PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA DI SMAN 5 LANGSA

Devi Rahayu, Sofiyan Sofiyan, Nursamsu Nursamsu

Abstract


Permasalahan yang sering dialami pada pembelajaran adalah nilai belajar siswa yang rendah. Hasil observasi disaat awal masuk semester ganjil 2021, pelaksanaan pembelajaran di SMAN 5 langsa yaitu kurangnya keaktifan siswa karena sistem belajar dilakukan masih terfokus pada pendidik mengakibatkan kurang menarik perhatian anak didik. Adanya penelitian ini memiliki tujuan untuk mencari tahu apakah terdapat peningkatan serta seberapa besar peningkatan dari hasil belajar anak didik kelas XI IPA di SMAN 5 Langsa dengan mengimplementasikan model kooperatif Teams Games Tournament (TGT). Metode penelitian berupa metode eksperimen, menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang diterapkan yakni One-grup pretest-posttest design. Kesimpulan pada penelitian ini didapatkan tingkat nilai belajar siswa secara signifikan yakni implementasi model kooperatif Teams Games Tournament (TGT) siswa kelas XI IPA di SMAN 5 Langsa. Besar peningkatan nilai pembelajaran anak didik kelas XI IPA di SMAN 5 Langsa setelah diberi percobaan yakni menerapkan model koperatif Teams Games Tournament (TGT) yaitu sebesar 37,35. Saran bagi guru-guru biologi untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif Teas Games Tournamen (TGT) atau berbagai macam model-model belajar cara lain supaya memperoleh hasil belajar yang semakin baik.


Keywords


Penerapan, TGT (Teams Games Tournament), hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya untuk Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers.

Safitri, S., Rizmahardian A. K., & Raudhatul F. 2018. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dengan bantuan Media Teka-Teki Silang Terhadap Motivasi Siswa Pada Materi Koloid. Edukasi: Jurnal Pendidikan.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sujana, I. W. 2019. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widyan: Jurnal Pendidikan Dasar.

Sundari, H. 2015. Model-model Pembelajaran dan Pemerolehan Bahasa Asing. Jurnal Pujangga.

Susanna. 2017. Penerapan Teams Games Tournament dengan Media Kartu Domino Pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas XI MAN 4 Aceh Besar. Lantanida Journal.

Tari, H. D., Suwirta, U., & Dedeh. 2020. Pengaruh Penerapan Model TGT terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN 2 Kota Tasikmalaya. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Widodo & Widayanti, L. 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i1.6825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License