Isolasi Dan Identifikasi Bakteri Endofit Dari Daging Buah Salak Pondih (Salacca edulis) Dan Salak Padang Sidempuan (Salacca sumatrana)

Fatimah Azzahra, Kartika Manalu, Rizki Amelia Nasution

Abstract


Bakteri endofit adalah mikroorganisme yang hidup di dalam jaringan tanaman tanpa mengganggu pertumbuhan tanaman. Bakteri endofit yang berasal dari tanaman buah, seperti buah salak (Salacca zalacca), memiliki kemampuan menghasilkan senyawa kimia yang meningkatkan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan bakteri endofit yang terdapat pada daging buah salak pondoh dan buah sidempuan padang. Untuk mengidentifikasi bakteri tersebut, penelitian ini menggunakan teknik deskriptif serta karakterisasi morfologi, pewarnaan gram, dan uji biokimia. Pendekatan pengenceran 10-4 digunakan untuk mengisolasi bakteri endofit dari kedua jenis buah salak. Hasil analisis disajikan secara deskriptif dan kualitatif untuk setiap strain bakteri endofit yang ditemukan. Didapatkan enam isolat buah salak pondoh dan empat isolat buah salak Padangsidempuan, sehingga total bakteri endofit sebanyak 10 isolat. Studi biokimia mengungkapkan bahwa isolat bakteri endofit berasal dari genus Bacillus dan Pseudomonas


Keywords


Salak, Bakteri Endofit, dan Karakteristik Buah.

Full Text:

PDF

References


Afriani, Imas., Fifi Puspita dan Muhammad Ali. 2018. Isolasi dan Karakterisasi Morfologi dan Fisiologi Bakteri Endofit dari Tanaman Buah Naga Merah (Hylocereus polyhizrus). Jurnal UR. VOL.5, No.1.

Aji, Oktira Roka dan Iva Dita Lestari. 2020. Bakteri Endofit Tanaman Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia) Penghasil Asam Indol Asetat (AIA). Jurnal Biologi. Vol. 13, No.2.

Al-Mubarok, S. 2006. Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid I. Bogor: Pustaka Ibnu Katsir. Penerjemah Abu Ihsan Al-Atsari..

Anarsis, Widji. 1996. Agribisnis Komoditas Salak. Jakarta: Bumi Aksara.

Anonim. 1989. Salak Pondoh Ada Lima Macam. Jakarta: Trubus.

Bergey, D.H. dan Boone, D.R. 2009. Bergey’s Manual of Systematic Bacteriology Second Edition Volume Three: The Fermicutes. Springer: United States of America.

Cappucino, J.G., dan N. Sherman. 2013. Microbiology a Laboratory Manual. San Fransisco: Benjamin Cummings.

Departemen Agama RI. 2009. Al-Qur’an dan Tafsirnya. Jakarta: Departemen Agama RI.

Desriani. et al. 2013. Potential Endophytic Bacteria For Increasing Paddy Var Rojolele Productivity. Int. J. On Adv. Sci., Eng and Information Tech. Vol.3, No.1.

Dwijoseputro. 1989. Dasar-dasar Mikrobiologi. Surabaya: Djembatan.

Fatichah, N. F. Y. 2011. Potensi Bakteri Endofit Sebagai Penghasil Enzim Kitinase, Protease dan Selulose Secara In Vitro. Skripsi. Malang : Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Firdausi, Nailul., Wirdhatul Muslihatin, dan Tutik Nurhidayati. 2016. Pengaruh Kombinasi Media Pembawa Pupuk Hayati Bakteri Pelarut Fosfat Terhadap pH dan Unsur Hara Fosfor dalam Tanah. Jurnal Sains dan Seni ITS. Vol.5, No.2




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i2.7480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License