Isolasi Bakteri Penghasil Biosurfaktan Yang Berperan Sebagai Bioemulsifiers Pada Limbah Industri Minyak Kelapa Sawit Di Kecamatan Medan Labuhan

Fachru Rozy Aswin, Rasyidah Rasyidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi bakteri penghasil biosurfaktan sampel limbah cair minyak kelapa sawit. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengisolasi dan mengetahui kemampuan bakteri dalam memproduksi biosurfaktan berdasarkan uji emulsifikasi. Isolasi bakteri penghasil biosurfaktan dilakukan dengan menggunakan media BHA. Karakterisasi dilakukan dengan cara menumbuhkan isolat murni terpilih pada media BHA selanjutnya untuk menguji potensi emulsin (potensi emulsin ditandai dengan busa). Hasil isolasi bakteri diperoleh 10 isolat yang mampu tumbuh dan memanfaatkan Media BHA sebagai sumber karbon. Pada uji emulsifikasi isolat blcks 04 bakteri penghasil biosurfaktan dengan genus Bacillus sp memiliki nilai indeks emulsin tertinggi sebesar 60% dan terdapat genus Clostridium isolat blcks 08 dengan persentase 32%.

Keywords


Diapers, Isolasi, Bakteri, Selulolitik

Full Text:

PDF

References


Afrianto, L., 2004, Menghitung Mikroba Pada Bahan Makanan, Cakrawala (Suplemen Pikiran Rakyat untuk Iptek), Farmasi FMIPA ITB. Bandung.

Arifin, Z., Gunam, I. B. W., Antara, N. S., & Setiyo, Y. (2019). Isolasi bakteri selulolitik pendegradasi selulosa dari kompos. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri ISSN, 2503, 488X.

Atlas, Ronald M. 1946. Handbook of Microbiological Media. London: CRC Press. Budiyanto,

Empindonta, Raynaldo. Isolasi dan Identifikasi Bakteri Penghasil Biosurfaktan dari Kolam Contact Pond IPAL Industri Minyak Sawit. Jurnal Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau. 2019

Fauzi, Y., Yustina E.W., Iman S., dan Rudi H.P. 2012. Kelapa Sawit. Depok: Swadaya.

Fauziah, S. I., & Ibrahim, M. (2020). Isolasi dan Karakterisasi Bakteri Selulolitik pada Tanah Gambut di Desa Tagagiri Tama Jaya, Kecamatan Pelangiran, Kabupaten Inhil, Riau. LenteraBio: Berkala Ilmiah Biologi, 9(3), 194-203).

Ghazi, Farzan. 2022. Pemanfaatan Limbah Sawit untuk Biogas. Jakarta: Elementa Agro Lestari.

Hasan Basri Daulay, Anita Fandra Aldiona. Optimalisasi Kinerja Pembuatan dan Peningkatan Kualitas Biodiesel dari Fraksi Minyak Limbah Cair Pengolahan Kelapa Sawit dengan Memanfaatkan Gelombang Ultrasonik. Jurnal Teknologi Industri Pertanian. 2012:22(1): 10-14.

Hidayat, Nur, Irene, M., Siswa, S., Usman, P., Evi, S., Madiana, C.P., Agustin, K.W., Ami, P., Ihnatius, S., dan Susana R. 2018. Mikrobiologi Industri Pertanian. Malang: UB Press.

Hidayatulloh, A Yahdiyani, N., & Nurhayati, LS (2022). Isolasi dan seleksi bakteri kandidat selulolitik dari proses pembuatan pupuk organic pada pengolahan limbah peternakan. Jurnal Teknologi Hasil Peternakan, 3 (2), 65-72).

Janda, J, M., & Abbott, S L. (2006). The genus Hafnia: from soup to nuts. Clinical microbiology reviews, 19(1), 12-28).

Kurniati, T. H. 2016. Bakteri Penghasil Biosurfaktan dari Lingkungan TercemarmLimbah Minyak dan Potensinya dalam Mendegradasi Hidrokarbon Aromatic Polisiklik (HAP). Disertasi. Program Studi Mikrobiologi. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Kurniawan, A. 2018, Oktober. Bakteri selulolitik pada kayu lapuk di mangrove sungailiat, Bangka dan tukak sadai, Bangka selatan, in prosiding seminar nasional lingkungan lahan basah (Vol. 3, No. 1)).

Ngatirah. 2019. Teknologi Penanganan dan Pemanfaatan Limbah Kelapa Sawit. Yogyakarta: Instiper Press.

Nilstrem, Rogers. 1983. Mikrobiologi klinikal. London: Cambridge Stanford Books.

Rois, M. dan H.Fresillia. 2017. Strategi Pengolahan Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit di PT. AMP Plantation Jorong Tapian Kandih Nagari Salareh Aia Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam. Tunas Geografi. 6(2): 116-123.

Suhu, O., Gen, P, U, D., Seprianto, S., P., & Wahyuni, F, D. (2019). Laporan Akhir Tahun Penelitian Hibah Internal)

Syah, Nurhasan dan Yun Hendri. 2021. Ekologi Industri. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Taufiq, M. 2020. Teknologi Pengolahan Minyak Sawit. Indonesia: Guepedia




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i2.7521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License