Pengaruh Pemberian POC Buah Pepaya Dan Pupuk Organik Ampas Teh Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Terung Ungu (Solanum melongenia L.)

Indra Gunawan, Rahmi Dwi Handayani Rambe, Mahyuddin Dalimunthe, Syamsafitri ,, Tri Ardi Bimantara

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di lahan Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara, Jln. Karya Wisata, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara Ketinggian tempat ±25 mdpl, dengan Topografi datar dengan jenis tanah ordo inceptisol. Penelitian ini dimulai pada bulan Maret sampai dengan bulan Agustus 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian POC buah pepaya dan pupuk organik ampas teh terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman terung ungu. Penelitian ini menggunakan model Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dengan 2 faktor perlakuan, faktor pertama yaitu pemberian POC buah pepaya dengan 3 taraf perlakuan, yaitu: P0 = kontrol, P1  = 25 ml/liter air/plot dan P2 = 50 ml/liter air/plot. Faktor kedua yaitu pemberian pupuk organik ampas teh dengan 3 taraf perlakuan yaitu A0 = kontrol, A1 = 0,5 kg/plot dan A2 = 1 kg/plot. Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, diameter batang, jumlah cabang dan produksi per tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan dosis POC buah pepaya berpengaruh meningkatkan pertumbuhan tinggi tanaman dan jumlah cabang serta meningkatkan produksi terung ungu per tanaman sampel namun tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan diameter batang. Peningkatan dosis pupuk organik ampas teh berpengaruh meningkatkan pertumbuhan tinggi tanaman, jumlah cabang dan diameter batang tanaman terung ungu serta berpengaruh meningkatkan produksi tanaman terung ungu per tanaman sampel. Kombinasi pemberian dosis POC buah pepaya dan pupuk organik ampas teh tidak berpengaruh nyata terhadap seluruh parameter yang diamati

Keywords


: Tanaman Terung Ungu, Pupuk Organik Cair Buah Pepaya, Pupuk Organik Ampas Teh

Full Text:

PDF

References


Anonim, 2000. Syarat Tumbuh Tanaman Terung Ungu. Serial Online https://agrotek.id/syarat-tumbuh-tanaman-terong/. Diakses pada Tahun 2021. Medan.

Arinong, A. R., Vandalisna., dan Asni. 2014. Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Sawi (Brassica juncea L.) dengan Pemberian Mikroorganisme lokal (MOL) dan Pupuk Kandang Ayam. Jurnal Agrisistem. 10(1): 40-46.

Bambang, 2003. Batang pada Tanaman Terung Ungu. https://eprints.umm.ac. id/65845/2/BAB II.pdf. Diakses pada Tahun 2021. Medan.

Bambang, 2003. Buah pada Tanaman Terung Ungu. Serial Online http://kaltim.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php?option=com_content&v iew=article&id=928&Itemid=59. Diakses pada Tahun 2021.Medan.

Demak, 2015. Limbah Ampas Teh. Serial Online http://siat.ungu.ac.id/files/wisuda/2018-1-1-54211-613412113-bab1- 23072018091814.pdf. Diakses pada Tahun 2021. Medan.

Firmanto, 2011. Pengenalan Tanaman Terung Induksi Partenokarpi pada Tiga Genotipe Tomat dengan GA3. Jurnal Ilmu Pertanian . Vol.(18) No.(1).

Gultom, A G. 2013. Pengaruh Pemberian Ampas Teh Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kacang Panjang (Vigna sinensis L.) J. Biosains Unimed. Vol.1. No.2. ISSN : 2338 – 2562

Hamidah. 2010. Jenis dan Kegunaan Unsur Hara. http://hamidahmamur. wordpress.com/2010/05/28/jenis-dan kegunaan –unsur -hara/ .Diakses 6 Oktober 2022

Hasibuan, B. E., 2012. Pupuk dan Pemupukan. Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara. Medan.

Hidayati F. R. 2010. Pengaruh Pupuk Organik dan Anorganik Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Pangan. Makalah Seminar Institut Pertanian Bogor.

Idwar, Jurnawaty. S, dan Ruli, F. A. 2014. Rekomendasi Pemupukan N, P dan K pada Tanaman Palawija Dalam Program Operasi Pangan Riau Makmur (OPRM) di Kabupaten Kampar. Fakultas Pertanian Universitas Riau.

Ilmu Tanah. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor

Indrakusuma. 2000. Pengaruh Dosis dan Frekuensi Pemberian Pupuk Organik Cair Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Buncis (Phaseolus vulgaris L.) Dataran Rendah. Jurnal Ilmu Tanah dan Lingkungan.

Jhon R stommel and bruce d whitaker, 2003. Manfaat Kandungan Tanaman Terung Senyawa yang ada dalam Terung adalah Campesterol, sitosterol, stigmasterol dan sejumlah kecil kolesterol serta antosianin. Hasil penelitian.

Mahardika, M. A. 2009. Jaringan pada Tumbuhan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta

Musnamar, 2013. Pengujian Pupuk Organik Cair Limbah Buah Pepaya pada Pertumbuhan dan Produksi Penebar Swadaya. Jakarta.

Ningrum, F.G.K., 2010, Efektivitas Air Kelapa dan Ampas Teh Terhadap Pertumbuhan Tanaman Mahkota Dewa (Phaleria macrocarpa) pada media tanam yang Berbeda, Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah. Surakarta.

Ningrum. 2010. Pupuk Organik dan Pupuk Hayati: Kompos. Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. http//balittanah.litbang.deptan.go.id. Skripsi. Jurusan Budidaya Pertanian. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Nurmayanti, T.R., 2008, Efektivitas Air Kelapa dan Ampas Teh Terhadap Pertumbuhan Tanaman Sri Rejeki (Aglonema donna carmen) Pada media Tanam yang Berbeda. Skripsi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah. Surakarta

Poerwowidodo. 2012. Telaah Kesuburan Tanah. PT. Angkasa. Bandung Pujianto, 2007. Khazanah pengetahuan biologi1 Solo: PT Wangsa Jatra Lestari.

Rahmah. A, Munifatul. I, dan Sarjana, P. 2014. Pengaruh Pupuk Organik Cair Berbahan Dasar Limbah Sawi Putih (Brassica chinensis L.) Terhadap Pertumbuhan Tanaman Jagung Manis (Zea mays L.var. Saccharata). Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponogoro. Buletin anatomi dan fisiologi volume XXII No 1.

Rukmana. 2000. Serial online https://fredikurniawan.com/klasifikasi-dan- morfologi-tanaman-terong-ungu/. Diakses tahun 2021.Medan.

Soestasad dan muryati,2000. Ameliorasi Lahan dengan Fosfat Alam Untuk Perbaikan Kesuburan Tanah Kering Masam Typic Hapludox di Kalimantan Selatan. hlm. 143–155 dalam Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi Sumber Daya Tanah dan Iklim. Buku II. Bogor, 14–15 September 2004. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanah dan Agroklimat, Bogor.

Soetased, 1999. Buah Pada Tanaman Terung Ungu dan Tanah-Tanah Pertanian di Indonesia. Pusat Penelitian Tanah dan Agroklimat, Bogor. hlm. 21–66.

Suketi, K., Roedhy, P., Sriani, S., Sobir., & Winarso, D. W. 2010. Studi Karakter Mutu Buah Pepaya IPB. J. Hort. Indonesia 1(1): 17-26.

Waskito, K N. A. (2017). Pengaruh Komposisi Media Tanam dan Pupuk Nitrogen Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Terung (Solanum melongena L.). Jurnal Produksi Tanaman, 1-8.

Whitaker, 2003. Manfaat dan Kandungan Terung Ungu. Balai Penelitian Ilmu Pertanian.

Winarso, S. 2005. Dasar Kesehatan dan Kualitas Tanah. Gava Media. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i1.6792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License