80.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i1.6422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License