Efektivitas Pemberian Jus Buah But Dan Tablet Tambah Darah (FE) Terhadap Kadar HB Remaja Putri Di SMP Pencawan Tahun 2023

Chandra Juita Pasaribu, Adriana Bangun, Eka Ristin Tarigan

Abstract


Masalah kesehatan yang dialami dan mengancam masa depan remaja Indonesia yang dinilai paling sering dialami oleh remaja Indonesia antara lain kekurangan zat besi (anemia), kurang tinggi badan (stunting), kurang energi kronis (kurus), dan kegemukan atau obesitas. Remaja Indonesia menderita penyakit anemia sebanyak 32% artinya 3-4 dari 10 remaja menderita anemia. Anemia gizi besi pada remaja putri beresiko lebih tinggi karena menyebabkan seseorang mengalami penurunan daya tahan tubuh, rendahnya asupan zat besi dan zat gizi. Puskesmas Medan Tuntungan Tahun 2023 melakukan pemeriksaan hemoglobin (Hb) pada 50 orang siswa remaja putri diperoleh hasil bahwa sebanyak 7 siswa (14%) remaja putri mengalami anemia, sedangkan  siswa (86%) lainnya tidak mengalami anemia. Tablet Tambah Darah dan Buah Bit salah satu alternative pengobatan anemia dan sebagai pencegah anemia. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasy eksperimental dalam  bentuk  pretest  and  posttest  control  group design. Lokasi penelitian ini di SMP Pencawan Tahun 2023. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putri kelas VII  SMP Pencawan sebanyak 30 siswa putri. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa putri. Analisa data dengan menggunakan uji statistik paired sampel t-test pada tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05). Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa ada perbedaan peningkatan kadar hemoglobin (HB) remaja putri anemia sebelum dan sesudah diberikan jus buah bit dan tablet tambah darah(FE) (p=0,000). Diharapkan kepada Puskesmas Medan Tuntungan lebih meningkatkan pengontrolan/pengecekan kepada remaja putri apakah tablet tambah darah dikomsumsi secara rutin oleh remaja putri dan dilakukan pemeriksaan kadar hemoglobin sekali 6 bulan. Bagi SMP Pencawan dapat dijadikan sebagai bahan masukan untuk menambah wawasan tentang buah bit dan tablet tambah darah dalam peningkatan kadar hemoglobin.


Keywords


Peningkatan Kadar Hemoglobin, Remaja Putri

Full Text:

PDF

References


Ariati. (2013). Perbedaan kadar Hemoglobin, Hematokrit, dan Jumlah Eritrosit Berdasarkan Usia Kehamilan. Jurusan Analis Kesehatan.

Ahmady, dkk. (2016). Penyuluhan Gizi Dan Pemberian Tablet Besi Terhadap Pengetahuan Dan Kadar Hemoglobin Siswi Sekolah Menengah Atas Negeri Di Mamuju. Jurnal Kesehatan Manarang.

Anggraini, D.D. & Saragita, N. (2020). Pengaruh Pemberian Jus Buah Bit Terhadap Kenaikan Kadar HB Pada Ibu Hamil Trisemester III. Jurnal Darul Azhar.

Adiwijayanti, B.P. (2015). Hubungan Karakteristik Individu Terhadap Kadar Timbal Dalam Darah Dan Dampaknya Pada Kadar Hemoglobin Pekerja Percetakan Di Kawasan Megamall Ciputat Tahun 2015.

BPS. (2019). Statistik Penduduk Usia Lanjut 2019. Hasil Survey Sosial Ekonomi Nasional. Jakarta:Badan Pusat Statistik.

Desmita. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Estridge, BH, Reynolds, AP. (2012). Basic Clinical Laboratory Techniques, Delmar, Cengage Learning, Clifton Park, USA.

Fajriyah, N.N., & Fitriyanto, M.L.H. (2016). Gambaran tingkat pengetahuan tentang anemia pada remaja putri. Jurnal ilmu kesehatan. Vol IX No 1, Maret 2016.

Faatih, et al. (2017). Penggunaan Alat Pengukur Hemoglobin di Puskesmas Polindes dan Pustu. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesahatan.

Gandasoebrata R. (2013). Penuntun Laboratorium Klinis. Jakarta. Dian Rakyat

Gunadi, V. I. R., Mewo, Y. M., Tiho, M. (2016). Gambaran Kadar hemoglobin pada pekerja bangunan. Jurnal e-Biomedik (eBm)

Hasanan F. (2018). Hubungan Kadar Hemoglobin dengan Daya Tahan Kardiovaskular pada Atlet Atletik FIK Universitas Negeri Makassar. J olahraga dan Kesehatan.

Hardimanta, dkk, (2017). Pengaruh jus jambu biji merah dalam meningkatkan kadar hemoglobin, Media Farmasi Indonesia, Vol 12 No 1.

Hurlock. (1990). Depelopment Physcologi a Lifespan Approach. (Terjemahan oleh Istiwidayanti). Jakarta: Erlagunarco

Herwandar, Evi Soviyati. (2020). PERBANDINGAN KADAR HEMOGLOBIN PADA REMAJA PREMENARCHE DAN POSTMENARCHE.

Ikawati (2018) Pengaruh Buah Bit (Beta Vulgaris) Terhadap Indek Eritrosit Pada Remaja Putri Dengan Anemia

Kementerian Kesehatan RI. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2019 Tentang Angka Kecukupan Gizi Yang Dianjurkan Untuk Masyarakat Indonesia. Jakarta : Kemenkes.

Kementerian Kesehatan RI. (2020). Pedoman Penatalaksanaan Pemberian Tablet Tambah Darah. Jakarta : Kemenkes.

Maulina, N. & Amalasari, G. (2018) Perbandingan Efektivitas Madu dengan Ekstra Buah Bit (Beta Vulgaris) terhadap Peningkatan Kadar Hemoglobin (Hb) Pada Mencit Putih Jantan (Mus Musculus L) Strain Double Ditsch Webster. Anatomica Medical Journal.

Maretdiyani, Ari. (2013). Perbedaan kadar hemoglobin pada pasien persalinan normal dan setelah mendapat perawatan pengobatan di RSUD Banyumas. Semarang : Universitas Muhammadiyah.

Norsiah, W. 2015 (2015) ‘Perbedaan Kadar Hemoglobin Metode Sianmethemoglobin Dengan Dan Tanpa Sentrifugasi Pada Sampel Leukositosis’, 1(April 2014), pp. 72–83.

Riskesdas. Hasil Utama Riskesdas (2018). Kementerian Kesehatan RI, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Sarwono Prawirohardjo. (2017). Ilmu Kebidanan, Jakarta: PT Bina. Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Sudikno, Sandjaja, (2016). PREVALENSI DAN FAKTOR RISIKO ANEMIA PADA WANITA USIA SUBUR, Jurnal Kesehatan Reproduksi (ISSN 2087-703X)-Vol 7, No. 2.

Sherwood, L., (2012). Fisiologi Manusia, Edisi 6, EGC : Jakarta,

Suharman, Devi Kurniasari, Rani Zuhraini, dan Anggraini (2021). efek pemberian jus bit dengan hemoglobin tinggi. Jurnal Kebidanan,

Safira H, Pibriyanti K. (2021). THE EFFECTIVENESS OF GIVING BEETROOT JUICE ON INCREASING HEMOGLOBIN ( Hb ) LEVELS OF.

Setyiyaningsih S, Widayati W, Kristiningrum W. (2020). Keefektifan Jus Buah Bit Dan




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i2.7522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License