Evaluasi Desain Kegiatan Praktikum Materi Transpor Zat dan Implementasi Hasil Rekonstruksinya pada Kurikulum Merdeka

Waliyyatu Azzahra, Bambang Supriatno

Abstract


Desain Kegiatan Praktikum (DKL) menjadi salah satu komponen pendukung pembelajaran. Namun realitanya DKL yang ditemukan masih memiliki kekeliruan dan perlu adanya perbaikan, baik pada aspek konseptual, praktikal, maupun konstruksi pengetahuan. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi 5 buah DKL yang digunakan guru pada materi transport zat dan menganalisis potensi implementasi hasil rekonstruksi DKL tersebut pada kurikulum merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan tahapan ANCOR (Analisis, Coba, Rekonstruksi). Dari hasil analisis dan uji coba DKL diketahui bahwa belum ada DKL yang memperoleh skor maksimal dari setiap aspek yang dinilai sehingga perlu dilakukan perbaikan dan rekonstruksi DKL. Tahapan rekonstruksi menghasilkan alternatif DKL praktikum transport zat yang diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami materi dan mengkonstruksi pengetahuan mereka sehingga kegiatan praktikum menjadi lebih bermakna. DKL hasil rekonstruksi juga diarahkan pada literasi numerasi untuk mendukung kesuksesan implementasi kurikulum merdeka.


Keywords


Praktikum, Transpor Zat, Difusi Osmosis, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Achouch, S., Bouhaddou, N., Bousseta, R., Nonnon, P., Taghzouti, K., & Gharbi, M. 2022. Development of a “Small Contractions” Sensor for Practical Work in Biology Using 3D Printing Technology. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 17(13), 119–129. https://doi.org/10.3991/ijet.v17i13.30871

Azzahra, W., & Alberida, H. 2020. The Effect of Problem-Solving Model Towards Higher Order Thinking Skills and Students Learning Activities Pengaruh Penerapan Model Problem Solving Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Aktivitas Belajar Peserta Didik. Bioeducation Journal, 4(1), 2354–8363. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/bioedu.v4i1.247

Fadzil, H. M., & Saat, R. M. 2020. Exploring secondary school biology teachers’ competency in practical work. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(1), 116–123. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i1.21477

Giriyanti, P., Supriatno, B., & Rustaman, N. Y. 2021. The development of diffusion and osmosis practicum activities based on the practical work domain along with curriculum progresses in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012161

Hidayah, N., Adisendjaja, Y. H., & Supriatno, B. 2019. Picture representation of biology prospective teachers practical work based on gender. Journal of Physics: Conference Series, 1157(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022102

Istaryaningtyas, I., L., S., & E., H. 2021. Management of the Independent Learning Curriculum during the Covid-19 Pandemic. Journal of Education Research and Evaluation, 5(2), 176–184. https://doi.org/10.23887/jere.v5i2.32998

Masruri, M. 2020. Identifikasi Hambatan Pelaksanaan Praktikum Biologi Dan Alternatif Solusinya Di Sma Negeri 1 Moga. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 11(2), 1–10. https://doi.org/10.25299/perspektif.2020.vol11(2).5259

Novak, J. D., & Gowin, D. B. (1984). Learning How to Learn. New York: Cambridge University Press.

Prastowo, A. I., Firman, A. J., Mulyanto, T., & Wiranata, Rz. R. S. 2020. The Independent Learning Curriculum Concept of Imam Zarkasyi’s Perspective in Pesantren for Facing The Era of Society 5.0. Proceedings of the 4th International Conference on Learning Innovation and Quality Education, 1–6. https://doi.org/10.1145/3452144.3452147

Rahmah, N., Iswadi, Asiah, Hasanuddin, & Syafrianti, D. 2020. Faktor Dan Solusi Terhadap Kendala Praktikum Biologi Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(4), 84–95.

Rahman, D., Adlim, A., & Mustanir, M. 2015. Analisis Kendala dan Alternatif Solusi Terhadap Pelaksanaan Praktikum Kimia pada SLTA Negeri Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(2), 1–13.

Sakdiah, H., & Maryam Jamilah. 2022. Digital Literacy Students Facing to Independent Learning Independent Campus Curriculum. Community Medicine and Education Journal, 3(1), 217–222. https://doi.org/10.37275/cmej.v3i1.180

Sanjayanti, A., Rustaman, N., & Hidayat, T. 2020. Equipping students’ research skills and logical thinking through practical work on algae topic. Journal of Physics: Conference Series, 1521(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/4/042035

Sharpe, R., & Abrahams, I. 2020. Secondary school students’ attitudes to practical work in biology, chemistry and physics in England. Research in Science and Technological Education, 38(1), 84–104. https://doi.org/10.1080/02635143.2019.1597696

Sumarmin, R., & Roza, R. K. 2019. Pengembangan Penuntun Praktikum Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik untuk MTS/SMP Kelas VII Semester II. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 3(2), 152–158

Supriatno, B. 2018. Praktikum untuk Membangun Kompetensi. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 15(1), 1– 18.

Wei, B., Jiang, Z., & Gai, L. (2022). Examining the Nature of Practical Work in School Science Textbooks: Coverage of the Diversity of Scientific Methods. Science and Education, 31(4), 943–960. https://doi.org/10.1007/s11191-021-00294-z




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i1.7104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License