Pengembangan Media E-Book Interaktif Dalam Pembelajaran Sistem Pernapasan

Nadya Aulina Barus, Marjanah Marjanah, Setyoko Setyoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-book interaktif dalam pembelajaran sistem pernapasan dan mengetahui kelayakan serta mengetahui kepraktisan media e-book interaktif yang telah dihasilkan.  Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Thiagarajan) yaitu define, design, develop, dan disseminate. Namun pengembangan ini dibatasi sampai ditahap develop. Validitas e-book diukur berdasarkan validasi para ahli materi, dan ahli media. Kepraktisan e-book diukur berdasarkan hasil respon guru dan siswa. Penelitian di uji cobakan secara terbatas pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Namorambe. Hasil penelitian berupa media e-book interaktif dalam pembelajaran sistem pernapasan dengan penilaian uji kelayakan oleh ahli media sebesar 88% dengan kriteria “sangat layak” dan oleh ahli materi sebesar 84% dengan kriteria “sangat layak”. E-book dinyatakan praktis dengan hasil respon guru 88,3% dengan kriteria “sangat praktis” dan hasil respon siswa sebesar 87,4% dengan kriteria “sangat praktis”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media e-book interaktif dalam pembelajaran sistem pernapasan yang dikembangkan layak dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.


Keywords


E-book interaktif, Pengembangan, Sistem pernapasan

Full Text:

PDF

References


Nurdin, A. 2015. Penerapan E-Book Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pokok Bahasan Pencemaran Dan Perubahan Lingkungan Di Kelas X Sma Negeri 1 Waled. IAIN Syekh Nurjati. Cirebon.

Nurrita, T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Prasetya, A., Ulfa, S., dan Susilaningsih, S. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Untuk Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(2), 111-120.

Riduwan, 2015. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Solikah, A.N., dan Susantini, E. 2022. Pengembangan E-Book Interaktif Materi Pewarisan Sifat Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII Sma, 11(2), 374–383.

Sumiharsono, R., dan Hasanah, H. 2017. Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Pustaka Abadi.

Suryani, S. dan W. 2012. Pengembangan E-book interaktif pada materi pokok elektrokimia kelas XII SMA. Journal Unesa of Chemical Education, 2, 54–62.

Tayyibah, D., dan Rachmadiarti, F. 2021. Pengembangan E-Book Berbasis Collaborative Learning pada Materi Keanekaragaman Hayati untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(1), 77–88.

Wardani, M. A., Faiz, A., dan Yuningsih, D. 2021. Pengembangan Media Interaktif Berbasis E-Book Melalui Pendekatan SAVI Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 230-239.

Widoyoko, Eko Putro. 2018. Teknik Penyusunan instrument Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i2.6906

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License