PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BAWANG MERAH DAN KECAMBAH KACANG HIJAU SEBAGAI ZAT PENATUR TUMBUH ALAMI KANGKUNG (Ipomea replans Poir)

Safitri Safitri, Elis Yana, Sumayyah Assa'adah Lubis, Indayana Febriani Tanjung, Febri Ramadhani Hasibuan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak bawang merah Dan kecambah kacang hijau sebagai zat pengatur tumbuh (ZPT) alami kangkung darat ( Ipomea reptans Poir). Penelitian ini dilakukan di Desa Laud Dendang Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara, pada bulan Oktober sampai november 2022 disusun dalam rancangan acak kelompok dengan tiga perlakuan. Perlakuan pertama adalah tanpa menggunakan ZPT, perlakuan kedua menggunakan ekstrak bawang merah 400 gram ditambah 1 Liter air dan perlakuan ketiga menggunakan ekstrak  bawang merah 200 gram dan ekstrak kecambah 200 gram dan ditambah air 1 Liter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan dengan menggunakan 200gram ekstrak bawang merah dan ditambah dengan 200 gram kecambah dan ditambah dengan 1 liter air berpengaruh nyata terhadap Luas daun dan tinggi tanaman panjang akar dan diameter batang.


Keywords


Pengaruh Ekstrak, Bawang Merah kecambah Kacang hijau, Terhadap Kangkung

Full Text:

PDF

References


Al Machfudz WDP. (2017). Pengaruh Pemberian Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) Alami Pada Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Okra (Abelmoschus Esculentus). Nabatia,5(2)

Annisa,M.S.dkk. (2020), Formulasi Dodol Tinggi Energi Untuk Ibu Menyusui dari Puree Kacang Hijau (Vigna radiata l), Puree Kacang Kedelai (Glycine max) Dan Buah Naga Merah Bud Chip Tebu pada Berbagai Tingkat Waktu Rendaman. Jurnal Ilmiah Pertanian, 14(2)

Irawati. Zuchrotus Salamah. (2013). Pertumbuhan Tanaman Kangkung Darat ( Ipomoea reptans Poir.) Dengan Pemberian Pupuk Organik Berbahan Dasar Kotoran Kancil. Jurnal Bioedukatika, 1(1)

Wayan Redi Aryanta. (2019). Bawang Merah dan Manfaatnya Bagi Kesehatan. E-Jurnal Widya Kesehatan, 1(1)

Yuli Ardani Lubis, Melya Riniarti dan Afif Bintoro (2014) Pengaruh Lama Waktu Perendaman Dengan air terhadap Daya Berkecambah Trembesi (Samanea saman) . Jurnal Syva Lestary 2(2)




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i1.6438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License