Pengaruh Strategi Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Submateri Sistem Saraf Manusia di Kelas XI SMA Swasta YAPIM Medan

Budianto Budianto, Jihan Arbaini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Ekspositori Pada Sub Materi Sistem Saraf Manusia Di Kelas XI IPA SMA SWASTA YAPIM Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA yang terdiri dari 1 kelas dengan jumlah 41 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA dengan teknik pengambilan sampel yang dilakukan yaitu dengan total sampling. Hasil analisis data memperlihatkan bahwa nilai rata-rata pre-test kelas XI IPA sebelum penggunaan Strategi Ekspositori adalah 41,60 dengan standart deviasi sebesar 9,90 dan nilai rata-rata post-test kelas XI IPA setelah penggunaan Strategi Ekspositori adalah 74,77 dengan standart deviasi sebesar 7,66 dengan KKM disekolah yang diteliti adalah 75,00. Pada perhitungan uji normalitas menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan Strategi Ekspositori berdistribusi normal, dengan kriteria nilai Lhitung <Ltabel (0,1332 < 0,1385). Perhitungan uji homogenitas hasil belajar siswa menggunakan Strategi Ekspositori adalah  homogen dengan kriteria nilai Fhitung < Ftabel (1,66 < 1,69) . Berdasarkan uji hipotesis maka diketahui ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan Strategi Ekspositori sub materi Sistem Saraf manusia di kelas XI IPA SMA SWASTA YAPIM Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 dengan ketentuan thitung > t tabel yaitu 22,64 > 1,68. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nihil ditolak

Full Text:

PDF

References


Arikunto, 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Media Persada

Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Bahri Djamarah, Syaiful dan Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

file:///D:/Gangguan%20Pada%20Sistem%20Koordinasi%.html (diakses pada 17 Februari 2016)

Harjanto. 2008. Perencanaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta

https://iceteazegeg.wordpress.com/2010/09/10/strategi-pembelajaranekspositori/ (diakses pada 17 Februari 2016)

http://rizalsuhardieksakta.blogspot.com/2012/07/struktur-neuron.html (diakses pada 17 Februari 2016)

http://suryapuspita.wordpress.com/2012/04/21/keunggulan-dan-kelemahan-strategi-ekspositori/) (diakses pada 17 Februari 2016)

http://www.info-kes.com/2012/10/struktur-otak-dan-fungsinya.html (diakses pada 17 Februari 2016)

Husdarta, JS dan Yudha Saputra. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Karmana, Oman. 2008. Cerdas Belajar Biologi Untuk Kelas XI SMA Program IPA. Bandung : Grafindo Media Pratama

Priadi, Arif. 2009. Biologi Untuk SMA Kelas XI. Jakarta : Yudistira

Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Sudjana, 2005. Metode Statistika Edisi 6. Bandung : PT Tarsito




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v1i2.772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License