Hubungan Antara Waktu Kerja Dengan Kelelahan Kerja Perawat Di Rumah Sakit Umum Mitra Sejati Medan

Rosleni Sitepu

Abstract


Pelaksanaan waktu kerja sehari-hari atau overlood di karenakan banyak tuntutan tugas atau waktu kerja yang tinggi, sehingga pekerja menjadi lelah, serta cenderung untuk melakukan kesalahan selama bekerja dan bahkan menjadi stres akibat waktu kerja yang tinggi. Kelelahan adalah merupakan keadaan seorang perawat yang tenaganya terkuras habis karena kejenuhan yang berlebihan terhadap pekerjaan itu sendiri, hal tersebut terjadi karena kurangnya waktu istirahat bagi tenaga kesehatan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Waktu Kerja Dengan Kelelahan Kerja Perawat Di RSU Mitra Sejati Medan,. Jenis penelitian ini cross sectional yaitu penelitian yang bersifat deskriptif korelasi dengan sampel adalah perawat yang bekerja di Rumah Sakit Mitra Sejati Medan berjumlah 48 orang. Metode analisis data dengan uji statistic Chi-Square. Hasil penelitian diketahui bahwa mayoritas responden adalah waktu kerja normal sebanyak 38 orang (79,2%) dan minoritas responden adalah waktu kerja rendah sebanyak 2 orang (4,2%), dengan tingkat kelelahan responden mayoritas adalah kelelahan kerja Sedang sebanyak 37 (77,1%) dan minoritas responden adalah kelelahan kerja ringan sebanyak 2 orang (4,2%). Didapatkan hasil p = 0,002 dengan α = 0,05. Artinya ada hubungan antara waktu kerja dengan kelelahan kerja perawat di RSU. Mitra Sejati Medan Tahun.2022. Diharapkan tempat penelitian dapat meningkatkan dan mengoptimalkan waktu istirahat kerja perawat agar lebih baik lagi untuk kedepannya

Keywords


Waktu Kerja , Kelelahan Kerja Perawat.

Full Text:

PDF

References


Adisamito W. 2007. Sistem Manajemen Lingkungan Rumah Sakit. Jakarta:

Dewi, H.P.A. 2010. Beberapa Faktor Yang Berhubungan Dengan Kelelahan Kerja Perawat Pada Rumah Sakit. Di akses tanggal 01 Februari 2017.

Fajariah, 2011.Volume 13, Nomor 2, Shift Kerja (Desember 20010) .

Hariyati, M. 2015 Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kelelahan Kerja Pada Perawat. Surakarta

Herawati, dkk. Hubungan Kerja Shift Terhadap Kelelahan Perawat Di Instalasi Rawat Inap RSUD. Dr.Sayidiman Magetan Tahun 2012.

Jhohana Kurnia W. 2010. Hubungan Antara Kelelahan Kerja Dengan Stres Kerja Pada Perawat Di Rumah Sakit Islam Yarsis Surakarta, () online di unduh tanggal 09 Mei 2014.

Lailaini, F.A. (2012). Bournout Pada Perawat Ditinjau Dari Efikasi Diri dan Dukungan Sosial. Talenta Psikolog. Vol 1. No. 1.

Maharani, P. A dan Triyoga, A. 2012. Job Burnout with Performance by Nurses in Nursing Care Provision.Jurnal STIKSES. Vol. 5, No, 2. Hal.167.

Mallaping Fatmawaty. (2014). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kelelahan Kerja Pada Perawat IGD Di RSU. Haji Makasar.

Notoatmojo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Nursalam, (2012) Manajemen Keperawatan, Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. Manajemen Keperawatan aplikasi dalam praktik keperawatan profesional edisi 2 Salemba Medika, 2007.

Perwitasari, D. dan A. R. Tualeka, 2014. Faktor yang berhubunga dengan Kelelahan Kerja Subjektif Pada Perawat di RSU. DR. Mohommad Soewandhi Surabaya. The Indonesia Journal of Safety, Health And Environment. Surabaya. PT. Raja Grafindo Persada, p : 1.

Riza, Gigik M. 2011. Perbedaan Kelelahan Pada Perawat Shift Pagi Dan Shift Malam Bagian Rawat Inap Di Rumah Sakit Islam Surabaya. . Surabaya: FKM Universitas Airlangga.

Sabri & Hastono, (2010), Analisis Data Kesehatan, Rajawali Pres, Jakarta.

Tarwaka, 2010. Kelelahan Kerja Pada Pearwat. FKM Universitas Airlangga. Surabaya.

Wijaya. 2010. Hubungan antara shift kerja dengan gangguan tidur dan kelelahan kerja perawat Instalasi Rawat Darurat RS. Dr. Sardjito Yogyakarta (Tesis) Yogyakarta: UGM.

Yuwono (2011), Mengenal Kepemimpinan dan manajemen keperawatan di rumah sakit. Jokjakarta: Mitra Cendikia Press




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i1.6877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License