Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Bidan Dalam Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Saat melakukan Asuhan Persalinan Normal di Wilayah Kerja Puskesmas Lalang

Chainny Rhamawan

Abstract


Kondisi derajat kesehatan masyarakat di Indonesia saat ini masih memprihatinkan antara lain ditandai dengan masih tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) yaitu 359 per 100.000 kelahiran hidup. Untuk menurunkan AKI dan AKB secara bermakna diperlukan berbagai upaya termasuk peningkatan pelayanan kesehatan ibu hamil, ibu bersalin, nifas dan penanganan komplikasi kebidanan. Komplikasi kebidanan merupakan penyebab kematian ibu. Di Indonesia kematian ibu disebabkan karena komplikasi seperti perdarahan pasca persalinan, hipertensi, infeksi, partus lama, dan abortus. Komplikasi tersebut dapat dicegah apabila dilakukan penatalaksanaan persalinan yang sesuai standar dan berkualitas serta pertolongan persalinan yang bersih dan aman oleh tenaga kesehatan yang terampil.. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui faktor - faktor yang berhubungan dengan kepatuhan bidan dalam penggunaan alat pelindung diri (APD) dalam melakukan Asuhan Persalinan Normal (APN). Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah bidan yang ada di Wilayah Kerja Puskesmas Lalang. Sampel pada penelitian ini sebanyak 40 bidan, yang dipilih dengan total sampling. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan alat bantu kuesioner. Hasil analisa bivariat menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara faktor umur bidan, pendidikan bidan, masa kerja bidan, pengetahuan bidan, ketersedian sarana, dan kebijakan dengan p-value (p<0,05). Sedangkan sikap bidan dan pengawasan tidak ada hubungan yang bermakna dalam penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) dalam pelaksanaan Asuhan Persalinan Normal (APN) dengan p-value (p>0,05). Hasil analisis multivariat didapat nilai koefisien regresi 18.487 pada variabel umur dan pengetahuan bidan sehingga ada pengaruh umur dan pengetahuan bidan dalam penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) dalam pelaksanaan Asuhan Persalinan Normal (APN)


Keywords


Faktor Predisposing, Enabling, Faktor Reinforcing, Apd, Asuhan Persalinan Normal

Full Text:

PDF

References


----------. 2007. Buku AcuanPersalinnan Normal. Jakarta

Aarabik, A., Effat, K., Hassan., Gholami, 2008. Health care personel compliance with standards of eye and face protection and mask usage in operating room. Irania n Journal of Nursing and Midwifery Research, 13 (2), pp. 59-64.

Akdukman, D., Kim, E., Parks., Mutha, Jeffe, B., and Fraser, J, 1999. Use of personal protective equipment and operating room behavior in four surgical subspecialties: personal protective equipment and behavior in surgery. Journal of Infection Control and Hospital Epidemiology, 20(2), pp. 110-114.

Bastable, Susan B. 2006. Perawat Sebagai Pendidik. Jakarta : EGC

Depkes RI, 2008. Pedoman Manajemen Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Rumah Sakit dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Lainnya. Jakarta : Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Depkes RI, 2013. Profil Indonesia Sehat. Jakarta

Depkes, 2012. Indonesia Sehat. Jakarta.

Ganczak, M. and Szych, Z, 2007. Surgical nurses and compliance with personal protective equipment. Journal of Hospital Infection, 66, pp. 346-351.

Milgram S, 1963. Behavior Study of Obedience, Journal of Abnormal and social Psycology, 67, 371-378.

Notoatmodjo, Soekidjo, 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Edisi Revisi. Rineka Cipta : Jakarta.

Nuraisah Ai, DKK. 2012. Asuhan Persalinan Normal Bagi Bidan. Bandung : PT Refika aditama.

Ridley, Jhon, 2009. Kesehatan Dan Keselamatan Kerja. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i2.7043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License