PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 LEWA

Trivanka Ersiane Eli, Vidriana Oktoviana Bano

Abstract


Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan media poster terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Lewa.  Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif komparatif. Dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen yang terdiri dari beberapa tahapan antara lain: persiapan, pelaksanaan dan tahap akhir. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XI MIPA 3 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik dan instrument pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, tes dan dokumentasi. Tekni analisis data dalam penelitian ini meliputi uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas dan uji hipotesis penelitian. Pengukuran hasil belajar difokuskan pada ranah kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan media poster terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Lewa. Perngaruh tersebut dapat dilihat dari perbandingan nilai rata-rata kelas kontrol 56 (pretest), 82,2 (posttest) dan kelas eksperimen 36,5 (pretest), 83,8 (posttest).  Uji hipotesis yang dugunakan dalam penelitian ini yaitu uji dependent sampel t test yang memiliki nilai Asymp. Sig (2-tailed) 0,000 artinya nilai tersebut kurang dari 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan media poster berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Lewa.

Keywords


Model Pembelajaran; Team Games Tournament; Media Poster; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Adiputra, D. K., & Heryadi, Y. (2021:107). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD, 5(2), 104-111.

Amalia, R.N., Dianingati, R. S., & Annissa E. (2022:10). Pengaruh Jumlah Responden Terhadap Hasil Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan Dan Perilaku Swamedikasi. Journal of Research in Pharmacy Accepted, 2(1), 9-15.

Ariyanti, N. (2020:154). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Organ Pencernaan Manusia Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Workshop Inovasi Pembelajaran Di Sekolah Dasar, 3(4), 193–200.

Ariyanto, A., Fajar Priyayi, D., & Dewi, L. (2018:2). Penggunaan Media Pembelajaran Biologi Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta Salatiga. Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 1-13.

Atikah, H. J. (2020:1). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Matematika the Influence of Cooperative Learning Model Teams Games Tournament Type to Mathematics Learning Result. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 34-45.

Didi, S. (2020:69). Pengantar Statistika Pendidikan serta Aplikasi Program SPSS (B. TEGUH (ed.); 2nd ed.). Center of language and culture studies.

Febrianti, E, S., Karyadi, B., & Kasrina. (2018:11). Penerapan Model Kooperatif Tipe-Group Investigation (GI) Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Ipa Sman 8 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 10–14.

Harry, I. G. P. N., Putra, P., Udy Ariawan, K., & Suka Arsa, I. P. (2017:109-110). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perakitan Komputer. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6(3), 106-115.

Jongu, A. U. L., Bano, V. O., & Ina, A. T. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Srambel Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Katolik Anda Luri Waingapu. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya. 10(1). 25-36.

Lawe, I. S. A. W., Bano, V. O., & Njoeroemana, Y. (2023:7874). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII. Jurnal Inovasi Pendidikan. 3(10), 7869-7876.

Lokat, Y. T., Bano, V. O., & Enda, R. R. H. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi. 5(2). 126-135.

Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021:316). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 312-325.

Maladjim, M. (2018:38). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII Taksifi 1 MTs. Negeri 1 Manado. Jurnal Ilmiah Iqra, 12(1), 35-41.

Maulidina, Z., Nuriman., & Hutama, F. S., (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Media TTS Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 140-147.

Moto, M. M. (2019:23). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesia Journal of Primary Education, 3(1), 20-28.

Ningrum, D. K., Prihandono, T., & Subiki. (2015:248). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments) Dengan Teknik Firing Line Disertai Media Kartu Dalam Pembelajaran IPA (Fisika) Di SMP 1). Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3), 248-254.

Nurfadillah, S., Saputra, T., Farlidya, T., Pamungkas, S. W., & Jamirullah, R. F., (2021:122). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Media Poster Pada Materi “Perubahan Wujud Zat Benda” Kelas V Di Sdn Sarakan Ii Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 117-134.

Prasetya, H. R., & Rokhman, M. N. (2016:446). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dengan Permainan Duel Sejarah Untuk Meningkatkan Minat Belajarsejarah Indonesia Siswa Kelas X MIA 4 Sma Negeri 1 Banguntapan Bantul Yogyakartatahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Elektronik Mahasiswa. 4(3), 440-456.

Puspasari, H., & Puspita, W. (2022:68-69). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa terhadap Pemilihan Suplemen Kesehatan dalam Menghadapi Covid-19. Jurnal Kesehatan. 13(1), 65-71.

Rahmawati, R. (2018:71). Teams Games Tournament (TGT) Sebagai Strategi Mengaktifkan Kelas Dengan Mahasiswa Yang Mengalami Hambatan Komunikasi. Jurnal Pendidikan Khusus, 14(2), 70-76.

Riyono, M. R., Sulistiowati., & Churniawan A. D. (2016:5). Analisis Pengaruh Website Stikom Institutional Repositories (Sir) Pada Institut Bisnis Dan Informatika Stikom Surabaya. JSIKA. 5(12), 1-10.

Sapriyah. (2019:471). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470–477.

Sari, M., Oktafia, M., & Ningsih, F. (2021:). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 101-112.

Siahaan, H. R., & Wahyuni, I. (2018:28). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inpafi, 6(1), 26-33.

Siregar, R., & Nurjannah. (2022:261). Pengembangan Media Pembelajaran Poster 3 Dimensi Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Tema Energi Dan Perubahannya Di Kelas III SD. Jurnal Penelitian Pendidikan, 01(3), 258-271.

Susanna. (2017:93). Penerapan Teams Games Tournament (TGT) Melalui Media Kartu Domino Pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas XI Man 4 Aceh Besar. Lantanida Journal, 5(2), 93-196.

Tafonao, T. (2018:103). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.

Tumulo, T. I. (2022:438). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Inquiri Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas XII SMA Negeri 4 Gorontalo. Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS, 2(2), 437-446.

Yam, J. H., & Taufik, R. (2021:96-97). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96–102.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i2.7342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License