Efektivitas Penerapan Teknologi Digital Marketing Di Pelayanan Kesehatan (Literature Review)

Dewi Laksmi, Helen Andriani

Abstract


Tujuan tinjauan literatur ini adalah untuk mengidentifikasi efektifitas penerapan digital marketing di pelayanan kesehatan. Metode: Metode penulisan tinjauan literatur ini berdasarkan database ProQuest, PubMed, Google Scholar, dan Science Direct. Pencarian literatur menggunakan kata kunci sesuai dengan judul yaitu digital marketing, healtcare. Artikel dipilih berdasarkan kriteria inklusi yang terdiri dari penelitian dan clinical review, berbahasa Inggris-Indonesia, dan full text. Artikel yang tidak lengkap di ekslusi dari tinjauan ini. Dari hasil penelusuran literatur ditemukan 4 artikel yang dapat dilanjutkan ke tahap peninjauan. Hasil: Hasil dari tinjauan literatur ditemukan bahwa digital marketing memiliki peran dalam meningkatkan ikatan dengan calon konsumen yang berarti sebagai upaya promosi  rumah sakit atau pelayanan Kesehatan. Kesimpulan: Rumah sakit mendapatkan peningkatan dalam jumlah pasien, sehingga dapat disimpulkan digital marketing efektif digunakan sebagai media untuk promosi di pelayanan Kesehatan

Keywords


Efektivitas, Penerapan, Digital marketing, Pelayanan Kesehatan

Full Text:

PDF

References


Al-Weshah, G. A., Kakeesh, D. F., & Al-Ma’aitah, N. A. (2021). Digital marketing strategies and international patients’ satisfaction: An empirical study in Jordanian health service industry. Estudios de Economia Aplicada, 39(7), 1–14.

Barr, J. R., D’Auria, D., & Persia, F. (2020). Telemedicine, Homecare in the Era of COVID-19 & beyond. Proceedings - 2020 3rd International Conference on Artificial Intelligence for Industries, AI4I 2020, 48–51.

BPS. (2021). Jumlah Rumah Sakit Umum, Rumah Sakit Khusus. Diambil 19 Desember 2022, dari Sosial dan Kesejahteraan Rakyat website:

Jasin, M. (2022). The Role of Social Media Marketing and Electronic Word of Mouth on Brand Image and Purchase Intention of SMEs Product. Journal of Information Systems and Management …, 01(04), 54–62.

Kemkes. (2022). Rekap RS Per Jenis (Nasional). Diambil 19 Desember 2022, dari SIRS Kemkes

Khiong, K. (2022). Impact and Challenges of Digital Marketing in Healthcare Industries during Digital Era and Covid-19 Pandemic. Journal of Industrial Engineering & Management …, 3(5), 112–118.

Leeflang, P. S. H., Verhoef, P. C., Dahlström, P., & Freundt, T. (2014). Challenges and solutions for marketing in a digital era. European Management Journal, 32(1), 1–12.

Pike, S., & Page, S. J. (2014). Destination Marketing Organizations and destination marketing: Anarrative analysis of the literature. Tourism Management, 41, 202–227.

Prasetyo, A. A. R., & Sulistiadi, W. (2019). Effect of Digital Marketing in Hospitals: A Systematic Review. 509–512.

Qian, Z. W., Wan, G. S., Du, X. L., Shi, Y. F., & Huang, G. (2018). Performance evaluation of digital marketing in health care industry with the application of data envelopment analysis. Revista de Cercetare si Interventie Sociala, 60(March), 39–50.

Radu, G., Solomon, M., Gheorghe, C. M., Hostiuc, M., Bulescu, I. A., & Purcarea, V. L. (2017). The adaptation of health care marketing to the digital era. Journal of medicine and life, 10(1), 44–46.

Taufik, E. R., Hasan, S., Titin, T., Singagerda, F. S., & Sinambela, E. A. (2022). Hospitals Visit Intention and Visit Decision: How the Role of Viral and Word of Mouth Marketing? Frontiers in Public Health, 10(July), 1–4.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i1.6668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License