Pengaruh Aromaterapi Lemon Dan Aromaterapi Lavender Terhadap Penurunan Nyeri Dismenore Primer Pada Remaja Putri

Naimah Nasution, Hengki Frengki Manullang

Abstract


Masa remaja merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa, umumnya antara usia 10-19 tahun. Masa remaja diawali dengan masa pubertas, salah satunya pada remaja putri yaitu Menstruasi. Menstruasi adalah pendarahan di dalam rahim yang mengalir keluar melalui vagina yang akan merasakan fase dismenore. Dismenore adalah nyeri saat menstruasi, biasanya kram, berpusat di perut bagian bawah. Keluhan nyeri haid berkisar dari ringan hingga berat. Penelitian tentang pengaruh aromaterapi lemon dan lavender terhadap penurunan nyeri dismenore primer pada remaja di SMA IT Khairul Imam. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimen dengan Two Group Pre and Post Test Design. Pengumpulan data menggunakan lembar Observasi. Nyeri dismenore dilakukan dengan menggunakan Aromaterapi Lemon dan Lavender selama 3 hari berturut-turut selama 15 menit per hari. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah remaja sebanyak 10 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya penurunan tingkat nyeri dismenore primer pada kelompok eksperimen Aromaterapi Lemon (P=0,003<0,05,=0,05) dan Aromaterapi Lavender (P=0,010) dengan hasil penurunan pada kelompok eksperimen lebih dari penting. Oleh karena itu pemberian aromaterapi lemon dan lavender terbukti dapat menurunkan tingkat dismenorea primer

Keywords


Aromaterapi Lemon dan Lavender, Dismenore Primer, Remaja

Full Text:

PDF

References


Febriyanti, V., Putri, V. S., & Yanti, R. D. (2021). Pengaruh Aromaterapi Lemon (Citrus) terhadap Skala Nyeri Dismenorea pada Mahasiswi Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes Baiturrahim Jambi. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 10(1), 74. https://doi.org/10.36565/jab.v10i1.277 Janiwarty, dkk. (2018). Pendidikan Psikologi untuk Bidan. Yogyakarta:RaphaPublishing.

Kumalasari, F., Pengajar, S., & Psikologi,F. (2017).Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja Di Panti Asuhan Latifah Nur Ahyani (Vol. 1, Issue 1). Kusmiran. (2018). Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. Jakarta: Salemba Medika. Lubis, N. L. (2018). Psikologi KESPRO Wanita dan Perkembangan Reproduksi. Jakarta : KencanaPrenada Media Grop.

Maharani, Y. dkk. (2018). “Pengaruh Aromaterapi Bunga Lavender (Lavandula angustifolia) terhadap Intesitas Nyeri Haid (Disminore) pada Mahasiswa Stikes Madani Yogyakarta”. Journal Kesehatan Madani Medika. 7 (1) . 47–49.

Menurunkan Nyeri Dismenorea dengan Kompres Hangat. Jurnal Keperawatn Vol VII No 2: 137-141. 2019.

Puspita. (2019). Masa Pubertas Pada Remaja. Pustikawati. (2016). Penurunan Skala Nyeri Haid .

Ramadhan, M. R. and Zettira, O. Z. (2017) „Aromaterapi Bunga Lavender (Lavandula angustifolia) dalam Menurunkan Risiko Insomnia Lavender Flower (Lavandula angustifolia) Aromatherapy in Lowering the Risk of Insomnia‟, Medical Journal of Lampung University, 6, pp. 60–63.

Rambi, C dkk. 2019.‟‟Pengaruh Aromaterapi Lemon ( Citrus ) Terhadap Penurunan Dismenore Pada Mahasiswi Keperawatan‟‟. Journal Ilmiah Sesebanoa, 3(1): 27–34. Sulisterinin. (2017). Dismenore Di Indonesia. Buku , 220. Oktaviana Amrina, Riyanti Imron.

WHO. (2019). Nyeri Dismenore di Indonesiana. Zuraida. (2020). Pengaruh Massage Effleurage Terhadap Penurunan Nyeri Dismenore Primer Pada Remaja Putri D SMAN 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i1.6659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License