Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Pemahaman Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan

Taruli Marito Silalahi, Winny Sunfriska Limbong, Robinson Hutagaol, Yetty Rosmawati Pangaribuan

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan matematis dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan kelas IV SD Swasta Melbourne. Jenis penelitian ini adalah  kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel penelitian adalah kelas siswa kelas IV berjumlah 22 di SD Swasta Melbourne. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa test soal uraian dan lembar observasi. Sebelum digunakan test terlebih dahulu divalidasi oleh ahli dan dilakukan uji coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif terhadap pemahaman matematis dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan kelas IV SD Swasta Melbourne. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Berdasarkan tabel uji t, diketahui bahwa nilai sig.(2-tailed) untuk nilai Pre test dan Post test adalah sebesar 0,001 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima.  Hal ini juga terlihat dari hasil posttest, nilai rata-rata  kelas yang menggunakan media gambar memperoleh  90,72 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 75

Keywords


Media Gambar, Kemampuan secara Matematis

Full Text:

PDF

References


Archambault dalam situmorang, (2015), Perhitungan gain ternormalisasi (N-gain).

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Astuti, (2013). Kemampuan Pemahaman Matematis

Asep Alimudin Hidayat, Agus Hikmat Syaf, dan Juariah, (2014). Penerapan Media Gmbar Pembelajaran Matematika Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan pemahaman Matematika Siswa Pada materi Pokok pecahan. Jurnal Analisa 1 Vol: 2 no.57-67

Arsyad Azhar, (2005), Media Pembelajaran, Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Arsyad Azhar, (2005), Media Pembelajaran, Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Batubara, Ariana Desi (2019), Upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi pecahan melalui pemanfaatan media gambar dikelas IV SD Negeri 100460 Aek Ilung Kabupaten Padang Lawas Utara.

Hamalik, (2013). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara

Hamalik, (1986). Pemanfaatan Media pembelajaran

Hendriana, dkk. (2017). Hard Skills dan Soft Skills matematik Siswa, Bandung:Refika Aditama.

Ibrahim dan Suparni, (2012). Belajar Matematika

Iskandar dalam handani, (2015). Validitas Tes Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Mulyasa, E. (2019). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya

National Council Of Teachers Of Mathematis, (1989). Curri-culum dan Evaluation Standards for School Mathematis. Reston, Virginia : NCTM.INC.

Sudjana Nana, (1997). Media pengajaran, Bandung: Sinar baru Algesindo

Sadiman, A, dkk. (2006), Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, Jakarta: RajaDrafindo Persada.

Surayya, (2013). Media Pembelajaran

Sudijono, (2018). Reliabilitas Suatu Tes

Kadir, Dr, (2015). Statistika Terapan Konsep, Contoh, dan Analisis, Data dengan Program SPSS, Lisrel dalam penelitian. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Rahardja, (2013), Penelitian Kuantitatif

Russeffendi, E.T, (2010). Dasar – dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang NonEksakta Lainnya. Bandung: Tarsito




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i2.7722

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License