Pengaruh Pemberian Teh Bawang Dayak Terhadap Penurunan Hipertensi Pada Lansia

Tetty Junita Purba

Abstract


Hipertensi merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan tingginya tekanan darah. Seseorang dikatakan menderita hipertensi jika memiliki tekanan  darah sistolik ≥ 140mmHg dan atau tekanan darah diastolik ≥90mmHg dalam pemeriksaan berulang. Secara definisi, seorang individu yang telah melewati usia 45 tahun atau 60 tahun disebut lansia. Bawang Dayak (Eleutherine Americana) merupakan tanaman khas Kalimantan Tengah Tanaman ini sudah secara turun-temurun dipergunakan masyarakat Dayak sebagai tanaman obat. Bawang Dayak kandungan senyawa fitokimia yakni alkaloid, glikosida, flavonoid, fenolik, steroid, dan tannin.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian teh bawang Dayak terhadap penurunan hipertensi pada lansia di puskesmas dolok merawan kecamatan dolok merawan. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan rancangan yang digunakan one-group pretest-posttest design. Pengambilan sampel ini menggunakan total sampling dan di dapatkan 20 orang responden lansia yang mengalami hipertensi dengan usia 45 sampai 55 tahun. Penelitian dilakukan dengan menggunakan uji Wilcoxon di dapatkan bahwa dari responden yang telah diberikan teh bawang dayak 100% mengalami penurunan tekanan darah tinggi. Hasil analisis didapatkan nilai p untuk tekanan darah responden yaitu 0,000 (p < 0,05) yang menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian teh bawang dayak terhadap penurunan tekanan darah pada lansia. Dapat disimpulkan bahwa teh bawang dayak dapat menurunkan tekanan darah pada lansia penderita hipertensi.

Keywords


Hipertensi, Lansia, Bawang Dayak

Full Text:

PDF

References


Andri, J., Waluyo, A., Jumaiyah, W., & Nastashia, D. (2018). Efektivitas Isometric Handgrip Exercise dan Slow Deep Breathing Exercise terhadap Perubahan Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi. Jurnal Keperawatan Silampari, 2(1), 371–384. https://doi.org/10.31539/jks.v2i1.382

Handayani, S., Dewantari, E. M., & Fitria, C. N. (2020). Pengaruh Pemberian Teh Bawang Dayak terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi. Jurnal Perawat Indonesia, 5(2), 724–730.

Maryam, S. (2018). Menengenal usia lanjut dan perawatannya. Penerbit Salemba.

Setyawan, A. B. (2019). EFEKTIFITAS TEH BAWANG DAYAK UNTUK MENURUNKAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI. Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (SINTESA), 2(1).

Thomas, J., Stonebrook, E., & Kallash, M. (2020). Pediatric hypertension: Review of the definition, diagnosis, and initial management. International Journal of Pediatrics and Adolescent Medicine, 9(1), 1–6.

Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Pemberian Ekstrak Bawang Dayak Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Desa Tangkahen Kecamatan Banama Tingang Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i1.6849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License