Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Tiga Dimensi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Pandawai

Wulandari Triastuti Elo, Yohana Makaborang, Audrey Makatita

Abstract


Permasalahan yang ditemukan Berdasarkan hasil wawancara dengan guru IPA yang berinisial NK di SMP Negeri 1 Pandawai, bahwa model pembelajaran yang masih digunakan selama ini yaitu discovery learning. Model pembelajaran tersebut kurang efisien untuk diterapkan serta dalam proses pembelajaran belum menggunakan media pembelajaran seperti alat peraga, power point (PPT) dan media video lainya. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatakan hasil belajar setelah menerapkan model pembeljaran problem based learning berbantuan media tiga dimensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Pandawai. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Penelitian yang dilakukan dikelas dengan siklus spiral. Adapun tahapan penelitian: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Pandawai. Teknik dan instrumen pengambilan data yang digunakan adalah test dan lembar penilaian psikomotorik. Teknik analisis data yaitu menghitung nilai rata-rata, menghitung ketuntasan belajar siswa penilaian kognitif dan menghitung ketuntasan belajar siswa penilaian psikomotorik menggunakan excel. Hasil penelitian dilihat dari perbandingan  nilai rata-rata setiap siklus pada prasiklus 45,82, siklus I 62,94 dan siklus II 71,76. Hasil tersebut dapat dikatakan meningkat. Dapat disimpulkan bahawa penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media tiga dimensi dapat meningkatakan hasil belajar siswa kelas VII G di SMP Negeri 1 Pandawai.

 


Keywords


Model Pembelajaran, Tiga Dimensi, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Hapsari, I. K., & Sari, W. P. (2018:3). Penggunaan Media 3D untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 1-7.

Mauliza, W. (2016:2). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Arendsterhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Materi Sistem Pernapasan Di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi, 1(1), 1–9.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R, S. (2022: 7913). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 7911-7915.

Rerung, N., Sinon, I. L. S., & Widyaningsih, S. W. (2017:49). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47–55.

Salam, R. (2017:11). Model Pembelajaran Inkuiri Sosial Dalam Pembelajaran Ips. Jurnal pembelajaran ips dan pkn, 2(1), 1-12.

Sari, R. A., & Purwanto. (2020:46). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik Melalui Pendekatan Model-Eliciting Activities dengan Asesmen Autentik Berbasis E-Portfolio. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 42-55.

Taufiq, M. (2019:159). Model Problem-Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 157-165.

Wijaya, W., Hapsari, S., P.S, M., & Hamid, A. (2020:78). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i2.7621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License