Pengembangan Media Booklet Terintegrasi Imtaq Untuk Meningkatkan Karakter Siswa Pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Biologi SMA

Detra Mulya, Zulfarina Zulfarina, Wan Syafi'I

Abstract


Peneliti merumuskan solusi merancang inovasi melalui pengembangan media pembelajaran terintegrasi imtaq yaitu booklet terintegrasi imtaq untuk meningkatkan karakter siswa. Adapun materi pokok yang dikembangkan dalam booklet tersebut adalah Sistem pertahanan tubuh kelas XI Biologi SMA. Penelitian ini adalah Research and Development (R&D), penelitian ini telah dikembangkan sebuah produk berupa booklet terintegrasi imtaq mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan),implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Hasil penelitian pada uji validitas oleh validator ahli media, ahli materi, dan ahli imtaq menunjukkan bahwa booklet terintegrasi imtaq yang telah dikembangkan mendapat persentase nilai sebesar 3,64% dengan kategori sangat valid. Pada uji hipotesis terhadap karakter siswa dari Booklet Terintegrasi Imtaq pada materi system pertahanan tubuh menunjukkan bahwa H1 diterima yaitu dapat diartikan berpengaruh terhadap karakter siswa kelas XI SMA IT Al-Ittihad Kota Pekanbaru, dengan nilai rata-rata 95,3 termasuk kategori sangat tinggi. Memperoleh nilai N-Gain dengan rata – rata 0.7 kategori tinggi.


Keywords


Booklet, Imtaq, Karakter

Full Text:

PDF

References


Anina, S.B. 2017. Pengembangan Media Booklet Digital Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Keanekaragaman Hayati Pada Tumbuhan Kelas VII MTs/SMP.(Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). Universitas Islam Negri Raden Intan. Lampung

Arsyad, Azhar. 2009. Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grasindo Persada.

Arsyad, A. 2016.Media Pembelajaran.Jakarta: Raja Grafindo Permai.

Avisha, P., Didik Kurniawan, A. R. I. F., & Mukti Rahayu, H. A. N. U. M. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Pada Materi Sistem Imun Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 8 Pontianak (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Pontianak).

Bahjatul Wasail. 2017. Pengembangan Karakater Religius Siswa Melalui Kegiatan Imtaq di SMPN 1 Jenangan Ponorogo. Institut Agama Islam Negri. Ponorogo

Bambang. 2015. Model Edukasi Gizi Berbasis E-booklet untuk Meningkatkan Pengetahuan Gizi Ibu Balita. Universitas PGRI. Semarang

Baragay, F. E. K. 2016. Efektifitas DHE dengan Media Booklet dan Media Flip Chart terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Siswa SDN 126 Manado. Manado

Dwi Mentari. 2018. Pengembangan media pembelajaran e-book berdasarkan hasil riset elektroforesis 2-d untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Universitas Bengkulu. Bengkulu

Ervina, M. N. 2020. Pengembangan modul berbasis flip dan pop up full games terintegrasi keislaman pada konsep sistem pertahanan tubuh untuk peserta didik kelas XI MA Darul Ulum Palangka Raya (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).

Fauziyah, Z. Z. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Booklet pada Mata Pelajaran Biologi untuk Siswa Kelas XI MIA I Madrasah Aliyah Madani Alauddin Pao-Pao dan MAN 1 Makassar. Skripsi. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Makassar

Gusti, U. A., & Syamsurizal, S. 2020. Uji Validitas Booklet Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 70-78.

Hanifah. 2020. Pengembangan Media Ajar E-Booklet Materi Plantae Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa. Universitas Pakuan. Pakuan

Haryanti, M. (2017). Pengaruh Media Booklet Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Tentang Asi Eksklusif Pada Ibu Di Posyandu Serai Wangi Kelurahan Karang Mumus Wilayah Kerja Puskesmas Sidomulyo Kota Samarinda Tahun 2016

Hemelia Iqlasiayas. 2019. Hubungan antara Kegiatan IMTAQ (Iman dan Taqwa) dengan Sikap Religius Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru. Universitas Islam Negri Sultan Syarif qasim. Pekanbaru

Hoiroh. 2020. Pengembangan Media Booklet Elektronik Materi Jamur Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Universitas Negri Surabaya. Surabaya

Husna.N. 2015. Penerapa n Pembelajaran Biologi Berbasis Iman dan taqwa (IMTAQ) Pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Ciwaringin.

Jatmiko, P. D., Wijayantin, A., & Susilaningsih, S. 2017. Pengaruh Pemanfaatan Booklet Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV Sekolah DasaR. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan

Kamalia. 2020. Pengembangan E-Booklet Berbasis Karakter Kemandirian Dan Tanggung Jawab Melalui Aplikasi Edmodo Pada Materi Bangun Datar. Universitas Negri Malang. Malang

Masrifah, S., Musdansi, D. P., & Ningsih, J. R. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Pada Materi Sistem Koloid Untuk Kelas XI IPA (SMA Negeri 1 Benai). JOM FTK UNIKS (Jurnal Online Mahasiswa FTK UNIKS), 2(1), 159-166.

Mia Rahmawati Fadila. 2021. Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Metode Pembiasaan Kegiatan Keagamaan Kbm Di Mi Ma’arif 07 Karangmangu Kroya. Institut Agama Islam Negeri. Purwokerto

Muchlinarwati. 2020. Pendidikan Karakter Berbasis Iman Dan Taqwa Terhadap Peserta Didik. STAI Nusantara. Banda Aceh

Nurjannah, A. 2016. Penanaman Nilai–nilai Islam Berupa Integrasi Al-quran dalam Pengajaran Ilmu Kauniyah melalui Rpp. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 47-64

Pariawan. 2015. “Pengembangan Booklet Sebagai Media Pendidikan Kesehatan Reproduksi Pada Remaja Tuna Netra”. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Indonesia

Parwiyati, S., W. Sumekar dan D. Mardiningsih.2014. Pengaruh Penggunaan Media Booklet Pada Peningkatan Pengetahuan Peternak Kambing Tentang Penyakit Scabies Di Ktt Ngupoyo Sato Desa Wonosari Kecamatan Patebon. Animal Agriculture Journal 3(4): 581-585, Desember 2014Animal Agriculture Journal 3(4): 581-585, Desember 2014

Pralisaputri, K.R., Heribertus. S, dan Chatarina. M. 2016. Pengembangan Media Booklet Berbasis Sets Pada Materi Pokok Mitifasi dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X SMA. Jurnal GeoEco.Vol. 2, No. 2, Juli 2016. ISSN: 2460-0768.

Pujiasih. 2021. Android-Based E-Booklet Development to Train Students’ Critical Thinking And Attitude of Caring for Environment. Universitas Negri Semarang. Semarang

Puspita, A., Arif. D.K dan Hanum .M.R. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Pada Materi Sistem Imun Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 8 Pontianak.Jurnal Bioeducation. Vol. 4, No. 1, Februari 2017.

Putri, N. H., Syamsurizal, S., & Atifah, Y. 2021. Validitas Booklet Sistem Ekskresi pada Manusia sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Kelas XI SMA. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3).

Rahmatih, A. N., Yuniastuti, A., & Susanti, R. 2018. Pengembangan Booklet Berdasarkan Kajian Potensi dan Masalah Lokal Sebagai Suplemen Bahan Ajar SMK Pertanian. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3.

Rahmawati, R. D., & Bakhtiar, N. 2019. Pembelajaran IPA Berbasis Integrasi Islam-Sains pada Pokok Bahasan Penciptaan Alam Semesta dan Tata Surya. Journal of Natural Science and Integration, 1(2), 195-212.

Rahmi, R., & Syamsurizal, S. 2021. Meta-Analisis Validitas Booklet Materi Ekosistem Sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Kelas X SMA. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 1(2), 51-57.

Rehusisma, L.A., Sri Endah. I dan E. Suharsini. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Booklet dan Video Sebagai Penguatan Karakter Hidup Bersih dan Sehat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Nomor: 9, Bulan September Tahun 2017. EISSN: 2502-471X.

Robiah., Q. Mulyana Alwizar,. R. Vebrianto. 2017. Pengembangan Media Power Point Terintegrasi Imtaq pada Materi Sistem Reproduksi.

Setiawan, H., & Wardhani, H. A. K. 2018. Pengembangan Media E-Booklet Pada Materi Keanekaragaman Jenis Nepenthes. Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Sholehah, N., Irawati, M. H., & Sueb, S. 2017. Pengembangan Booklet Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) untuk Santri Ekopesantren Lombok Tengah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(8), 1081-1086.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani

Suryaningsih. 2018. Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Al-Qur’an Sebagai Metode Untuk Pembentukan Karakter Siswa. Univeristas Majalengka. Majalengka

Yulianti, N. A. F. D. M., & Kumala, F. N. 2019. Pengembangan Media E-Booklet Materi Zat untuk Meningkatkan Karakter Siswa SD Islamic Global School Malang. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 6(2), 112-119.

Zamzam.F. 2017. Pengembangan Media Berbasis Booklet Pada Mata Pelajaran Biologi Untuk Siswa Kelas Xi Mia I Madrah Aliyah Alauddin Pao-Pao Dan Man 1 Makassar. Universitas Islam Negeri Allaudin. Makassar.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i1.7127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License