Hubungan PU Dan BI Pada Peserta Didik Pengguna Scola Pembelajaran Biologi Di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva

Nadila Aulya Putri, Relsas Yogica, Syamsurizal Syamsurizal, Ganda Hijrah Selaras, Vauzia Vauzia

Abstract


Salah salah media yang dapat digunakan dalam pembelajaran biologi adalah media pembelajaran berbasis e-learning. Platform e-learning yang digunakan di SMA DEK yaitu Scola. Namun sampai saat ini belum diketahui bagaimana penerimaan peserta didik terhadap Scola. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui hubungan Perceived Usefulness (PU) dengan Behavioral Intention (BI) pada peserta didik pengguna Scola pembelajaran biologi di SMA DEK. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif korelasi menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi Pearson Product Moment dan uji t setelah data diketahui terdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai PU yang didapatkan yaitu 74,06 %  dan nilai BI yaitu 70,90 % sehingga dikatakan dalam kategori tinggi. Nilai r yang didapatkan yaitu 0,78 dan nilai thitung yaitu 8,5 dibandingkan dengan ttabel 1,679 yang berarti bahwa thitung > ttabel. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang kuat dan positif antara Perceived Usefulness (PU) dengan Behavioral Intention (BI) pada peserta didik pengguna Scola pada pembelajaran biologi di SMA DEK.


Keywords


Behavioral Intention (BI); Perceived Usefulness (PU); Pembelajaran Biologi; Scola

Full Text:

PDF

References


Arianto, F., Susarno, L. H., Dewi, U., & Safitri, A. F. 2020. Model Penerimaan Dan Pemanfaatan Teknologi: E-Learning Di Perguruan Tinggi. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 110. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p110--121

Davis, F. D. 1989. Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 13(3), 319–339. https://doi.org/10.2307/249008

Dewi, I. K., & Zaky, A. 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan E- Learning Systems Dalam Proses Belajar Mahasiswa Universitas Brawijaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 7, 1–38.

Djamaluddin, A., & Wardana. 2019. Belajar Dan Pembelajaran. CV Kaaffah Learning Center.

Fahlevi, P., & Dewi, A. O. P. 2019. Analisis Aplikasi Ijateng Dengan Menggunakan Teori Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(2), 103–111.

Fatmawati, E. 2015. Technology Acceptance Model (TAM) untuk Menganalisis Sistem Informasi Perpustakaan. Iqra’: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 9(1), 1–13. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/iqra/article/view/66

Khaerani, W. 2022. Students’ Perceptions Of Using Learning Management System At Second Grade Students SMAN 1 Tualang [Universitas Islam Riau]. In Perpustakaan Universitas Islam Riau. https://repository.uir.ac.id/13624/1/186310489.pdf

Rahayu, F. S., Budiyanto, D., & Palyama, D. 2017. Analisis Penerimaan E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) (Studi Kasus: Universitas Atma Jaya Yogyakarta). Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 1(2), 87–98. https://doi.org/10.21460/jutei.2017.12.20

Sari, A. N., Awondatu, A. A., Riatri, D. P., Ismanto, B., & Waruwu, M. 2022. Implementasi Scola Sebagai Sistem Informasi Manajemen Sekolah. Trisala: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8, 101–108.

Sembiring, J. A. B. 2021. Pemanfatan Media Sosial dalam Pembelajaran di masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(6), 5565–5572. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1722

Setyoningsih. 2015. E Learning : Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi. Elementary, 3(1), 39–58.

Siregar, K. R. 2015. Kajian Mengenai Penerimaan Teknologi dan Informasi Menggunakan Kajian Mengenai Penerimaan Teknologi dan Informasi Menggunakan Tecnology Accaptance Model (TAM). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 4(1), 27–32. https://doi.org/10.21107/rekayasa.v4i1.2322

Suryani, L., & Murniyasih, E. 2021. Analisis Penerimaan Aplikasi E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Elektro Luceat, 7(1), 111–118.

Wardani, N. A. K., & Putra, I. S. 2022. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Behavioral Intention To Use UMKM. Jurnal Riset Akuntansi Politala, 5(2), 60–74. https://doi.org/10.34128/jra.v5i2.130




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i2.7428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License