Gambaran Tingkat Kepuasan Pelayanan Kesehatan Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Puskesmas Bandar Kalipah Tahun 2022

Tiffani Tantina Lubis

Abstract


Tersedianya pelayanan kesehatan yang berkualitas menjadi hal yang harus mendapat perhatian dari pemerintah sebagai salah satu upaya dalam pembangunan di bidang kesehatan. Dalam melaksanakan hal tersebut, pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat harus optimal dan bermutu baik. Pasien akan merasa puas apabila kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya sama atau melebihi harapannya dan sebaliknya, ketidakpuasan atau perasaan kecewa pasien akan muncul apabila kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya itu tidak sesuai dengan harapan yang merupakan konsep dari kepuasan.  Tujuan : Untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pelayanan kesehatan selama masa pandemi Covid-19 di Puskesmas Bandar Kalipah tahun 2022. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional dengan pendekatan cross sectional, yaitu pengambilan data hanya dilakukan sekali dan pada waktu yang sama.  Hasil : Hasil penelitian diketahui bahwa persentase tertinggi dimensi kehandalan yaitu cukup puas sebanyak 30 orang (40,5%). Persentase tertinggi  dimensi ketanggapan yaitu kategori cukup puas sebanyak 37 orang (50,0%). Persentase tertinggi dimensi kejelasan yaitu kategori tidak puas sebanyak 27 orang (36,5%). Persentase tertinggi dimensi sikap empati yaitu kategori cukup puas sebanyak 34 orang (45,9%). Persentase tertinggi dimensi sarana dan pra sarana yaitu kategori sangat puas sebanyak 32 orang (43,2%) responden. Mayoritas tingkat kepuasan pada pelayanan kesehatan yaitu 33 orang (44,6%) puas dengan pelayanan kesehatan Puskesmas Bandar Kalipah. Mayoritas responden dengan usia kategori dewasa sebanyak 42 orang (56,8%),  mayoritas pendidikan terakhir yaitu SMA sebanyak 47 orang (63,5%), responden mayoritas bekerja sebanyak 53 orang (71,6%).

Keywords


Kepuasan Pelayanan Kesehatan, Pandemi Covid-19, Puskesmas.

Full Text:

PDF

References


Effendi, K. (2020). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di UPTD Puskesmas Mutiara Tahun 2019. J Execellemt Midwifery;3(2):82-9.

Emilia, S. (2016). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien di UPT Puskesmas sindangjawa Kabupaten Cirebon. Patient Satisfaction. Puskesmas, SERVQUAL, 39 (year 1985-2015).

Gultom, D. K. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Citra Destinasi Dan Kepuasan Wisatawan Serta Implikasinya Terhadap Loyalitas Wisatawan. Jurnal Riset Sains Manajemen, 1(2), 139–150.

Handayani S. (2016). Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di puskesmas baturetno. J Profesi;14(1):42-8.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Puskesmas Mampu PONED. Jakarta : Menkes RI.

Koentjoro. (2007). Regulasi Kesehatan di Indonesia. ANDI. Yogyakarta.

Listiyono, R. A. (2015). Studi Deskriptif Tentang Kuaitas Pelayanan di Rumah Sakit Umum Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto Pasca Menjadi Rumah Sakit Tipe B. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik, 1(1), 2–7.

Notoatmodjo, S. (2018) Metodologi Penelitian Kesehatan. Cetakan Ke. Jakarta: Rineka Cipta.

Puskesmas Atambua Selatan. (2020). Data Tahunan Angka Kesakitan dan Kematian Puskesmas Atambua Selatan. 22-9.

Puskesmas Mengwi 1. (2020). Data Tahunan Angka Kesakitan dan Kematian Puskesmas Megawi 1. 34-8.

Ramadhana D. (2021). Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan selama pandemi covid-19 di puskesmas segeri kabupaten pangkep. Departemen Administrasi Dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Makassar. 1-96.

Riandi, R. (2018). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di PUSKESMAS Wonorejo Samarinda Tahun 2018 Skripsi Diajukan Oleh Ronal Riandi. Ilmu Kesehatan.

Rimawati, Putra WK. (2016). Gambaran kepuasan pasien bpjs terhadap pelayanan kesehatan. J Stikes;9(1):26-33

Sari, E. M. (2017). Perancangan Sistem Pelaporan Puskesmas Bandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan Tahun 2017. Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara (RI-USU), 1(3), 82–91.

Tanan L dkk. (2013). Analisis tingkat kepuasan pasien di puskesmas bara permai kota palopo. Jurnal AK;2 (3):15-21.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i1.6907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License