PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SMP NEGERI 3 WAINGAPU

Irmalia Lunga Nani, Anita Tamu Ina, Audrey Louise Makatita

Abstract


Permasalahan yang ditemukan di sekolah SMP Negeri 3 Waingapu menunjukan bahwa pada mata pelajaran IPA pembelajaran yang dilakukan sudah menggunakan beberapa model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa seperti problem based learning, dan jigsaw.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa di SMP Negeri 3 Waingapu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media video animasi. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Penelitian yang dilakukan di kelas dengan siklus spiral. Adapun tahapan penelitian : persiapan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Waingapu yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023. Teknik dan instrumen pengambilan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu N-gain menggunakan EXCEL. Hasil penelitian dapat dilihat dari perbandingan nilai rata-rata setiap siklus pada pra siklus 42,25 (pretest),  56,45 (posttest) dengan N-gain 0,26 kategori rendah, dan nilai rata-rata pada pra siklus sebesar 51, pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 58,38 (pretest), 78,70 (posttest) dengan N-gain 0,50 kategori sedang dan nilai rata-rata 84 selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh 74,18 (pretest), 95,16 (posttest) dan nilai rata-rata pada siklus II sebesar 91. Hasil tersebut dapat dikatakan meningkat. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media video animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-B di SMP Negeri 3 Waingapu

Keywords


Model Pembelajaran, talking stick; Video Animasi; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Furoidah, & Fanny., M. (2010) . Pengaruh Penggunaan Media Animasi Pelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas VII MTS Surya Buana Malang. (Online). Jurnal Pendidikan. 8(2), 100-12.

Nagara1, B, Qodariah, L & Jumardi. (2020:58). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Di SMK Grafika Yayasan Lektur. Jurnal Pemikiran Pendidikan Dan Penelitian Kesejarahan. 7(1). 58-67.

Nawanksari, S & Maspiyah. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Kompetensi Dasar Sanitasi Bidang Kecantikan Di Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan. E-Jurnal. 9(2). 411-418.

Nurhasanah, S & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. Https://Doi.Org/10.17509/Jpm.V1i1.3264

Rostina, I. (2014). Pelaksanaan pengukuran ranah kognitif, afektif, dan psikomotor pada mata pelajaran IPS kelas III SD muhammadiyah palangkarya. Anterior jurnal, 13(1), 88-93

Setyosari, Punaji. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan. Edisi

Sulistio, A., & Haryanti, N. (2022). Model pembelajaran kooperatif ( cooperative learning model).




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i2.7383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License