Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Panca Indera Manusia Kelas IV SD Swasta Bakti Luhur Medan T.A. 2021/2022

Winny Sunfriska Limbong, Barita Esman Dabukke

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif jigsaw terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Swasta Bakti Luhur Medan T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan berjumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar obsevasi. Sebelum digunakan tes terlebih dahulu divalidasi oleh ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  model kooperatif jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada materi panca indera manusia kelas IV SD Swasta Bakti Luhur Medan T.A 2021/2022. Hal tersebut dapat dilihat hasil uji hipotesis (Uji-T) bahwa nilai t-hitung yang diperoleh 2,987 lebih besar dari t-tabel yaitu 0,573. Hasil rata-rata hasil post test yaitu dengan menggunakan model kooperatif jigsaw sebesar 70,75 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 23. Sedangkan nilai rata-rata dengan penggunaan model konvensional sebesar 50,00 dengan nilai tertinggi 76,9 dan nilai terendah 6,6

Keywords


Model Kooperatif, Jigsaw, Hasil Belajar IPA

Full Text:

PDF

References


Aminah, H. S. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantu Media Gambar Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Progresif, Vol. VII, No. 2, VII, 93-100.

Deswita Febiyanti, M. C. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigwsaw Berbantu Mind Mapping Berpengaruh Terhadap Keterampilan Berbicara. Jurnal Mimbar Ilmu, Vol.25 No 2, 25, 282-294.

Dewi Waci, Y. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Alat Pencernaan Manusia Pada Siswa Kelas V di SDN 2 Suranenggala Lor Kec. Suranenggala Kab. Cirebon Tahun ajaran 2017/2018. Pendidikan Fisika FKIP Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon, 13-20.

Dsak Kadek Sri Astiti, I. W. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Jigsaw Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol. 1, 1, 30-41.

Haudi, S. M. (2020). Dasra-Dasar Pendidikan. Sumatra Barat.

Mirza Satria, S. M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Mendeskripsikan Panca Indera dan Fungsinya Kelas IV SDN Padomasan 1 Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa , 1, 1-4.

Monica Marpaung. (2021). Pengaruh Model Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Matematikan Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Pada Pembelajaran Daring Kelas V SD Negeri 064998 Kec Medan Marelan T.A 2020/2021. 80-89 dan 108-115.

Muhammad Syahrul Kahar, Zakia Anwar Diman Kurniawan Mulpri. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar. Program Studi Pendidikan Matematika, Vol 9, 279-295.

Nur Ainun Lubis, H. H. (2016). Pembelajaran Tipe Jigsaw. Jurnal As-Salam, Vol. 1, No. 1, 1, 96-102.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT. Raja Gravindo Persada

Samatoa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA disekolah dasar. Jakarta : PT Indek

Selavin, Robert. 2015. Coopetive learning. Teori, Riset dan Praktik. Bandung : Nusa Media (Penerjemah : Narulita Yusron).

Sihombing, R. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Pada Materi Sumber Energi dan Kegunaannya Dikelas IIIA SDN 066045 Medan Helvetia T.P 2018/2019. 9-30.

Sudzana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Biru.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suwigiono. 2010. “Peningkatan Hasil Belajar Jenis-Jenis Pekerjaan Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SDN Bandean 4 Kecematan Bangsalsari”. Jember : PGSD FKIP UNEJ.

Tirta Raharja, S. L La. Sulo. 2015. Seluruh Pendidikan. Tabanan : IKIP Saraswati

Yayan Surya Dharma, N. A. (2013). Penerapan Motode Penemuan dalam Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Panca Indera Manusia Di Kelas IV SD Negri Kaliwining 01 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013.

Widiana, I Wayan. 2016. Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran IPA disekolah dasar. Jurnal pendidikan Indonesia Vol.no 2 tahun 2019




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i1.6965

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License