Faktor Yang Berhubungan Dengan Keaktifan Kunjungan Ibu Yang Mempunyai Balita Ke Posyandu Di Puskesmas Lumban Sinaga Kab. Tapanuli Utara.

Artika Simanjuntak, Mido Ester J Sitorus, Lukman Hakim

Abstract


Posyandu merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan kematian ibu dan bayi selama kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat. Salah satu indikator partisipasi masyarakat di bidang kesehatan adalah cakupan yang datang dan ditimbang di posyandu. Salah satu tujuan Posyandu adalah memantau pertumbuhan dan perbaikan status gizi balita karena Posyandu memiliki 5 program utama. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan keaktifan ibu yang memiliki balita berkunjung ke posyandu. Jenis penelitian ini adalah jenis survei dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki balita yang berkunjung ke Posyandu. Besar sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan rumus sampel minimal 96 orang. Data dianalisis dengan menggunakan uji chi-square dan regresi logistik. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada hubungan antara pendidikan, pekerjaan, jarak ke tempat pelayanan kesehatan, fasilitas posyandu, peran kader, peran petugas kesehatan, dan dukungan keluarga dengan keaktifan ibu berkunjung ke posyandu. dengan nilai p <0,05. Berdasarkan analisis multivariat variabel yang paling dominan berhubungan dengan keaktifan ibu di posyandu adalah dukungan tenaga kesehatan dengan p-value 0,002 dengan Rxp(B) sebesar 15,5 dimana ibu yang dibantu oleh tenaga kesehatan adalah terguncang 15 kali untuk memanfaatkan posyandu dibandingkan dengan tidak adanya dukungan dari petugas kesehatan. kesehatan. Diharapkan petugas kesehatan menjelaskan hasil pemeriksaan balita serta informasi gizi balita.

Keywords


Pendidikan, Pekerjaan, Jarak, Fasilitas, Kader, Tenaga Kesehatan dan Keluarga, Posyandu

Full Text:

PDF

References


Asanab, F., Limbu, R., & Ndoen, E. M. (2019). Analisis Faktor Keteraturan Ibu dalam Menimbang Balita di Posyandu. Journal of Health and Behavioral Science, 1(3), 140–148.

Amalia, E., Syahrida, S., & Andriani, Y. (2019). Faktor Mempengaruhi Kunjungan Ibu Membawa Balita Ke Posyandu Kelurahan Tanjung Pauh Tahun 2018. JURNAL KESEHATAN PERINTIS (Perintis’s Health Journal), 6(1), 60–67.

Ahmalia, Renty. 2019. Hubungan Motivasi Ibu Dan Peran Kader Dengan Keaktifan Dalam Mengikuti Kegiatan Posyandu Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. STIKes NAN TONGGA Lubuk Alung Jurnal Akademika Baiturrahim e ISSN 2654-2552 Vol. 8 No 2 September 2019.

Asdhany C, Kartini A. 2016. Hubungan Tingkat Partisipasi Ibu Dalam Kegiatan Posyandu dengan Status Gizi Anak Balita (Studi di Kelurahan Cangkiran Kecaman Mijen Kota Semarang). Journal of Nutrition College, I(1) : 11-20

Ayu, A., Harjono, Y., & Chairani, A. (2020). Pengetahuan , Sikap dan Kepemilikan KMS terhadap Kunjungan Ibu ke Posyandu Baktijaya Depok Knowledges , Attitudes and “ KMS ” Ownership to Mothers ’ s Visiting Posyandu Baktijaya Depok. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 12, 170–175.

Citrasari, Misnaniarti, & Zulkarnain, M. (2021). Analisis Faktor Predisposing Terhadap Pemanfaatan Posyandu Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Tegal Binangun Kota Palembang. Jurnal Epidemiologi Kesehatan Komunitas, 6(1), 181–190

Djamil, A. (2017). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku ibu balita menimbang anaknya ke osyandu. Jurnal kesehatan, 8(1), 127-134.

Farida, H. (2017). Hubungan Pendidikan, Pekerjaan, Pengetahuan Dan Kepuasan Ibu Terhadap Posyandu Dengan Frekuensi Kunjungan Balita Ke Posyandu Di Puskesmas. Jurnal Kedokteran Lampung Mangkurat

Fitriyah, A., Purbowati, N., & Follona, W. (2019). Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Kunjungan Ibu Dengan Balita ke Posyandu. SEAJOM: The Southeast Asia Journal of Midwifery, 5(2), 79–83.

Fretty, H., Misnaniarti, & Flora, R. (2020). Hubungan Lama Kerja Menjadi Kader, Sikap dan Pengetahuan dengan Kinerja Kader Posyandu di Kota Palembang. Jurnal Aisyiyah Medika, 5(2), 67–81.

Handayani, R. N. (2017). Hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan posyandu dengan frekuensi kunjungan ibu balita ke posyandu XI Serangan Sidoluhur Godean Sleman Yogyakarta. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah. Jurnal Unisa. Diperoleh pada tanggal 12 Januari 2023

Hermawan, N. S. A., Anggraini, L., & Nurhadi, R. (2019). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Partisipasi Ibu dalam Penimbangan Balita. ARKESMAS (Arsip Kesehatan Masyarakat), 4(1), 156–161.

Kementrian Kesehatan RI. Pedoman Umum Pengelolaan Posyandu. Jakarta: Kemekes RI; 2020

Khrisna, E., Aisyah, S., & Amalia, R. (2020). Analisis Faktor yang Memengaruhi Frekuensi Kunjungan Balita ke Posyandu. Jurnal SMART Kebidanan, 7(2), 82.

Malahayati, N. (2017). Hubungan Peran Kader dan Dukungan Keluarga terhadapRendahnya Kunjungan Bayi dan Balita ke Posyandu di DesaBuket Selamat Kecamatan Sungai RayaKabupaten Aceh Timur. Jurnal Bina Nusantara. 3(2), 78-86

Mudawamah, Hanik. 2017. Hubungan Antara Pengetahuan Tentang Posyandu Dengan Keaktifan Ibu Dalam Kegiatan Posyandu Di Desa Simo Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nurdin, Ediana, D., & Ningsih, N. S. D. M. (2019). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Partisipasi Ibu Balita ke Posyandu di Jorong Tarantang. Jurnal Endurance, 4(2), 220.

Reihana R, Duarsa ABS. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Partisipasi Ibu Untuk Menimbang Balita ke Posyandu. Yars Med J. 2018;20(3):143–57.

Risqi, R.A. (2018). Keaktifan Kader Kesehatan dan Partisipasi Ibu dalam Pelaksanaan Kegiatan Posyandu. Jurnal Widyatama. 1(22), 38-45

Sari, C. K. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kunjungan Balita Di Posyandu. Jurnal Keperawatan, 13(1), 213–226.

Sulistyawati, D., Widagdo, L., & Purnami, C. T. (2019). Evaluasi Proses Pembinaan Posyandu oleh Tenaga Kesehatan di Wilayah Kerja Puskesmas Kota Singkawang Kalimantan Barat Evaluation on Integerated Health Post Monitoring Process by Health Workers in Singkawang City Primary Healthcare Centers , West Kalimantan. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 02(01), 19–25.

Sativa NE, Diniyah K. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keaktifan Ibu Balita Dalam Kegiatan Posyandu Dusun Mlangi Kabupaten Sleman. Universitas’ Aisyiyah Yogyakarta; 2017




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i2.7685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License