Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Sel Menggunakan Strategi Pembelajaran Praktikum-Presentase-Diskusi yang digunakan untuk Menilai Pemahaman Konsep Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhani, A & Rupa. D. 2020. Analisis Pemahaman Konsep Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Matakuliah Fisiologis Tumbuhan. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. 11(1): 18-26.
Afifi, R. 2017. Penerapan Metode Demonstrasi Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA. Jurnal Wahana Pendidikan.4(1): 68-85.
Amir, M., Muris., Arsyad, M. 2015. PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 9 PINRANG. JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA. 11 (3), hal: 202-213
Arizal, K.S. 2015. Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Praktikum Terhadap Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Kapilaritas Pada Siswa Kelas 4 SD NU Blimbing. Skripsi Tidak Diterbitkan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang.
Bartell, Tonya Gau, Corey Webel, Brian Bowen, and Nancy Dyson. 2013. ―Prospective Teacher Learning: Recognizing Evidence of Conceptual Understanding. Journal of Mathematics Teacher Education. 16(1), hal: 57–79.
Creswell, J.W. 2009. Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches- 3rded. Los Angeles : SAGE Publications, Inc.
Faye, Jan. 2014. The Nature of Scientific Thinking The Nature of Scientific Thinking: On Interpretation, Explanation, and Understanding Jan. New York: Palgrave Macmillan.
Gardner H. 1992. Frames of Mind : The Theory of Multiple Intelligences (20th anniversary ed.). New York : BasicBooks.
Hofstein, A., & Lunetta, V. N. 2004. The Laboratory In Science Education: Foundation For The 21st Century. Journal of Science Education.88: 28–54.
Lumuan, H. H. 2010. Penerapan Metode Presentasi Dan Diskusi Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas Xii IPA3 Sma Negeri 1 Banggai. Tesis Tidak Diterbitkan.
Meltzer, D. E. 2002. The Relationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Grains in Physics: A Possible ―Hidden Variable‖ in Diagnostice Pretest Scores. American Journal Physics.70(12): 1-27.
Morgil, I. dan Yoruk, N. 2006. Cross-Age Study of The Understanding Some Concepts In Chemistry Subjects In Science Curriculum. Journal of Turkish Science Education. 3(1) : 15 – 27.
Pranayoga, B. N. 2013. Implementasi Metode Diskusi dan Presentasi Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa Pada Mata Pelajaran Kopling Kelas XI SMK Muhammadiyah 4 Klaten Tengah. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta : Yogyakarta.
Radiusman. 2020. STUDI LITERASI: PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. 6 (1), hal: 1-8
Shumow, L., et al. 2013. Multiple Perspectives on Student Learning, Engagement, and Motivation in High School Biology Labs. The University of North Carolina Press. North Carolina.
Yulaida, D. 2016. Pengaruh Metode Praktikum Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kemiri I Puspo Pasuruan. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim:Malang.
DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i2.7151
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan