PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI DILENGKAPI LKPD QUIZ BERBASIS GAMES TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMP NEGERI 2 WAINGAPU

Wulan Kondameha, Vidriana Oktoviana Bano, Riwa Rambu Sumba

Abstract


Permasalahan yang ditemukan berdasarkan hasil wawancara dan observasi menunjukan bahwa pada mata pelajaran ipa pembelajaran yang dilakukan yaitu pembelajaran konvensional, sumber belajar yang digunakan buku paket/cetak serta pemberian Quiz online yang kurang interaktif  sehingga berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Scramble berbantuan media video animasi dilengkapi LKPD Quiz berbasis games terhadap hasil belajar di SMP Negeri 2 Waingapu. Jenis penelitian merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif komparatif. Terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Adapun tahapan penelitian : persiapan, pelaksanaan dan penyelesaian. Sampel  dalam penelitian ini peserta didik kelas VII D yang dijadikan sebagai kelas kontrol sebanyak 32 orang dan Kelas VII F sebagai kelas eksperimen sebanyak  32 orang. Teknik dan instrumen pengambilan data yang digunakan adalah tes dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif, uji normalitas dan homogenitas, pengujian hipotesis yaitu uji parametrik (Uji-T sampel dependent) mengunakan SPSS. Hasil penelitian dapat dilihat dari perbandingan nilai rata-rata kelas kontrol 51,56  (pretest),  64,69 (posttest) dan kelas eksperimen nilai rata-rata yang peroleh 59,06 (pretest), 74,69 (posttest). Hasil pengujian hipotesis menggunakan  uji dependent sampel t test yang memiliki nilai Asymp. Sig (2-tailed) 0,000 artinya nilai tersebut < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Scramble berbantuan media video animasi dilengkapi LKPD Quiz berbasis games berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik  kelas VII F yang merupakan kelas eksperimen  di SMP  Negeri 2 Waingapu

Keywords


Model Pembelajan; Scramble; Video Animasi;Quiz Berbasis Games ; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 62–78.

Aminah, S. (2019). Pengembangan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kosakata Pada Anak Usia 4-5 Tahun. In Αγαη. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung.

Budiyono. (2017:90). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press.

Hasrudin, A & Asrul. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Di SD Inpres 16 Kabupaten Sorong. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 2(2). 94-102.

Isti, L. A., Agustiningsih., & Wardoyo, A. A. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 21-28.

Jungo, A. U. L., Bano, V. O., & Ina, A. T. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Katolik Anda Luri Waingapu. JB&: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya. 10(1), 25-36.

Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 12–19.

Koi, Y. D., Bano, V. O., & Tanarau, O. K. (2022). Penerapan Nodel Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Junal Pendidikan Biologi, 7(1), 225-229.

Lokat, Y. T., Bano, V. O., & Enda, R. R. H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Binomial, 5(2), 126-135.

Nurhasanah, S & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128-134.

Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi Dan Model Pembelajaran: Inovatif, Kreatif Dan Prestatif Dalam Memahami Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia.

Riyono, M. R., Sulistiowati., & Churniawan A. D. (2016:5). Analisis Pengaruh Website Stikom Institutional Repositories (Sir) Pada Institut Bisnis Dan Informatika Stikom Surabaya. JSIKA. 5(12), 1-10.

Triastirin, E., & Hidayati, I. (2017). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kesehatan. Surabaya: Program Studi Arsitektur UIN Sunan Ampel.

Utami, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Di Mis Al-Manar Desa Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2017/2018. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Islam. Sumatera Utara (Medan).

Widiantari, N. N., Syahruddin, H., & Widiana, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Di Gugus V Kecamatan Buleleng.

Yulius, Y., & Sartika D. (2022). Pelatihan Membuat Video Ajar Melalui Aplikasi Capcut Dan Az Screen Sebagai Media Pembelajaran Di Smp 30 Palembang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 7(2), 97–105




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i2.7341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License