Pengaruh Senam Ergonomik Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Yang Menderita Hipertensi Di Puskesmas Deli Tua Tahun 2022

Maria Hermita Manik, Siti Marlina, Zuliawati Zuliawati

Abstract


Hipertensi menjadi masalah karena dapat menjadi faktor risiko penyakit stroke dan jantung pada lansia. Pada lansia, tekanan darah penderita hipertensi cenderung tidak stabil karena kurangnya aktivitas, pola makan yang tidak teratur, dan pengobatan yang tidak teratur. Oleh karena itu, diperlukan penanganan yang tepat untuk mencegah tekanan darah yang tidak terkontrol. Ada dua pengobatan yang dapat diberikan pada penderita hipertensi yaitu terapi farmakologis dan non farmakologis. Terapi nonfarmakologi dapat dilakukan dengan aktivitas fisik, salah satunya adalah senam ergonomis. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh senam ergonomis terhadap penurunan tekanan darah pada lansia yang menderita hipertensi. Penelitian pra eksperimen dengan one group pretest-posttest ini melibatkan 30 responden yang direkrut dari Puskesmas Deli Tua dengan menggunakan teknik total sampling. Intervensi latihan ergonomi dilakukan selama 2 minggu dengan menggunakan instrumen lembar observasi dan sphygmomanometer. Hasil uji statistik Wilxocon pada penelitian ini menunjukkan adanya penurunan tekanan darah dengan nilai signifikansi p value sistolik = 0,000 (p<0,05) dan p value diastolik = 0,000 (p<0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh senam ergonomis terhadap penurunan tekanan darah pada lansia yang menderita hipertensi di Puskesmas Deli Tua. Penelitian ini merekomendasikan agar Puskesmas Deli Tua mempertimbangkan senam ergonomis sebagai bagian dari intervensi dalam mengelola tekanan darah sehingga dapat bermanfaat dan diterapkan pada lansia dengan hipertensi sebagai terapi non farmakologis

Keywords


Senam Ergonomi, Hipertensi, Lansia

Full Text:

PDF

References


American Heart Association. (2017). Guideline for the Prevention, Detection, Evaluation, and Management of High Blood Pressure in Adults. Guidelines. Made Simple. A Selection of Tables and Figures. Diambil kembali dari American Heart Association and American College of Cardiolog.

American Heart Association. (2018). Practice Guidelines High Blood Pressure : ACC / AHA Releases Updated Guideline. American Family Physician, 97(6), pp. 413-415

Andari, F. N., Vioneery, D., Panzilion, P., Nurhayati, N., & Padila, P. (2020). Penurunan Tekanan Darah pada Lansia dengan Senam Ergonomis. Journal of Telenursing (JOTING), 2(1), 81-90.

Dewi, N. L. P. J. P., Sutajaya, I. M., & Dewi, N. P. S. R. (2019). Senam Ergonomik Menurunkan Keluhan Muskuloskeletal Dan Tekanan Darah Pada Lansia Penderita Hipertensi Di Panti Sosial Tresna Werdha Jara Marapati Buleleng. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 6(3), 103-111.

Hardati, A. T., & Ahmad, R. A. (2017). Aktivitas fisik dan kejadian hipertensi pada pekerja: analisis data Riskesdas 2013. Berita Kedokteran Masyarakat, 33(10), 467-474.

Haryati, S., & Kristanti, L. A. (2020). Pengaruh Senam Ergonomik Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Lansia Penderita Hipertensi. Journal Of Nursing Care And Biomoleculer, 5(1), 49-55.

Kemenkes RI. (2017). Hipertensi. Pusat Data dan Informasi kementrian Kesehatan RI.

Khasanah, U., & Utomo, W. B. Pengaruh Senam Ergonomik terhadap Tekanan Darah Sistolik pada Lansia dengan Hiperetensi di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulya 3 Margaguna Jakarta Selatan (Bachelor's thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, 2017).

Lionakis, N., Mendrinos, D., Sanidas, E., Favatas, G., & Georgopoulou, M. (2012). Hypertension in the elderly. World journal of cardiology, 4(5), 135.

Muharni, S., & Wardhani, U. C. (2020). Penurunanan Tekanan Darah pada Lansia Hipertensi dengan Senam Ergonomik. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 5(1), 71-78.

Mutyah, D., Sya'diyah, H., Kirana, S. A. C., & Mayasari, A. C. (2022). Effect of Ergonomic Gymnastics on Systolic Blood Pressure Among Individuals with Hypertension in Kaliasin Family Welfare Development. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 15(1).

Novia, P. N. (2015). Pengaruh Senam Ergonomis terhadap Tekanan Darah Lansia Hipertensi di Posyandu Lansia Ayah Bunda Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Padang (Doctoral dissertation, UPT. Perpustakaan Unand).

Rahmiati, C., & Zurijah, T. I. (2020). Pengaruh senam lansia terhadap tekanan darah pada lansia dengan hipertensi. Jurnal Penjaskesrek, 7(1), 15-27.

Septianingrum, Y., & Susanto, M. (2020). The ergonomic gymnastic on blood pressure among elderly. Nurse and Health: Jurnal Keperawatan, 9(2), 194-200.

Shariat, A., Cleland, J. A., Danaee, M., Kargarfard, M., Sangelaji, B., & Tamrin, S. B. M. (2018). Effects of stretching exercise training and ergonomic modifications on musculoskeletal discomforts of office workers: a randomized controlled trial. Brazilian journal of physical therapy, 22(2), 144-153.

Suwanti, S., Purwaningsih, P., & Setyoningrum, U. (2019). Pengaruh Senam Ergonomik Terhadap Tekanan Darah Lansia Dengan Hipertensi. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 1(1), 1-12.

WULANDARI, S., Basuki, D., & Laili, S. I. (2022). PENGARUH SENAM ERGONOMIK TERHADAP TEKANAN DARAH PADA LANSIA HIPERTENSI DI DESA GEDANG ROWO KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN SIDOARJO (Doctoral dissertation, Universitas Bina Sehat PPNI)




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i2.7714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License