Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Dan Relevansinya Dengan Karakter Profil Pelajar Pancasila

Irwan Lihardo Hulu, Dian Perayanti Sinaga, Fransisco Simarmata

Abstract


Profil pelajar Pancasila secara utuh sebagai satu kesatuan agar setiap individu dapat menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Kebijakan ini dibentuk karena adanya penurunan kualitas pembelajaran selama pandemi covid-19 yang disebut learning loss.  Ada enam karakter profil pelajar Pancasila yaitu: 1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia; 2) Mandiri; 3) Bergotong-royong; 4) Berkebinekaan global; 5) Bernalar kritis; 6) Kreatif. Oleh karena itu perlu adanya upaya peningkatan pembelajaran dan karakter siswa dengan menggunakan model pembelajaran direct instruction . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIIID SMP Swasta Bunda Mulia Silimakuta tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah 33 siswa. Penelitian mengumpulkan data dengan menggunakan lembar observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran IPA dengan model direct instruction pada siklus I adalah 2,56 dan siklus II meningkat menjadi 3,78. Aktivitas siswa pada siklus I adalah 2.75 dan meningkat pad siklus II menjadi 3,38. Karakter profil pelajar Pancasila pada siklus I yaitu 64.12% meningkat menjadi 86.44% pada siklus II. Hasil belajar pada siklus I yaitu 63.64% dengan jumlah siswa yang tuntas 21 siswa meningkat pada siklus II 100%. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran direct instruction dapat relevan dengan peningkatan karakter profil pelajar Pancasila

Keywords


Direct Instruction, Profil Pelajar Pancasila.

Full Text:

PDF

References


Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar) Buku Dua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Ernawati, R. (2022). Analisis Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis dalam Modul Belajar Siswa Literasi dan Numerasi Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan.

Kemdikbud. (2022). Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran.

Pardjono. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY

Setiawan, W., Hatip, A., Gozali, A., & Anggraini, A. (2023). Studi Pustaka Tentang Penggunaan Model Pembelajaran Sebagai Bagian Dari Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 14(2), 179-183.

Soekamto. (2013). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media, 2.Yogyakarta:

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif berorentasi kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. (2015). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i1.7533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License