Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Sel Menggunakan Strategi Pembelajaran Praktikum-Presentase-Diskusi yang digunakan untuk Menilai Pemahaman Konsep Siswa

Irda Wahidah Nasution, Nurul Hidayah Nasution

Abstract


Pemahaman konsep biologi harus diajarkan sejak siswa berada pada sekolah dasar. Siswa-siswa yang berada pada sekolah dasar sedang mengalami periode emas dalam pertumbuhan fisik dan pikiran.  Salah satu variasi pembelajaran yang dapat dilakukan adalah menerapkan metode PPD (Praktikum, metode Presentasi-Diskusi). Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan perangkat pembelajaran dari penerapan metode pembelajaran PPD dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre-experimental dengan One Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MA kelas XI tahun akademik 2022/2023. Subjek penelitian dipilih secara acak berjumlah 30 siswa.  Hasil penelitian menunjukkan pengembangan perangkat pembelajaran melalui metode pembelajaran PPD dalam materi sel terbukti berpengaruh dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa. Peningkatan penguasaan konsep dapat dilihat dari perubahan tingkat pemahaman siswa dimana diperoleh rata-rata peningkatan penguasaan konsep sebesar 44,18 yang dilihat dari pengetahuan awal (pretest) sebesar 37,12 meningkat setelah diterapkan strategi pembelajaran PPD (posttest) menjadi 83,30. Berdasarkan standar KKM menunjukkan pengembangan perangkat pembelajaran melalui pembelajaran PPD terhadap KKM pada penguasaan konsep berada pada rentang 71-85 yang dinyatakan dalam kategori tinggi

Keywords


Teknologi, Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Pemahaman Konsep Siswa, KKM

Full Text:

PDF

References


Adhani, A & Rupa. D. 2020. Analisis Pemahaman Konsep Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Matakuliah Fisiologis Tumbuhan. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. 11(1): 18-26.

Afifi, R. 2017. Penerapan Metode Demonstrasi Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA. Jurnal Wahana Pendidikan.4(1): 68-85.

Amir, M., Muris., Arsyad, M. 2015. PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 9 PINRANG. JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA. 11 (3), hal: 202-213

Arizal, K.S. 2015. Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Praktikum Terhadap Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Kapilaritas Pada Siswa Kelas 4 SD NU Blimbing. Skripsi Tidak Diterbitkan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang.

Bartell, Tonya Gau, Corey Webel, Brian Bowen, and Nancy Dyson. 2013. ―Prospective Teacher Learning: Recognizing Evidence of Conceptual Understanding. Journal of Mathematics Teacher Education. 16(1), hal: 57–79.

Creswell, J.W. 2009. Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches- 3rded. Los Angeles : SAGE Publications, Inc.

Faye, Jan. 2014. The Nature of Scientific Thinking The Nature of Scientific Thinking: On Interpretation, Explanation, and Understanding Jan. New York: Palgrave Macmillan.

Gardner H. 1992. Frames of Mind : The Theory of Multiple Intelligences (20th anniversary ed.). New York : BasicBooks.

Hofstein, A., & Lunetta, V. N. 2004. The Laboratory In Science Education: Foundation For The 21st Century. Journal of Science Education.88: 28–54.

Lumuan, H. H. 2010. Penerapan Metode Presentasi Dan Diskusi Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas Xii IPA3 Sma Negeri 1 Banggai. Tesis Tidak Diterbitkan.

Meltzer, D. E. 2002. The Relationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Grains in Physics: A Possible ―Hidden Variable‖ in Diagnostice Pretest Scores. American Journal Physics.70(12): 1-27.

Morgil, I. dan Yoruk, N. 2006. Cross-Age Study of The Understanding Some Concepts In Chemistry Subjects In Science Curriculum. Journal of Turkish Science Education. 3(1) : 15 – 27.

Pranayoga, B. N. 2013. Implementasi Metode Diskusi dan Presentasi Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa Pada Mata Pelajaran Kopling Kelas XI SMK Muhammadiyah 4 Klaten Tengah. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta : Yogyakarta.

Radiusman. 2020. STUDI LITERASI: PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. 6 (1), hal: 1-8

Shumow, L., et al. 2013. Multiple Perspectives on Student Learning, Engagement, and Motivation in High School Biology Labs. The University of North Carolina Press. North Carolina.

Yulaida, D. 2016. Pengaruh Metode Praktikum Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kemiri I Puspo Pasuruan. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim:Malang.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i2.7151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License