Hubungan PEU dengan ATU pada Peserta Didik Pengguna Scola Pembelajaran Biologi di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva

Nur'aini Nur'aini, Relsas Yogica, Syamsurizal Syamsurizal, Ganda Hijrah Selaras, Rahmadhani Fitri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan Perceived Ease of Use (PEU) dengan Attitude Toward Using (ATU) pada peserta didik pengguna Scola pembelajaran biologi di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva. Metode penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket yang mengukur respon peserta didik terhadap PEU dan ATU terkait penggunaan Scola pembelajaran biologi. Angket ini terdiri dari 32 pernyataan yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment, dan dilanjutkan dengan uji signifikansi menggunakan rumus t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai PEU yang diperoleh yaitu 66,67%, sedangkan nilai ATU sebesar 62,5%. Kedua nilai ini menunjukkan kategori tinggi. Terdapat hubungan positif yang kuat antara PEU dan ATU, dengan nilai korelasi (r) sebesar 0,66. Hasil uji signifikansi menunjukkan bahwa nilai thitung 5,97 dibandingkan dengan ttabel 1,679. Hal ini menunjukkan thitung > ttabel, yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara PEU dan ATU. Melalui penelitian ini kami menemukan bahwa Perceived Ease of Use (PEU) memiliki hubungan positif yang signifikan terhadap Attitude Toward Using (ATU) pada peserta didik pengguna Scola pembelajaran biologi di SMA Dedikasi Edukasi Kualiva.


Keywords


Attitude Towards Using (ATU); Pembelajaran Biologi; Perceived Ease of Use (PEU); Scola

Full Text:

PDF

References


Al Hafidz, M. 2022. Penerimaan Aplikasi E-learning di Perguruan Tinggi Indonesia Menggunakan Metode Extended Technology Acceptance Model. Jurnal Sistem Informasi, 526-538.

Buhari, M.R. 2021. Pelatihan E-learning Bagi Guru Penjas untuk Optimalisasi Pembelajaran generasi Z. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 188-196.

Davis, F. D. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS quarterly

Davis, F. D. 1992. Development and Test of a Theory of Technological Learning and Usage. Human Relations, 659-686.

Erkaya, H.. 2015. The Importance of User Factors in Designing Effective Interactive Multimedia Learning Environments. Educational Sciences: Theory and Practice, 757-766.

Hartanto, W. 2016. Penggunaan E-learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial.

Jogiyanto, H. M. 2008. Metode Penelitian Sistem Informasi. Andi.

Listiyono, H., Sunardi, S., Utomo, A. P., & Mariana, N. 2022. Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Kemanfaatan Learning Management System (LMS) Terhadap Niat Penggunaan E-Learning. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 11(2), 208–213.

Nasir, M. 2013. Evaluasi Penerimaan Teknologi Informasi Mahasiswa di Palembang Menggunakan Model UTAUT. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Nurlatifah, N. J. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Komik Sains Yang Disertai Foto Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Sumber Pada Pokok Bahasan Ekosistem. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains.

Pangestuningsih, D. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA kelas IV SDN Balas Klumprik Surabaya. Jurnal penelitian PGSD.

Pujiastutik, H. 2019. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Web pada Mata Kuliah Belajar Pembelajaran I terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 25-36.

Rahayu, F. S. 2017. Analisis Penerimaan E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam)(Studi Kasus: Universitas Atma Jaya Yogyakarta). Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 87-98.

Rahmaniati, E. 2016. Penerapan Strategi Pembelajaran Motivasional Dengan Permainan Kartu Bertema Protista Pada Siswa kelas X SMA. JPMIPA Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA.

Rosyida, S. (2017). Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Penggunaan Internet dalam Berbelanja Online. Jurnal Sistem Informasi, 81-86.

Sari, A. N. 2002. Implementasi Scola Sebagai Sistem Informasi Manajemen Sekolah. Trisala : jurnal Ilmiah Pendidikan.

Selpiana. 2016. Evaluasi Penerimaan Pengguna Sistem Pengolahan Data Asuransi (Care Tech) dengan Metode UTAUT. Skripsi : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Venkatesh, V. &. 2000. A Theoretical Extension of The Technology Acceptance Model: Four longitudinal field studies. Management science, 186-204.

Widodo, A. 2017. Pengaruh Persepsi Kegunaan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Sikap Penggunaan Teknologi Pada Pengguna Instagram Di Indonesia (Studi Pada Followers Akun Kementerian Pariwisata Indtravel). Jurnal Sekretaris dan Administrasi Bisnis, 18-26.

Wu, W. H. 2012. Review of Trends From Mobile Learning Studies: A Meta-Analysis. Computers & Education, 817-827.

Yusuf. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana Group.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i2.7554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License