Persepsi Masyarakat Prasi Terhadap Pentingnya Pendidikan Remaja Putri Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi

Indra Wahyuni, Ainol Ainol, Muhammad Hifdil Islam

Abstract


Penelitian ini di lakukan karena tingkat pendidikan remaja putri melanjutkan studi ke perguruan tinggi masih rendah berdasarkan 3 tahun terakhir data MA Sirajul Ummah sekitar 22,91% yang melanjutkan dan selebihnya tingkat pendidikannya sampai tingkat pendidikan SMA/SLTA. Tujuan penelitian untuk 1) mengetahui persepsi orang tua di desa prasi terhadap pentingnya pendidikan remaja putri melanjutkan studi ke perguruan tinggi 2) persepsi tokoh masyarakat terhadap pentingnya pendidikan remaja putri melanjutkan studi ke perguruan tinggi 3) faktor yang mempengaruhi pendidikan remaja putri melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian di desa prasi kecamatan gading kabupaten probolinggo. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Populasinya adalah masyarakat desa prasi kecamatan gading kabupaten probolinggo yang berjumlah 1.153 sampel penelitian ini adalah 100 orang dengan menggunakan proportionate Stratified Random Sampling. Instrumen yang di lakukan dalam penelitian ini menggunakan Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan persepsi masyarakat prasi, persepsi tokoh dan persepsi orang tua berdasarkan lulusan tingkat pndidikan mengungkapkan bahwa pendidikan remaja putri ke perguruan itu baik. Namun masih banyak dari kalangan remaja putri di desa prasi yang tidak melanjutkan studi ke perguruan tinggi di karenakan oleh faktor ekonomi, lingkungan, kepercayaan terhadap kodrat wanita dan faktor tidak adanya minat

Keywords


Persepsi, Masyarakat, Remaja putri, Perguruan tinggi

Full Text:

PDF

References


Alpian, Yayan, Sri Wulan Anggraeni, Unika Wiharti, and Nizmah Maratos Soleha. Yayan.alpian@ubpkarawang.ac.id. 2019. “PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI MANUSIA.” Jurnal Buana Pengabdian 1(1):66–72. doi: 10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581.

Ambarwati. 2022. Metode Penelitian Kualitatif. CV Al Qalam Media Lestari.

Annisa, Nur, Oyoh Bariah, and Achmad Junaedi Sitika. 2022. “Persepsi Masyarakat Terhadap Pentingnya Pendidikan Tinggi Kaum Perempuan (Studi Kasus Di Kecamatan Pakusarakan Kabupaten Karawang).” I S L A M I K A Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan 4(4):871–82. doi: 10.36088/islamika.v4i4.2183.

Burga, Muhammad Alqadri. 2019. “Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Pedagogik.” Al-Musannif 1(1):19–31. doi: 10.56324/al-musannif.v1i1.16.

Darusman, Y., L. Karwati, and A. Hamdan. 2023. PEREMPUAN DAN PENDIDIKAN TINGGI. Bayfa Cendekia Indonesia.

Fitrah, Muh., and Luthfiyah. 2018. Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).

Julianti, Umi Fania. 2022. Prestasi Belajar Mahasiswa: Kaitannya Dengan Kualitas Pengajaran Dosen. Penerbit NEM.

Misnawati, Misnawati. 2019. “Persepsi Dan Motivasi Masyarakat Dalam Melanjutkan Studi Anak Ke Perguruan Tinggi Di Desa Pandan Indah Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah.” Society 11(1):70–85. doi: 10.20414/society.v10i1.1489.

Mufidah, Rizka Isro’atul. 2021. “Persepsi Masyarakat Pedesaan Tentang Melanjutkan Studi Ke Jenjang Perguruan Tinggi Bagi Perempuan Di Dusun Arjosari Desa Sumberputih Kecamatan Wajak Kabupaten Malang.” (17130042):6.

Nabila, Faiqotus Silvia Dan, and Jakaria Umro. 2020. “Pendidikan Tinggi Untuk Kaum Perempuan (Studi Kasus Di Desa Curahdringu Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo).” AL-HIKMAH : Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam 2(2):136–48. doi: 10.36378/al-hikmah.v2i2.772.

Rosyida Aula Putri. 2020. “Persepsi Masyarakat Desa Terhadap Pendidikan Tinggi (Studi Kasus Di Desa Punggulrejo Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban).”

Shihab, M. Q. 2018. Perempuan (Edisi Baru): Dari Cinta Sampai Seks, Dari Nikah Mut’ah Sampai Nikah Sunnah, Dari Bias Lama Sampai Bias Baru. Lentera Hati.

Wijayanti, Maf’ula, and Oksiana Jatiningsih. 2021. “PERSEPSI MASYARAKAT DESA GUMENG KABUPATEN MOJOKERTO TERHADAP PENDIDIKAN TINGGI BAGI PEREMPUAN.” Journal of Civics and Moral Studies 6(02).




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i1.6598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License