Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Pada Materi Chondrichthyes

Elida Hafni Siregar, Ribka Novita Christine Pasaribu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Lectora Inspire Pada materi Chondrichthyes, mengukur kelayakan media pembelajaran, serta mengukur efektivitas media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini menerapkan model penelitian yang diadaptasi dari model pengembangan yang terdiri atas Define, Design, Development dan Disseminate (4-D).  Subjek penelitian ini terdiri dari 2 orang dosen ahli materi, 2 orang dosen ahli media dan 78 orang mahasiswa Jurusan Biologi. Data penelitian diperoleh dari angket kelayakan media pembelajaran dari ahli materi, ahli media, respon mahasiswa dan tes kognitif hasil belajar mahasiswa. Analisis data hasil validasi ahli materi, ahli media dan respon mahasiswa dilakukan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Tes kognitif hasil belajar mahasiswa dilakukan dengan menggunakan rumus peningkatan hasil belajar (N-gain). Hasil pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi Lectora Inspire pada materi Chondrichthyes diperoleh penilaian kriteria sangat layak dengan nilai 84,66% dari ahli materi, 85,07% dari ahli media, 90,01% dari respon mahasiswa kelompok kecil, dan 90% dari respon mahasiswa kelompok besar. Hasil belajar mahasiswa menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi Lectora Inspire pada materi Chondrichthyes mendapatkan nilai rata-rata 80% dengan ketuntasan klasikal sebesar 86,53% dengan kriteria sangat baik. Hasil N-gain mengalami peningkatan yaitu sebesar 0,7 dengan kriteria tinggi. Data tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dihasilkan sangat layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matakuliah Taksonomi Hewan Vertebrata materi Chondrichthyes di Universitas Negeri Medan.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Lectora Inspire, Chondrichthyes, Efektivitas Media Pembelajaran, Hasil Belajar Mahasiswa


Full Text:

PDF

References


Amanda, D., Agustina, R. & Linuhung, N. (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Android Studio pada Materi Turunan. Emteka, 1(1): 46-53.

Astawa, I.B.M., & Adnyana, 1.G.A.P. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Elviana, D., & Julianto. (2022). Pengembangan Media Smart Apps Creator (SAC) Berbasis Android pada Materi Suhu dan Kalor Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD, 10(4): 746-760.

Ferdian, M.H. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Muhammadiyah Kabanjahe. Skripsi.

Fitriasih, R., Ansori, I., & Kasrina. (2019). Pengembangan Booklet Keanekaragaman Pteridophyta di Kawasan Suban Air Panas untuk Siswa SMA, Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 3(1): 100-108.

Kartini, K.S., Putra, I.N.T.A. (2020). Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android . Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1): 12-19.

Kristanto, S.A., Harti., Wulandari, S.S., & Patrikha, F.D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran menggunakan Lectora Inspire pada Mata Kuliah Salesmanship, Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 8(1): 84-94.

Kustandi, C., Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Edureligia, 2(2): 94-100.

Munir, M. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Register Herbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(2), 184-190.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1): 171-187.

Pratiwi, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS6 Pada Materi Arthropoda. Skripsi.

Priyonggo, F.V., Qosyim, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash untuk Materi Sistem Gerak pada Manusia Kelas VIII. Ejournal-Pensa, 6(2): 198 -203.

Ramdhani, E.K., Khoirunnisa, F., & Nadiah, N.A. (2020). Efektifitas Modul Elektronik Terintegrasi Multiple Representation Pada Materi Ikatan Kimia. Jurnal of Research and Technology, 6(1):162-167.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumiharsono, R., Hasanah, L. (2017). Media Pembelajaran. Jawa Timur: Pustaka Abadi.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i1.6595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License