ISOLASI DAN IDENTIFIKASI AZOTOBACTER DARI RHIZOSFER TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.) DI DESA SEI MENCIRIM KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG

Lidya Angraeni Masyitah, Rasyidah Rasyidah, Ulfayani Mayasari

Abstract


Bakteri penambat nitrogen hidup bebas di tanah yaitu Azotobacter. Bakteri penambat nitrogen memiliki enzim nitrogenase yang berperan mereduksi gas N2 dari udara menjadi amoniak yang dapat dimanfaatkan oleh sel bakteri dan tumbuhan dalam metabolisme nitrogen. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi bakteri penambat nitrogen Azotobacter sp. yang terdapat disekitar perakaran tanaman yang berasal dari rhizosfer tanaman jagung di Desa Sei Mencirim Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Metode yang digunakan pada penelitian ini dimulai dengan isolasi tanah dari sampel ke dalam media Lacto Glucose Infused (LGI) yang merupakan media untuk pertumbuhan Azotobacter dengan pengenceran serial. Berdasarkan hasil isolasi ditemukan 5 isolat Azotobacter memiliki ciri Gram negatif dengan bentuk coccus dan steptobasil Kelima Isolat memiliki warna yang berbeda yaitu ada yang berwarna putih dan putih keruh. Hasil uji biokimia pada uji katalase positif, bersifat motil, hasil uji indol bereaksi positif, uji hidrolisis pati bereaksi positif, hasil gelatin menunjukkan negatif, uji sitrat bereaksi positif. Berdasarkan hasil uji biokimia ditemukan spesies Azotobacter Chroococcum dan spesies Azotobacter Agilis.

Keywords


Kata Kunci: bakteri Azotobacter, rhizosfer, tanaman jagung (Zea mays L.)

Full Text:

PDF

References


Akhter, S., Hossain, S. J., & Hossain A, Datta, R.K. 2012. Isolasi dan Karakterisasi Toleransi Salinitas Azotobacter sp. Jurnal Ilmu Biologi yang lebih hijau. 2(3).

Antralina, M., Kania, D., & Santoso, J. 2015. Pengaruh Pupuk Hayati Terhadap Kelimpahan Bakteri Penambat Nitrogen dan Pertumbuhan Tanaman Kina (Cinchona ledgeriana Moens ) klon Cib . 5. Jurnal Penelitian Teh Dan Kina, 18(2), 177–185.

Breed, R. S., E.G.D. Murray, and N.R. Smith. 1957. Bergey's Manual of Determinative Bacteriology, Seventh Edition. Baltimore. The William and Wilkins Company. United Staties of Amerika.

Erfin, E., Sandiah, N., & Malesi, L. 2016. Identifikasi Bakteri Azospirillum Dan Azotobacter Pada Rhizosfer Asal Komba-Komba (Chromolaena odorata). Jurnal Ilmu Dan Teknologi Peternakan Tropis, 3(2), 30.

Hala, Y., Arifin, A. N. 2021. Kesesuaian Mikroba Penambat N2 Asal Rhizosfer Tanaman Mimba Dengan Pertumbuhan Tanaman Jagung. Seminar Nasional Hasil Penelitian. ISBN: 978-B623- 387- 014-6.

Holt. J.G., et al. 1994. Bergey's Manual of Determinative Bacteriology, Ninth Ed. A Wolters Kluwer Company. Philadelphia. Hal 77.

Husen E., Surono., Pratiwi Etty., Ladiyanin R.W. 2022. Metode Analisis Biologi Tanah, Edisi 2. Bogor: Balai Penelitian Tanah.

Istiqfarin, N. 2017. Isolasi, Identifikasi Secara Molekuler Menggunakan Gen 16 Rrna, Dan Uji Aktivitas Antibakteri Bakteri Simbion Endofit Yang Diisolasi Dari Alga Halimeda Opuntia. Occupational Medicine. 53(4), 130.

Krieg, N.R. & J. Dobereiner. 1984. Genus Azospirillum. p 94-104. in J.G. Holt & N.R. Krieg (Eds). Bergey's Mannual of Systematic Bacteriology, Vol 1. Williams and Wilkins. Baltimore.

Niswati, A.,Yusnaini, S., Arif A.S. 2008. Populasi Mikroba Pelarut Fosfat dan P-tersedia pada Rizosfir beberapa Umur dan Jarak dari pusat perakaran jagung (Zea mays L.). J. Tanah Trop. 13 (2). 123-130.

Widiawati, S., Suliasih, Saefudin. 2015. Isolasi Dan Uji Efektivitas Plant Growth Promoting Rhizobacteria di lahan marginal pada pertumbuhan tanaman kedelai (Glycine max L. Merr.). Pros Sem Nas Masy Biodiv Indon .1(1), 59-65.

Wisdawati,E., Tutik K., Rosmana A., Andi N. 2019. Keanekaragaman Cendawan Rizosfer Pada Tanaman Talas Saitomo. J AgroPlantae. vol 8 (2).

Wulandari, N., Irfan, M., & Saragih, R. 2020. Isolasi Dan Karakterisasi Plant Growth Promoting Rhizobacteria Dari Rizosfer Kebun Karet Rakyat. Dinamika Pertanian, 35(3), 57–64.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i2.7334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License