IDENTIFIKASI JENIS-JENIS TELUR CACING PARASIT PADA FESES SAPI DI DESA KLAMBIR V KECAMATAN HAMPARAN PERAK KABUPATEN DELI SERDANG PROVINSI SUMATERA UTARA

Putri Aminah Nasution, Husnarika Febriani, Syukriah Syukriah

Abstract


ABSTRAK

Salah satu penyebab  penyakit bagi peternak adalah  yang diakibatkan oleh telur cacing parasit. Telur cacing menyerang jaringan lambung ternak sapi dan cacing dapat juga tumbuh pada jaringan lain misalnya paru-paru, hati, otak dan limpa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menegetahui berbagai macam jenis-jenis telur cacing parasit, tingkat serangan telur cacing parasit, tingkat prevalensi, tingkat intensitas parasit pada feses sapi di Desa Klambir V Kecamatan Hamparan Perak kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara. Sampel feses sapi yang digunakan berjumlah 80 sampel. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dan feses yang diambil sebanyak ± 10 gram setiap ekor sapi. Metode identifikasi dengan menggunakan metode sedimentasi dan Mc Master. Menghitung analisis data menggunakan rumus prevalensi dan intensitas serangan parasit. Hasil penelitian jenis telur cacing yang ditemukan Haemonchus contortus, Echinostoma sp., Paramphistomum sp. Fasciola sp. Tingkat serangan parasit telur cacing  yang paling tinggi dilihat pada telur cacing parasit Paramphistomum sp. sebanyak 1.207 butir/gram memiliki kategori ringan. Tingkat prevalensi pada pola ekstensif Haemonchus contortus 30%, Echinostoma sp. 15%, Paramphistomum sp. 100%, Fasciola sp. 100% sedangkan pada pola Pemeliharaan intensif yaitu Haemochus contortus 22,5%, Echinostoma sp. 7,5%, Paramphistomum sp. 100% dan Fasciola sp. 100%. Tingkat intensitas serangan telur cacing tertinggi terdapat pada Paramphistomum sp. yaitu sebesar 30,17 kategori sedang, sedangkan nilai terendah telur cacing Echinostoma sp. yaitu 1,3 dengan kategori sedang. Kesimpulannya adalah Sapi yang dipelihara secara pola ekstensif memiliki resiko serangan parasit yang lebih tinggi dibandingkan secara pola intensif.

 

Kata kunci : Sapi, Feses, Telur cacing parasit


Keywords


Sapi, Feses, Telur cacing parasit

Full Text:

PDF

References


Arimurti, R. R. A., Merinda, F. V., dan Zahro, F. 2020. Gambaran Parasit Cacing Nematoda Usus dan Cestoda pada Feses Sapi (Boss sp.) di Peternakan Sumber Jaya Ternak, Kecamatan Tikung, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Journal Of Muhammadiyah Medical Laboratory Technologist. 3 (1) : 39-52

Aida, N. 2021. Jenis dan Prevalensi Endoparasit Gastrointestinal pada Sapi Bali (Bos sondaicus) di Taman Satwa Citra Pesona Ladangku, Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Skripsi. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Hakim, L., N., Irawan, H., dan Wulandari, R. 2019. Identifikasi Intensitas dan Prevalensi Endoparasit Pada Ikan Bawal Bintang Trachiotus blochii di Lokasi Budidaya kota Tanjungpinang. Intel Akuakultur. 3(1) : 4-55.

Istrirokah, Y. 2019. Identifikasi Telur Cacing Parasit Usus Pada Sapi di Dusun Tanjung Harapan Desa Bojong Kecamatan Sekamoung Udik Lampung Timur. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan. Lampung.

Karnila. 2018. Identifikasi Cacing Fasciola hepatica Pada Hati Sapi di Rumah Potong Hewan Anggoeya Kecamatan Poasia Kota Kendari. Skripsi. Politektik Kesehatan Kendari. Kendari.

Musdalifah. 2015. Prevalensi Paramphistomiasis pada Sapi Bali Di Kabupaten Maros. Skripsi. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Rozi, F., Handoko, J., dan Febriyanti, R. 2015. Infestasi Ccaing Hati (Fasciola sp.) dan Cacing Lambung (Paramphistomum sp.) pada Sapi Bali Dewasa di Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. Jurnal Sain Veteriner. 33 (1) : 8-14.

Satyawardana, W., Ridwan, Y., dan Satrija., F. 2018 Trematodosis pada Sapi Potong di Wilayah Sentra Peternakan Rakyat (SPR) Kecamatan Kasiman, Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Akta Vaterinaria Indonesia. 6 (2) : 1-7

Tantri, N., Setyawati, T. R., dan Khotimah, S. 2013. Prevalensi dan Intensitas Telur Cacing Parasit pada Feses Sapi (Bos sp.) Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Pontianak Kalimantan Barat. Jurnal Protobiont. 2 (2) : 102-106.

Utami, M., Y. S. 2016. Jenis dan Tingkat Serangan Parasit Gastrointestinal Kuda (Equus coballus) di Paternakan kuda Desa Sempajaya Berastagi, Provinsi Sumatera Utara. Skripsi. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Zikrullah, M., R., dan Putra, A. 2018. Identifikasi Telur Cacing pada Sampel Feses Sapi Potong pada KTT Kesuma Maju Desa Jatikesuma Kecamatan Namorambe. Jurnal Of Animal Science and Agronmy Panca Budi. 3 (1) : 1-6.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i2.7338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License