Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja Perawat Pelaksana Di Ruang Rawat Inap RSU Sembiring Deli Tua

Anggi Maulida Sari, Tasnimin Tasnimin

Abstract


Kepemimpinan adalah proses seseorang mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu yang akan dicapai seperti yang diharapkan. Motivasi kerja adalah kemauan untuk bekerja yang muncul karena dorongan dari dalam diri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya kepemimpinan terhadap motivasi kerja perawat pelaksana. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Responden penelitian ini adalah 70 orang perawat di ruang c RSU Sembiring Delitua dengan menggunakan teknik total sampling. Data diperoleh melalui wawancara dan observasi dengan menggunakan kuesioner serta dianalisis dengan menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif gaya kepemimpinan otoriter (p-value = 0,002), gaya kepemimpinan demokratik (p-value = 0,003), dan gaya kepemimpinan laissez-faire (p-value = 0,005) pada kinerja eksekutif. motivasi kerja perawat di ruang rawat inap RSU Sembiring Delitua. Berdasarkan hasil uji regresi logistik dengan metode Becward memiliki taraf signifikansi = 0,05 setelah diseleksi pada nilai probabilitas (p) yang memiliki taraf minimal 0,25 menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan otoriter (p-value = 0,007) lebih dominan dibandingkan dengan gaya kepemimpinan demokratis dan gaya kepemimpinan laissez-faire. Artinya ada pengaruh gaya kepemimpinan terhadap motivasi kerja perawat pelaksana ruang rawat inap di RSU Sembiring Delitua. Peneliti menyarankan kepada responden untuk meningkatkan motivasi kerja seperti memberikan asuhan keperawatan yang meliputi pengkajian, diagnosis, intervensi, implementasi, dan evaluasi di ruang rawat inap

Keywords


Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Perawat Pelaksana

Full Text:

PDF

References


Alexander, C., Wyatt-Smith, C., & Du Plessis, A. (2020). The role of motivations and perceptions on the retention of inservice teachers. Teaching and Teacher Education, 96, 103186.

Bagian Administrasi Rumah Sakit Umum Sembiring Delitua (2022).

Bush, S., Michalek, D., & Francis, L. (2020). Perceived Leadership Styles, Outcomes of Leadership, and Self-Efficacy Among Nurse Leaders: A Hospital-Based Survey to Inform Leadership Development at a US Regional Medical Center. Nurse Leader, 1–5.

Deniati, K., & Yanti, P. (2019). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Ruangan Terhadap Kinerja Perawat Pelaksana Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bekasi. Manuju: Malahayati Nursing Journal, 1(2655), 90–98.

Kanat-Maymon, Y., Elimelech, M., & Roth, G. (2020). Work motivations as antecedents and outcomes of leadership: Integrating self-determination theory and the full range leadership theory. European Management Journal, 38(4), 555–564.

Kemenkes. (2016). Managemen Dan Kepemimpinan Dalam Praktek Keperawatan

Putra, I. K. A. A. A., Syaifudin, A., & Adinatha, N. N. M. (2014). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Ruangan Dengan Kinerja Pperawat Pelaksana Di Rumah Sakit Umum Daerah RAA Soewondo Pati. Prosiding Konferensi Nasional II PPNI Jawa Tengah 2014

Salawangi, G. E. (2019). Hubungan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Perawat Di Instalasi Rawat Inap Rsud Liun Kendage Tahuna Kabupaten Sangihe. Kesmas, 7(5)

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i1.7227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License