Hubungan Pengetahuan Tentang Kejadian Hipertensi di Puskesmas Pante Ceureumen Kabupaten Aceh Barat

Erlia Rosita, Nurahmat Nurahmat, Diah Hastuti, Anita Tiara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan tentang kejadian hipertensi di Puskesmas Pante Caureumen Kabupaten Aceh Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 07 - 30 Maret 2022 di Puskesmas Pante Ceureumen Kabupaten Aceh Barat. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang ada hipertensi di Puskesmas Pante Ceureumen Kabupaten Aceh Barat. Sedangkan, teknik pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik Accidental Sampling, sehingga sebanyak 87 pasien hipertensi di Puskesmas Pante Ceureumen Kabupaten Aceh Barat dijadikan sampel penelitian. Teknik pengambilan data penelitian menggunakan kuesioner terstruktur. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian disimpulkan bahwa hasil uji chi-square diperoleh pengetahuan tentang hipertensi di Puskesmas Pante Ceureumen dengan kategori kurang sebanyak 53 (60,9%) dengan p- value 0,00. Hal ini menunjukkan bahwa pengetahuan tentang kejadian hipertensi di Puskesmas Pante Ceureumen tersebut masih kurang dalam mengetahui tentang kejadian hipertensi. Oleh karena itu, petugas kesehatan harus memberikan penyuluhan tentang hipertensi kepada responden untuk bisa menambah pengetahuan dan wawasan tentang hipertensi, karena pola pikir yang kurang terhadap penyakit hipertensi.


Keywords


Pengetahuan, Hipertensi, Puskesmas

Full Text:

PDF

References


AHA (american Heart Association). (2017). Hypertension : The Silent Killer : Updated JNC-8 Guideline Recommendations. Alabama Pharmacy Association. https://doi.org/0178-0000-15-104-H01-P

Anggara, F, & Prayitno, N. (2013). Jurnal ilmiah kesehatan : Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tekanan Darah Di Puskesmas Telaga Murni, Cikarang Barat Tahun 2012. (Online). Di unduh dari https://fmipa.umri.ac.id/wp-content/uploads/2016/06/ELFIKA-FAKTOR-2-YG-B.D-PD-TENSI.pdf, pada tanggal 10 Oktober 2021.

Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat. 2021. Profil Kesehatan Aceh Tahun 2020. Meulaboh: Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat.

Dinas Kesehatan Aceh. 2020. Profil Kesehatan Aceh Tahun 2020. Banda Aceh: Dinas Kesehatan Aceh.

Dinas Kesehatan Aceh. 2019. Profil Kesehatan Aceh Tahun 2019. Banda Aceh: Dinas Kesehatan Aceh.

Kementrian Kesehatan RI. (2018). Pedoman Teknis Penemuan dan Tatalaksana Hipertensi. Jakarta : Direktorat Pengendalian Penyakit Tidak Menular.

Kondoj, R, & Kolesy, C. (2019). Journal Of Community & Emergency : Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Dengan Kejadian Hipertensi Pada Pasien Di Puskesmas Koya Kecamatan Tondano Selatan Kabupaten Minahasa. (Online). Di unduh https://www.ejournal.unpi.ac.id/index.php/JOCE/article/view/184. pdf, pada tanggal 23 Mei 2022.

Notoatmodjo, S. (2016). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Puskesmas Pante Ceureumen, (2020 & 2021). Laporan Jumlah Data Hipertensi di Puskesmas Pante Ceureumen.

Riskesdas, (2018). Laporan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan Dasar. Jakarta : Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Rustandi, H. (2017). Journal of Nursing and Public Health (Hubungan Pengetahuan Dan Gaya Hidup Dengan Kejadian Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Basuki Rahmad Kota Bengkulu). (Online). Di unduh dari https ://doi.org/10.37676/jnph.v5i1.553 , pdf, pada tanggal 23 Mei 2022.

Smelzer C Susan (2015). Keperawatan Medikal Bedah.EGC: Jakarta.

Wahyuni, W & Susilowati, T. (2018). Hubungan Pengetahuan, Pola Makan dan Jenis Kelamin terhadap Kejadian Hipertensi di Kelurahan Sambung Macan Dragen. Gaster Jurnal Kesehatan, 16(1), 73-82.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i1.6636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License