Penyulingan Minyak Atsiri Serai Wangi Dengan Metode Stabilitas Suhu dan Lama Penyulingan untuk Meningkatkan Rendemen

Rofiatun Solekha, Putri Ayu Ika Setiyowati, Badriyatul Musyarofah, Salasun Nisah, Mufti Ari Bianto, Bagus Dwi Jauhari

Abstract


Serai wangi merupakan tanaman yang mampu menghasilkan minyak dengan nilai jual tinggi. Pemilihan Teknik dan metode yang tepat dalam proses penyulingan serai wangi perlu diperhatikan untuk meningkatkan rendemen dari serai wangi. Suhu dan lama penyulingan akan berpengaruh terhadap banyaknya rendemen yang akan didapatkan dalam satu kali penyulingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi suhu dan lama penyulingan terhadap banyaknya rendemen yang didapatkan. Metode yang digunakan yaitu metode destilasi dengan 2 faktor yaitu factor suhu dan lama penyulingan. Suhu yang digunakan dalam proses penyulingan yaitu 90oC dan 100oC dan lama penyulingan  90 menit, 120 menit dan 150 menit.  Hasil destilasi penyulingan minyak atsiri serai wangi yang menghasilkan rendemen terbanyak adalah penyulingan dengan menggunakan suhu 100oC dan waktu 120 menit yaitu menghasilkan rendemen 45% pada penyulingan daun serai wangi seberat 15 kilo. Sifat fisik tertinggi dinilai dengan harga densitas rendemen yaitu 0,9067 g/ml pada  suhu 110oC yaitu dan waktu 120 menit. Semua variabel dalam penelitian memenuhi standar SNI dengan pengukuran indeks bias. Tekanan destilasi dan lama penyulingan mempengaruhi banyaknya rendemen serta sifat fisik rendemen

Keywords


Minyak atsiri, Serai Wangi. Lama penyulingan, stabilitas suhu

Full Text:

PDF

References


Baser, K. H. C., & Buchbauer, G. 2010. Handbook of Essential Oils: Science Technology and Applications. Boca Raton, London, New York: CRC Press.

Guenther, E. 1987. Minyak Atsiri Jilid 1. Ketaren S, penerjemah. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Ketaren, S. 1985. Pengantar Teknologi Minyak Atsiri. Jakarta: Balai Pustaka.

Kongkathip N, Tanasombat M, Udomkunsori P. 2009. Development of Patchouli Extraction with Quality Control and Isolation Of Active Compounds with Antibacterial Activity. Kasetsart Journal (43): 519 - 525.

Muhtadin, A. F., Wijaya, R., Prihatini, P., & Mahfud, M. 2013. Pengambilan Minyak Atsiri dari Kulit Jeruk Segar dan Kering dengan Menggunakan Metode Steam Distillation. Jurnal Teknik ITS, 2(1), F98-F101.

Murni, S. W., Setyoningrum, T. M., & Haryono, G. 2020. Steam Distillation of Essential Oil from Lemongrass (Cymbopogon citratus) using Microwave Pretreatment. Eksergi 17(1): 15-19.

Pramani, C. A. 2010. Pengaruh Perlakuan Awal Bahan Baku dan Waktu Destilasi Serai Dapur terhadap Karakteristik Fisikokimia Minyak Serai Dapur (Lemongrass Oil). Skripsi. Universitas Sebelas Maret.

Sentosa, Ginting. 2004. Pengaruh Lama Penyulingan Terhadap Rendemen Dan Mutu Minyak Atsiri Daun Sereh Wangi. Universitas Sumatra Utara

Solekha, R., ika Setiyowati, P. A., & uliana Sari, C. T. (2022). Phytochemical Screening of Ethanol Extract on Stems, Leaves and Roots of Citronella Grass (Cymbopogon nardus L). BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) 5(1): 141-147.

Yulianti, S dan Suyanti. 2012. Panduan Lengkap Minyak Atsiri. Penebar Swadaya, Jakarta.

Yuni H. S, 2012. Prospek Pengembangan Minyak Atsiri Pestisida Nabati. Perkebunan_perspektif111-2012-N-4-Sri Yuni H.pdf, Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat, Bogor




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i1.6519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License